Facebook Pastikan Hacker Tak Akses Aplikasi Pihak Ketiga

Bug di Facebook

Telset.id, JakartaBug di Facebook yang membawa dampak kepada 50 juta penggunanya dinilai merupakan persoalan yang serius. Namun ternyata, dampaknya tidak seluas yang diperkirakan.

Dalam sebuah pernyataan, VP Keamanan Facebook, Guy Rosen mengungkapkan bahwa para peneliti keamanan tidak menemukan bukti bahwa hacker dapat mengakses aplikasi pihak ketiga dengan memanfaatkan fitur Single Sign-on Facebook.

baca Juga: Data Pengguna Diretas, Facebook Terancam Denda Rp 24,3 Triliun

Dilansir Telset.id dari Daily Mail, Kamis (04/10/2018), ada banyak aplikasi pihak ketiga yang memanfaatkan fitur Single Sign-on Facebook, seperti Uber, Airbnb, Tinder, Spotify, New York Times, hingga Washington Post yang menyimpan data pribadi pengguna.

Facebook memastikan, mereka tidak menemukan adanya indikasi pelanggaran data pada aplikasi tersebut. Sebab, aplikasi seperti Uber misalnya, dilaporkan telah menutup sesi Single Sign-on Facebook. Sementara aplikasi seperti TaskRabbit dan SkyScanner, masii menyelidiki kemungkinan kerusakan di akun penggunanya.

Baca Juga: Kominfo Minta Penjelasan Facebook Soal Bug di Fitur “View As”

Meski demikian, sebagian besar peneliti keamanan masih merasa khawatir terhadap bug keamanan yang ditemukan pada fitur “View As” tersebut. Itu karena, mereka belum yakin apakah Facebook sebenarnya dapat melindungi data-data pribadi dan informasi penting lainnya milik para pengguna.

Sekadar informasi, sebanyak 50 juta akun pengguna telah terekspose setelah adanya serangan hacker yang memanfaatkan lubang keamanan pada fitur “View As”.  Facebook mengatakan, perubahan sistem pada Juli tahun lalu telah memungkinkan hacker mencuri token dari 50 juta pengguna Facebook.

Baca Juga: Hati-hati! Bug Ini Ancam 50 Juta Pengguna Facebook

Pencurian kunci digital itu memungkinkan hacker mengambil alih akun, melihat foto, pesan, dan informasi pribadi. Hacker juga diyakini bisa mengakses aplikasi atau situs pihak ketiga apa pun yang terhubung dengan Facebook. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here