APPS

ColorOS 12 Resmi Digulirkan, Oppo Find X3 Pro Kebagian Pertama

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – Menyusul dirilisnya Android 12 oleh Google, Oppo juga mengumumkan kehadiran sistem operasi ColorOS 12 untuk versi global. Update ini sudah tersedia untuk pengguna Oppo Find X3 Pro di Indonesia dan Malaysia.

“Update ColorOS terbaru ini diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh pengguna OPPO. Oleh karena itu OPPO menargetkan update ColorOS ini akan diunduh pada 110 juta perangkat dan menjangkau 150 juta pengguna di seluruh dunia,” ujar Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia

“Apabila target ini tercapai, update ini akan menjadi yang tercepat dengan jangkauan yang terluas dalam sejarah Oppo,” sambungnya.

{Baca Juga: Oppo Reno6 Edisi WaVe Hadir di Indonesia}

Untuk pertama kalinya, Oppo juga mengumumkan adanya pembaruan terhadap update kebijakan untuk OS baru ini.

Untuk perangkat Oppo yang diluncurkan pada tahun 2019 dan selanjutnya, OPPO akan menyediakan tiga jenis update Andorid untuk seri Find X dan dua jenis update Android untuk seri Reno/F/K dan satu jenis update Android untuk sebagian seri A.

Oppo juga melengkapinya dengan update security patch selama empat tahun ke depan untuk seri Find X/Reno/F/K dan tiga tahun untuk seri A.

Fitur Baru ColorOS 12

ColorOS 12 membawa berbagai fitur baru untuk memberikan pengalaman seamless operating system kepada pengguna, seperti Oppo Omoji, Quantum Animation Engine, sampai Cross-Screen Interconnection.

Dalam hal pengalaman interaktif, Oppo menghadirkan animasi terbaru berbasis Quantum Animation Engine. Animasi ini dipadukan dengan teknologi anti-stuttering AI engine untuk memberikan pengalaman sistem operasi yang lancar kepada pengguna.

Melalui pengujian internal yang dilakukan Oppo, perangkat dengan teknologi tersebut disimulasikan selama 26 bulan dengan penggunaan yang terus menerus. Hasilnya, terjadi penurunan kinerja baca/tulis kurang dari 5% saja dan keseluruhan aging rate sebesar 2.75%.

{Baca juga: HP Oppo Terbaru September 2021}

Untuk meningkatkan produktivitas pengguna, ColorOS 12 disematkan fitur praktis seperti Cross-Screen Interconnection dan Smart Sidebar. Cross-Screen Interconnection memungkinkan konektivitas antara smartphone dan laptop lebih mulus lagi.

Cross-screen Interconnection

Berkat fitur ini, pengguna dapat mengoperasikan ponsel dengan mudah melalui laptop, sekaligus berbagai file dan data secara wireless dengan kecepatan transfer hingga 45Mbps. Pengguna pun bisa menyunting dokumen di ponsel secara langsung pada layar laptop.

{Baca juga: Main Game HD Terbaik di Oppo Reno6}

Fitur Cross-Screen Interconnection mendukung sebagian besar laptop merek ternama yang memiliki sistem operasi Windows 10 atau yang lebih tinggi.

Meneruskan sistem keamanan canggih di ColorOS 11, Oppo juga meningkatkan sektor keamanan pada OS terbarunya. ColorOS 12 memastikan pengguna dapat mengetahui dan mengendalikan fitur mana saja yang merekam perilaku mereka, berbagi foto dengan aman, serta mendapatkan pengingat tentang perizinan ketika menggunakan sebuah aplikasi.

{Baca juga: Fitur Gaming Canggih Oppo Reno6}

Oppo merancang ulang desain unutk ColorOS 12 dengan memperbanyak ruang berwarna putih, meningkatkan kontras teks, dan membedakan corak warna. Tujuannya, agar pengguna tak lagi melihat padatnya informasi yang ditampilkan oleh sistem.

Ada fitur menarik di ColorOS 12 bernama Oppo Omoji. Fitur tersebut mampu membangun model 3D secara presisi berkat algoritma Face Capture yang dapat menangkap lebih dari 20.000 ciri khas wajah pengguna.

Oppo juga akan menghadirkan informasi lengkap ColorOS 12 (versi global) dalam sebuah acara online yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober, pukul 16:00 WIB. (MF)

Leave a Comment