Durasi Rapat di Google Meet Gak Unlimited Lagi, Dibatasi 60 Menit

Telset.id – Google Meet versi gratis tak lagi bisa dipakai untuk rapat online dengan waktu tak terbatas. Mulai bulan ini, Google Meet gratis hanya dapat dipakai untuk melakukan rapat online dengan durasi 60 menit saja.

Google Meet pada awalnya menjadi solusi bagi para pengguna yang ingin melakukan video conference dengan durasi waktu unlimited. Aplikasi besutan Google ini lebih unggul dari Zoom yang hanya menyediakan waktu maksimal 40 menit untuk pengguna gratisan.

Dilansir Telset dari 9to5Google, Rabu (14/7/2021), akhir Juli 2021 nanti, Google Meet tidak memperpanjang layanan gratis dan mulai memberlakukan durasi maksimal 60 menit per hari dengan jumlah peserta rapat online hingga 100 orang.

“Pada 55 menit, semua orang mendapat pemberitahuan bahwa panggilan akan segera berakhir. Untuk memperpanjang panggilan, tuan rumah dapat meningkatkan akun Google mereka. Jika tidak, panggilan akan berakhir pada 60 menit,” tulis Google Meet.

Di sisi lain pembatasan akses ini tidak berlaku, jika pengguna melakukan panggilan video secara personal ke pengguna lain. Tidak ada pembatasan waktu ketika pengguna melakukan panggilan video dengan 1 akun di Meet.

“Panggilan satu-satu dapat terus berjalan hingga 24 jam di akun gratis dan perusahaan,” ujar Meet.

Lalu, bagaimana bila pengguna ingin mendapatkan akses rapat online tanpa batasan durasi waktu di Google Meet? Google mengatakan, pengguna hanya perlu berlangganan Workspace Individual dengan harga mulai USD 9,9 atau setara 141 ribu.

Dengan layanan tersebut, pengguna bisa menikmati Google Meet premium seperti panggilan video hingga 24 jam, fitur rekaman, dan lain sebagainya. Namun, untuk saat ini Workspace Individual baru tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Australia, Brasil, dan Jepang.

{Baca juga: Google Meet Versi Gratis Diperpanjang Hingga Juni 2021}

Pembatasan layanan Meet versi gratis mau tidak mau akan berpengaruh terhadap kegiatan rapat online di platform tersebut. Untuk menyiasati pembatasan layanan, pengguna gratis harus memaksimalkan durasi 60 menit ketika mengadakan rapat online.

Saat durasi akan habis, pengguna harus pindah ruangan dan membuat ruang baru supaya rapat bisa terus berlanjut.

Google Meet Hadirkan Filter Animasi 

Google Meet Batasi Akses Gratis
Filter Google Meet

Google Meet sebelumnya menghadirkan filter animasi supaya aktivitas rapat atau belajar virtual semakin seru. Filter terbaru ini tersedia di smartphone Android dan iOS.

Google Meet mengumumkan filter animasi melalui akun Twitter @Google. Dijelaskan bahwa filter animasi Meet akan membawa animasi kucing, astronot, ubur-ubur dan masih banyak lagi. Filter animasi bisa kamu akses di Meet sehingga percakapan virtual jadi makin seru.

{Baca juga: Cara Menggunakan Filter Animasi di Aplikasi Google Meet}

“Tambahkan kucing, astronot, ubur-ubur, dan lainnya ke panggilan Meet Anda. Filter, topeng, dan efek baru kini tersedia untuk Meet di Android dan iOS. Cobalah hari ini →http://meet.google.com,” tulis @Google.

Saat ini filter animasi tersebut bisa digunakan baik untuk pengguna gratis ataupun pengguna premium. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0