telset

Terinspirasi Instagram, Facebook Reels Akhirnya Resmi Diumumkan

Telset.id, Jakarta – Facebook, ternyata ikutan menghadirkan Reels untuk pengguna di Amerika Serikat. Kehadiran Facebook Reels cukup aneh karena nama dan fiturnya mirip dengan fitur di Instagram.

Dilansir Telset dari CNET pada Jumat (1/10/2021), peluncuran Reels diumumkan raksasa media sosial itu melalui keterangan resminya pada Rabu (29/9/2021), kemarin.

Pada awal peluncurannya Facebook mengakui bahwa fitur ini terinspirasi dari Reels versi Instagram. Pasalnya sejak tahun lalu diluncurkan, Instagram Reels sudah banyak dipakai untuk membuat konten yang menarik.

“Kami meluncurkan Reels di Facebook untuk iOS dan Android di Amerika Serikat. Kami menghadirkan pengalaman video yang menghibur dan bentuk singkat, serta alat yang telah menginspirasi pembuat konten di Instagram ke lebih banyak pembuat dan pemirsa di aplikasi Facebook,” tulisnya.

Baca juga: Facebook Uji Fitur Voice dan Video Call

Sebelum dirilis, Facebook Reels telah menjalani uji coba di Meksiko, India, Kanada dan Amerika Serikat. Namun, setelah melakukan uji coba di beberapa negara ternyata Facebook hanya meluncurkan di Amerika Serikat saja.

Selain menghadirkan Reels, perusahaan juga meluncurkan program khusus bernama Reels Play. Di program tersebut Facebook akan membayar konten kreator untuk membuat Reels di platform mereka.

Dalam program ini, Facebook telah menyiapkan uang sebesar $1 miliar atau Rp 14,2 triliun supaya mereka mau membuat konten.

Sementara itu, Instagram Reels sebelumnya mengumumkan telah menambah durasi video, menjadi 60 detik. Kebijakan menambah durasi video Reels sepintas mirip dengan kebijakan TikTok yang juga menambah durasi video.D

Durasi video maksimal Instagram Reels ditambah dari yang awalnya 15 detik sampai 30 detik menjadi 60 detik atau 1 menit. Penambahan durasi Reels sudah berlaku sejak Selasa 27 Juli 2021 lalu.

Kebijakan menambah durasi Reels tidak jauh beda dengan yang dilakukan TikTok, awal bulan ini. TikTok menambah jumlah durasi maksimal video menjadi cukup lama, dari 1 menit menjadi 3 menit per klip.

Tujuannya agar pengguna TikTok bisa lebih leluasa untuk berkreasi membuat konten video, di aplikasi video singkat milik ByteDance tersebut. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0