Biar Gak Gagal Fokus, Windows 10 Punya Fitur Ini

Focus Assist

Telset.id, Jakarta – Terinspirasi dari banyaknya gangguan yang dihadapi oleh pekerja kantoran, Microsoft akhirnya meluncurkan fitur baru untuk Windows 10. Fitur bernama Focus Assist ini membuat penggunanya agar tak mudah teralihkan perhatiannya ketika sedang bekerja di depan komputer.

Sekedar informasi, hasil riset menunjukkan bahwa pekerja kantoran kerap salah fokus gara-gara adanya notifikasi sosial media atau email setiap tiga menit sekali. Tak hanya itu, mereka juga membutuhkan waktu sekitar 23 menit untuk kembali fokus terhadap apa yang mereka kerjakan sebelumnya.

“Hari ini, kebanyakan dari kita menghabiskan 3 sampai 6 jam setiap hari menatap layar. Sebagian besar waktu ini dihabiskan di media sosial, di mana aliran gangguan yang konstan membuat sulit untuk fokus,” jelas Microsoft, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (30/04/2018).

“Dalam banyak hal, perhatian kita telah diretas, menarik kita ke dalam gulungan informasi tanpa henti, tetapi mengalihkan perhatian kita dari hal yang paling genting,” ungkap raksasa teknologi tersebut.

Baca Juga: Bisnis ‘Awan’ Bikin Laba Microsoft Meroket

Cara kerja Focus Assist bisa dibilang sederhana. Ketika diaktifkan, fitur ini akan mematikan sementara notifikasi email dan sosial media sampai penggunanya selesai mengerjakan pekerjaan pentingnya. Nantinya saat fitur dimatikan, pengguna akan mendapatkan ringkasan notifikasi sosial media, email dan lainnya.

Pengguna juga dapat menyesuaikan waktu agar Focus Assist dapat aktif secara otomatis. Selain itu, mereka juga dapat memprioritaskan notifikasi dari aplikasi dan kontak tertentu agar tetap muncul meski Focus Assist dinyalakan.

Baca Juga: Ikut-ikutan, Microsoft Ganti Emoji Pistol di Windows 10

Focus Assist sendiri telah dirilis hari ini sebagai bagian dari pembaruan terbaru Microsoft. Dalam pembaruan tersebut, terdapat juga penambahan fitur pada Microsoft Edge yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dan mematikan suara langsung pada tab browser. (FHP)

https://youtu.be/kqIzbqTtT4s

Previous articleTrik Berikan Background Gambar pada Taskbar Windows 10
Next articleAS Soroti Internet Protokol China dan Kanada, Ada Apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here