Banyak Pengguna Protes, Bos Xiaomi Janji Rombak Iklan MIUI

Iklan MIUI

Telset.id, Jakarta – Pengguna smartphone Xiaomi kerap mengeluh dengan banyaknya iklan yang muncul di aplikasi bawaan MIUI. Misalnya saja aplikasi seperti File Manager, Cleaner yang kerap menampilkan berbagai iklan MIUI yang mengganggu dan mempengaruhi pengalaman pengguna.

Asal tahu saja, meskipun Xiaomi dikenal sebagai merek smartphone dan perangkat teknologi, pendapatan terbesar perusahaan asal China ini justru berasal dari layanan internet, termasuk iklan.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan di tahun 2018, layanan internet memberikan pemasukan sebesar USD 2,38 miliar atau setara Rp 33,7 triliun, dengan USD 1,5 miliar atau Rp 21,2 triliun di antaranya dihasilkan dari iklan.

{Baca juga: Fix! Redmi Pro 2 Ditenagai Prosesor Snapdragon 855}

Melihat banyaknya keluhan dari para pengguna, bos Xiaomi, Lei Jun langsung angkat bicara. Melansir dari GSMArena, Kamis (04/04/2019), Lei Jun berjanji akan merombak MIUI, termasuk mengubah penempatan iklan yang dirasa mengganggu oleh para pengguna.

Ia telah melakukan pembicaraan dengan tim desain MIUI untuk meningkatkan pengalaman pengguna, termasuk menekan iklan yang mengganggu dan tidak pantas.

Selain itu, Lei Jun juga memberikan beberapa bocoran soal perubahan MIUI yang bakal dilakukan Xiaomi. Seperti menghadirkan fitur perekaman panggilan di aplikasi media sosial QQ, recycle bin untuk foto yang baru saja dihapus, sampai mode low-power.

{Baca juga: Xiaomi Ungkap Puluhan Fitur Baru MIUI 11, Apa Saja?}

Bisa jadi, perombakan yang dijanjikan Lei Jun akan hadir pada sistem operasi MIUI 11. Sekadar informasi, beberapa waktu lalu Xiaomi mengumumkan puluhan fitur baru di MIUI 11 lewat forum MIUI.

Beberapa fitur baru yang akan hadir adalah kemampuan sistem untuk menghapus file apk ketika pengguna telah selesai melakukan install aplikasi. Lalu, ada Child Mode, Stereo Bluetooth di dalam game, menampilkan kontak darurat di lockscreen, animasi baru ketika melakukan chargingrecycle bin khusus untuk foto, dan beragam fitur lainnya.

Sedangkan fitur yang masih dalam evaluasi, beberapa di antaranya adalah hadirnya warna baru pada User Interface (UI), integrasi dengan layanan pembayaran pihak ketiga, pengaturan kartu SIM default untuk setiap kontak yang dihubungi, dan lainnya. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here