Facebook Messenger Bisa Identifikasi Akun Mencurigakan

Screen Sharing

Telset.id, Jakarta – Facebook sedang menguji fitur baru di aplikasi Facebook Messenger yang bisa mengidentifikasi akun mencurigakan ketika mengirim pesan secara tiba-tiba. Fitur tersebut akan mengizinkan pengguna mengetahui negara asal akun mencurigakan itu beserta nomor teleponnya.

Menggunakan fitur itu, pengguna juga bisa mendapatkan informasi apakah apakah akun mencurigakan tersebut baru saja dibuat. Fitur itu terungkap oleh Motherboard, yang menerima screenshot pengujian dari artis Erin Gallagher.

Facebook lantas memberi konfirmasi memang tengah menguji fitur identifikasi akun mencurigakan. Fitur tersebut tampaknya ditujukan untuk memberantas penipuan dan pesan yang tak diminta dari akun dengan identitas palsu.

Baca juga: Facebook Bikin Avatar yang Bisa Ikuti Gerakan Musik

Fitur itu ditujukan pula untuk memerangi misinformasi dan bot. Fitur tersebut bisa memberitahu pengguna ketika pesan yang tidak diminta masuk dari akun Facebook Messenger. Pengguna akan menerima notifikasi kalau akun itu tidak terhubung dengan akun Facebook atau nomor telepon Rusia.

Beberapa waktu lalu, sebuah malware Facebook Messengger yang berbahaya telah ditemukan. Malware bernama FacexWorm ini dapat terinstal tanpa disadari pengguna, dan dapat curi password atau kata sandi pemilik akun.

Malware tersebut ditemukan oleh seorang host radio teknologi The Kim Komando Show. Malware itu digunakan para penjahat cyber untuk melancarkan skema phishing terbaru mereka kepada pengguna yang tidak bersalah.

Baca juga: Polling Story Kini Tersedia di Facebook Messenger

FacexWorm akan menyerang dengan cara mengarahkan korban ke situs web versi palsu, seperti YouTube, meminta pengguna untuk mengunduh ekstensi Chrome untuk memutar konten video,” kata McAfee’s Chief Consumer Security Evangelist, Gary Davis.

Pengguna tidak akan sadar ketika malware FacexWrom sudah terinstal. Hal itulah yang membuatnya berbahaya karena dapat mencuri data-data berharga dari situs web, akun Google dan bahkan juga cryptocurrency.

Baca juga: Facebook Messenger Bisa Terjemahkan Bahasa Spanyol dan Inggris

Davis juga memperingatkan bahwa worm ini juga dapat mengakses Facebook pengguna yang terinfeksi dan menggandakan jumlah tautan YouTube palsu, untuk menyebarluaskan FacexWorm. [BA/HBS]

Sumber: Techtimes

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here