Clubhouse Akhirnya Rilis di Android, Termasuk di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Usai mendulang popularitas di platform App Store, Clubhouse pun mencoba mengadu peruntungan di Android. Baru-baru ini, perusahaan mengumumkan bahwa versi beta dari aplikasi Android mereka telah tersedia di Google Play Store.

Dirilisnya versi beta aplikasi untuk Android terasa lebih cepat. Pasalnya, pada akhir Maret lalu, Paul Davison selaku pendiri Clubhouse mengatakan bahwa versi Android dari aplikasi masih beberapa bulan lagi.

Dilansir Telset dari phoneArena, Senin (10/5/2021), masuknya Clubhouse ke Android merupakan salah satu strategi perusahaan yang sedang membutuhkan dorongan usai mengalami penurunan jumlah unduhan secara global.

Pada bulan Febuari lalu, Clubhouse telah diinstal 9,6 juta kali di seluruh dunia. Bulan depannya, jumlah unduhan meningkat 2,7 juta penginstalan. Namun pada bulan April, jumlah itu turun menjadi 922 ribu unduhan secara global.

Diharapkan, jumlah unduhan aplikasi akan meningkat karena Clubhouse kini tersedia di dua platform populer, yakni Android dan iOS.

{Baca juga: 10 Aplikasi Foto Android Terbaik 2021, Bikin Banyak Like di Instagram}

Bagi pengguna Android yang ingin mencoba aplikasi Clubhouse versi beta, mereka tidak perlu memiliki undangan khusus. Cukup cari aplikasi di Google Play Store, dan tekan Pre-register untuk melakukan pendaftaran.

Aplikasi Clubhouse Android

“Dengan Android, kami yakin Clubhouse akan terasa lebih lengkap. Kami sangat berterima kasih kepada semua pengguna Android di luar sana atas kesabaran mereka,” tulis Paul Davison dan Rohan Seth selaku pendiri dalam situs resmi perusahaan.

Rilisnya Clubhouse di Android Cukup Telat

ClubHouse Android
ClubHouse

Dihadirkannya aplikasi Clubhouse di sistem operasi besutan Google bisa dibilang cukup telat. Bagaimana tidak, saat ini sudah ada perusahaan besar yang merilis fitur mirip Clubhouse di aplikasi Android mereka, seperti Instagram, Telegram, Twitter, hingga Reddit.

Beberapa waktu lalu, Facebook akan merilis fitur yang mirip Clubhouse di Instagram. Kemudian ada Twitter yang sudah meluncurkan Spaces. Fitur tersebut memudahkan pengguna Twitter membuat ruang virtual untuk melakukan diskusi dalam format audio.

{Baca juga: Facebook Ikut-ikutan Rilis Fitur Mirip Clubhouse di Instagram}

Reddit juga menghadirkan fitur bernama Reddit Talk, di mana pengguna dapat melakukan sesi tanya jawab, ceramah, webinar, atau sekadar bercengkrama dengan teman atau keluarga.

Discord pun tidak mau ketinggalan. Aplikasi khusus gamer ini memperkenalkan Stage Channels. Pengguna bisa menyiarkan percakapan audio langsung ke sekelompok pendengar tanpa khawatir orang-orang berbicara satu sama lain.

Aplikasi lainnya yang turut meniru Clubhouse adalah Telegram. Lewat fitur Voice Chat 2.0, Telegram dinilai bakal menjadi pesaing serius bagi Clubhouse. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -