Facebook Rilis Fitur untuk Lawan Tindakan Bullying

Tindakan Bullying

Telset.id, Jakarta – Facebook terus mengembangkan cara untuk memerangi tindakan bullying di platform-nya. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol timeline-nya supaya tidak ada lagi konten yang menjurus ke tindakan bullying.

Pengguna Facebook dapat menyembunyikan atau menghapus kategori komentar tertentu, sehingga mereka tidak perlu menghapus komentar yang mengganggu satu per satu. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Keamanan Global Facebook, Antigone Davis.

Baca Juga: Facebook Pastikan Hacker Tak Akses Aplikasi Pihak Ketiga

Dilansir Telset.id dari TechCrunch, Kamis (04/10/2018), fitur Facebook terbaru ini telah diluncurkan untuk versi desktop dan aplikasi untuk Android. Facebook berjanji, akan meluncurkan fitur serupa bagi para penggunanya yang menggunakan smartphone berbasis iOS.

Lewat fitur itu juga, Facebook mengizinkan pengguna lain untuk melaporkan tindakan intimidasi atau pelecehan terhadap pengguna yang enggan melaporkan tindakan tersebut ke Facebook. Raksasa media sosial ini nantinya akan langsung menindaklanjuti aduan tersebut.

Baca Juga: Lagi, Instagram dan Facebook Sempat Tumbang

Apabila pengguna Facebook mengetahui ada teman atau anggota keluarganya yang menjadi korban bullying, siapapun bisa mewakili korban untuk melaporkan pelaku ke Facebook.

“Menjadi target bully bisa membuat pengguna tertekan. Dan, beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman melaporkan pelaku meski merasa dirundung atau dilecehkan,” jelas Davis.

Baca Juga: Jadi Korban Perdagangan Seks, Perempuan Ini Gugat Facebook

Sebagian besar remaja di Amerika Serikat mengaku pernah menjadi korban bullying secara online. Survei menyebut, Facebook tidak cukup baik dalam menjaga para pengguna dari serangan siber. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here