Clubhouse Buat Pembaruan Besar Demi Dongkrak Jumlah Pengguna

Telset.id, Jakarta – Clubhouse membuat pembaruan besar yang mengubah cara kerja aplikasi. Perubahan ini ditujukan untuk meningkatkan kembali jumlah pengguna.

Sebagai pengingat, media sosial Clubhouse sebelumnya sangat populer dengan menghadirkan obrolan audio secara publik, dan saat ini platform berfokus pada grup kecil yang berisikan teman.

Secara keseluruhan, grup kecil ini disebut sebagai obrolan, dimana ini menjadi tempat bagi para pengguna untuk meninggalkan pesan suara untuk orang yang dikenal. Sepintas, ini mirip Snapchat, namun berisikan pesan suara.

BACA JUGA:

Saat ini, Clubhouse telah menghentikan fitur pengiriman pesan berbasis teks. Alhasil, jika pengguna ingin mengirim pesan pribadi, mereka hanya akan mengirim pesan suara saja, atau yang disebut sebagai voicemail.

Perubahan besar ini terjadi setelah platform kehilangan banyak pengguna. Pada saat pandemi Covid-19, jutaan orang menggunakan media sosial ini. Namun, jumlahnya semakin menurun ketika pandemi sudah mereda, dan kehidupan kembali normal.

Tidak hanya kehilangan banyak pengguna, Clubhouse juga harus memecat separuh karyawannya di awal tahun ini, meskipun hal serupa juga banyak terjadi di perusahaan lainnya.

Bisa disimpulkan, platform ini menginginkan semua penggunanya melakukan percakapan yang lebih nyata dengan memanfaatkan pesan suara untuk bisa mencari teman baru, atau membagikan cerita kepada pengguna lainnya.

Meski begitu, masih ada beberapa risiko, karena masih belum diketahui apakah orang-orang akan kembali ke Clubhouse untuk mendapatkan pengalaman baru. Namun, yang perlu dicatat adalah perusahaan mengambil keputusan yang cukup besar dan berharap perubahan ini membuahkan hasil.

BACA JUGA:

Pertanyaannya sekarang, apakah perubahan ini akan membuat Clubhouse kembali populer seperti sediakala? Kita hanya perlu menunggu beberapa waktu ke depan apakah ini berhasil atau tidak. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
Artikel Terkini
HARGA & SPESIFIKASI

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0