Home APPS Gak Bisa Lacak Pengguna di iOS 14, Facebook Gugat Apple

Gak Bisa Lacak Pengguna di iOS 14, Facebook Gugat Apple

Foto: Fossbytes

Telset, Jakarta – Facebook ancang-ancang mau gugat Apple gara-gara update iOS 14. Raksasa media sosial ini secara tegas menyatakan keberatan Apple akan memperkenalkan fitur baru dalam pembaruan iOS terbaru, yang memungkinkan pengguna untuk memilih mencabut izin pelacakan aplikasi.

Sebab, dengan kehadiran fitur tersebut, pengguna akan diberi pilihan, apakah mengizinkan aplikasi untuk melakukan pelacakan atau tidak. Facebook merasa bakal dirugikan oleh fitur baru yang dihadirkan Apple di update iOS 14.

Maklum, selama ini Facebook mengandalkan informasi seperti itu untuk menampilkan iklan yang dipersonalisasi kepada penggunanya. Seperti dikutip Telset dari Ubergizmo, Sabtu (30/1/2021), Facebook pun bakal mengajukan tuntutan.

Namun, laporan mencatat bahwa bisa jadi Facebook mengurungkan niat untuk menggugat Apple. Alasannya, ada potensi gejolak internal, yakni upaya perlawanan dari para karyawan Facebook.

{Baca juga: Apple Gulirkan Update iOS 14.4, Ini Daftar Fitur Barunya}

Para karyawan ada yang menentang kebijakan Facebook. Jika hal tersebut yang terjadi, raksasa pencarian ini kemungkinan akan mengubah gugatan untuk fokus kepada layanan pembayaran dalam aplikasi Apple. Selama ini, Facebook memang merasa risih dengan kebijakan tentang hal itu.

Facebook menuding kebijakan layanan pembayaran dalam aplikasi yang diterapkan oleh Apple membuat platform jadi terhambat, terutama dalam menghadirkan layanan bermain game, mengirim pesan, dan berbelanja.

{Baca juga: 14 Fitur Tersembunyi di iOS 14, Nomor 5 “Anti Maling”}

Update iOS 14 memang membawa sejumlah fitur privasi keamanan terbaru yang bikin aplikasi seperti Facebook “kesal”. Apple memungkinkan pengguna untuk memilih izin akses apa saja yang akan diberikan untuk aplikasi, termasuk pelacakan dan jaringan lokal.

Dengan fitur baru ini, aplikasi akan selalu meminta izin pengguna sebelum mengakses jaringan lokal. Pengguna tinggal mencabut izin dari pengaturan untuk aplikasi apa pun yang tidak ada hubungannya dengan jaringan lokal.

Selain itu, pengguna pun dapat meninjau semua aplikasi yang memiliki akses ke kontak, lokasi, mikrofon, kamera, dan opsi lainnya. (SN/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version