4 Cara Sutradara Ernest Prakasa Memaksimalkan Fitur Galaxy S21 Ultra

Telset.id – Sutradara Ernest Prakasa sangat antusias dengan kemampuan kamera Samsung Galaxy S21 Ultra. Menurutnya, fitur-fitur di Galaxy S21 Ultra 5G bisa membuat pekerjaannya menjadi lebih mudah dan maksimal saat menggarap konten video.

Sebagai seorang sutradara, Ernest Prakasa mengamati cara orang berekspresi yang kini sudah jauh berbeda dalam setahun terakhir. Menurut Ernest, orang kini mencari smartphone dengan kualitas kamera mumpuni untuk membuat konten video yang keren.

“Video is now the thing. Banyak dari kita yang mau bikin konten video sekeren mungkin dengan cara se-simple mungkin,” ujar  Ernest Prakas menjelaskan tren yang ia amati saat ini.

Baginya, tahun 2020 menjadi tahun yang challenging bagi semua orang, tapi di sisi lain mengubah perilaku masyarakat Indonesia di dunia digital. “Kalau kita lihat di platform media sosial, cara orang berekspresi sudah jauh berbeda,” imbuhnya.

Itu sebabnya, menurut Ernest, timing Samsung meluncurkan Samsung Galaxy S21 Series 5G di Indonesia benar-benar tepat. Ia mengatakan smartphone itu membawa inovasi canggih, terutama kualitas kameranya.

Galaxy S21 Ultra
Sutradara Ernest Prakasa menggunakan fitur Samsung Galaxy S21 Ultra (Foto: Dok. Samsung

Dengan latar belakang profesi sebagai sutradara, tentu yang pertama menarik perhatiannya adalah soal kualitas kamera dan sistem Pro-Video, yang mendapatkan peningkatan signifikan dibanding seri sebelumnya.

Ernest mengaku sangat terkesan dengan fitur kamera yang dibawa Galaxy S21 Ultra 5G, terutama setup Quad Camera yang terdiri dari Ultra Wide 12 MP, Wide-angle 108MP dan Dual Tele-Lens 10MP.

“Sekarang membuat konten epik setiap harinya sudah semakin mudah dengan dukungan Galaxy S21 Series 5G,” ujar sutradara muda yang sudah menghasilkan lima film itu.

4 Fitur Jagoan Ernest di Galaxy S21 Ultra 5G

Galaxy S21 Ultra
Sutradara Ernest Prakasa memaksimalkan fitur-fitur di Galaxy S21 Ultra (Foto: Dok. Samsung)

Ernest membeberkan beberapa fitur di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang menginspirasinya untuk membuat video epik, karena smartphone ini memberikan pengalaman menggunakan perangkat mobile di atas standar.

Ada 4 fitur di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang menurut Ernest bisa sangat membantunya dalam membuat video epik yang keren.

Director’s View

Bagi sutradara film “Cek Toko Sebelah” ini dalam membuat konten video salah satu yang paling menghabiskan proses panjang dan sulit itu ada di fase editing.

Saat mencoba fitur Director’s View, Ernest jadi bisa memvisualisasikan adegan dan scenery seperti apa yang bisa diabadikan dan langsung terlihat hasilnya.

“Yang jadi pembeda, tentu selain hardware, yang membedakan adalah Director’s View. Karena belum pernah tahu ada ponsel yang bisa mendukung fitur seperti itu,” ungkapnya.

“Kalaupun ada beberapa kebutuhan untuk editing, Galaxy S21 Ultra 5G juga bisa membantu kita untuk edit,” lanjut Ernest.

{Baca juga: Perbandingan Samsung Galaxy S21 vs Galaxy S20: Bagus Mana?}

Samsung Galaxy S21 Ultra Ernest Prakasa
Sutradara Ernest Prakasa memaksimalkan fitur Samsung Galaxy S21 Ultra (Foto: Dok. Samsung)

Dengan pilihan preview yang ditampilkan di layar, pengguna bisa langsung mengatur transisi yang sinematik dari frame ke frame dan angle apa yang cocok untuk adegan tertentu.

Hasilnya pengguna Galaxy S21 series 5G bisa menjadi sutradara untuk cerita epik-nya setiap hari dengan hasil lebih Profesional.

Bahkan untuk seorang sutradara dapat melakukan pekerjaan profesionalnya seperti membuat konten dibalik layar atau behind the scene dan tidak menutup kemungkinan kedepannya membuat film pendek dengan dari smartphone seperti Galaxy S21 Ultra 5G.

Multi-Mic Recording

Ernest mengatakan fitur Multi-Mic Recording mampu menjawab kekhawatirannya akan suara yang tidak diinginkan terdengar, ketika pengguna merekam video melalui Galaxy S21 Series 5G.

Samsung kini menanamkan fitur Multi Source Microphone atau Multi-Mic Recording yang sebelumnya diperkenalkan melalui Galaxy Note20 Series ke dalam perangkat Galaxy S21 Series 5G.

Galaxy S21 Ultra
Desain kamera Samsung Galaxy S21 Ultra (Foto: Samsung)

Dengan fitur ini, pengguna dapat leluasa mengatur sumber suara video dari rear, front, dan omni mic dengan lebih mudah. Fitur ini juga memungkinkan sumber suara dari external microphone melalui sambungan USB atau bahkan koneksi Bluetooth.

Fitur ini akan terasa maksimal jika disambungkan dengan Galaxy Buds Pro yang dapat  difungsikan sebagai clip-on mic. Hasilnya, sumber suara yang ada dalam video menjadi lebih jernih dan minim bocor, sehingga video yang dihasilkan dapat lebih berkualitas.

Ultimate Super-Steady & Dynamic Slo-Mo

Galaxy S21 Ultra
Ilustrasi fitur video di Samsung Galaxy S21 Ultra (Foto: Dok. Samsung)

Salah satu momen mengganggu saat mengambil video adalah terjadi guncangan saat proses perekaman. Hasilnya video tidak fokus sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak maksimal.

Namun masalah tersebut tidak akan terjadi jika menggunakan Samsung Galaxy S21 Series 5G, karena ponsel ini menghadirkan teknologi Ultimate Super Steady yang telah disempurnakan dan sudah mendukung 60 FPS.

Dengan fitur ini, Ernest dapat menangkap konten video epik tanpa terganggu akan guncangan saat proses perekaman video. Fitur Dynamic Slo-Mo juga memudahkan pengguna mendapatkan video slow motion sehingga video lebih sinematik dan dramatis.

“Terus Super Steady yang mendukung 60 FPS perekamannya. Sangat berguna bagi pengguna yang kadang suka tremor tangannya,” ucap Ernest.

Ekosistem Galaxy

Salah satu hal menarik dari Galaxy S21 Ultra 5G ialah adanya integrasi perangkat tersebut dengan S Pen yang selama ini hanya dapat digunakan di lini Galaxy Note. Bagi Ernest, kehadiran S Pen sebagai aksesoris tambahan beserta flip case Samsung sangat membantu pekerjaannya sebagai sutradara.

{Baca juga: Perbandingan Exynos 2100 vs Snapdragon 888 di Samsung Galaxy S21 Ultra}

Galaxy S21 Ultra
Fitur S Pen di Samsung Galaxy S21 Ultra bikin pekerjaan Ernest jadi lebih mudah (Foto: Dok. Samsung)

Ernest mengaku dapat leluasa mencatat ide konten menarik dengan guratan S Pen pada Samsung Notes, merevisi ilustrasi storyboard dari konten yang akan dihasilkan, ataupun mengedit konten behind the scene yang dibuat di Galaxy S21 Ultra 5G.

Untuk menunjang kesehariannya, Galaxy Buds Pro yang rilis bersamaan dengan Galaxy S21 Series 5G juga  mampu memberikan pengalaman hebat dengan 360 Audio yang menggunakan teknologi Dolby Head TrackingTM.

Ernest juga terkesan dengan teknologi Intelligent Active Noise Cancelling di Buds Pro. Perangkat ini mampu meredam hingga 99% suara bising di latar dan menyesuaikan suara sesuai kebutuhan pengguna.

Menurutnya, saat dia sedang berbicara untuk mengarahkan suatu adegan, suara yang terdengar dari Galaxy Buds Pro akan redup dengan sendirinya secara seamless. Dengan Galaxy S21 Ultra 5G, ia mengaku bisa menghasilkan konten visual berkualitas sehingga memudahkan dirinya untuk menghasilkan video menarik melalui smartphone.

“Konten visual yang dihasilkan bisa dibilang terbaik di kelasnya, apalagi dengan kemudahan pengoperasiannya dan bisa dibawa kemana-mana tanpa perlu usaha lebih,” tutup Ernest.

Pengguna juga tidak perlu khawatir dengan banyaknya inovasi teknologi yang dihadirkan melalui fitur-fitur canggih pada Galaxy S21 Ultra 5G, karena didukung penuh dengan chipset paling mutakhir, Exynos 2100 dengan arsitektur 5nm yang menawarkan kinerja CPU 30% lebih ngebut tetapi dengan penggunaan daya 10% lebih efisien.

Kinerja dari chipset ini juga ditopang dengan penggunaan RAM berjenis LPDDR5 dan memori internal UFS 3.1, juga sudah mendukung jaringan 5G, dan disokong baterai 5.000 mAh. Demikian juga dengan bagian display yang mengusung layar 6,8 inci WQHD+, Dynamic AMOLED 2X dan mendukung fitur adaptive refresh rate hingga 120 Hz.

{Baca juga: Compare: Samsung Galaxy S21 Ultra vs Samsung Galaxy Note20 Ultra}

Consumer Launch Galaxy S21 Series 5G 

Samsung menetapkan harga resmi Galaxy S21 5G mulai Rp. 12.999.000, Galaxy S21+ 5G mulai Rp 15.999.000, Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp 18.999.000.

Mulai tanggal 29 Januari 2021 sampai 14 Februari 2021, Samsung menyelenggarakan online Consumer Launch Galaxy S21+ 5G dan Galaxy S21 Ultra 5G di Samsung E-Store, Blibli, Eraspace, Lazada, Shopee, Tokopedia dan JD ID.

Samsung akan memberikan keuntungan kepada konsumen senilai lebih dari Rp. 3.000.000 yang didapatkan konsumen yaitu  cashback bank rekanan Samsung hingga Rp. 750.000,- dan cashback sebesar Rp 2.000.000 untuk pembelian Samsung produk lainnya.

Ada juga Samsung Wireless Charger Single dilanjutkan offline consumer launch pada tanggal 5 Februari 2021 hingga 7 Februari 2021 di Central Park Jakarta dan Pakuwon Mall Surabaya.

{Baca juga: Samsung Galaxy S21+ dan S21 Ultra Dijual di Indonesia, Segini Harganya}

Galaxy S21 Ultra
Samsung Galaxy S21 Ultra

Acara ini juga dilanjutkan pada tanggal 12 Februari 2021 sampai 14 Februari 2021 di Kota Kasablanka Jakarta dengan keuntungan senilai hingga Rp 4.600.000.

Keuntungan yang diperoleh konsumen adalah Galaxy Buds Live ataupun cashback Rp 2.000.000, Samsung Wireless Charger Single, Galaxy S pen dan Casing dan Cashback Bank rekanan hingga Rp 750.000. Ada juga Free Mola TV Subscription selama 3 bulan, Celebrity Fitness Voucher, Ismaya Dinning Voucher. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -