Bakal Ada Fitur Coming Soon di Apple Music, Apa Itu?

Telset.id, Jakarta –  Apple bakal meluncurkan serangkaian pembaruan untuk Apple Music. Satu di antaranya adalah fitur bernama Coming Soon. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Apple Music untuk memeriksa album baru yang akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan.

Dilaporkan 9t05mac, di iOS dan macOS, untuk menemukan fitur Coming Soon di Apple Music pengguna cukup membuka menu “Browse”, lalu klik “New Music”, kemudian gulirkan ke bawah. Sayang, di fitur Coming Soon Apple Music hanya terdapat sekitar 10 album baru yang terdaftar.

Di Apple Music untuk macOS, ada menu drop down untuk menyortir opsi. Kendati begitu, untuk sementara, Apple Music di macOS baru terdapat opsi Recent Bestseller. Apple sedang melakukan perbaikan agar pengguna lebih mudah untuk mengurutkan album berdasarkan tanggal rilis serta genre.

Lain hal, di iOS, opsi penyortiran belum ada. Namun, Apple mempermudah melihat tanggal peluncuran album melalui penambahan menu layanan. Di bagian Editor Notes perangkat iOS maupun macOS, ada baris baru yang berlabel “Album Expected” dan berisi tanggal rilis album tertentu.

Di pembaruan Apple Music, Apple juga menyediakan tombol Play di samping nama artis. Apple mempersiapkan pula menu layanan lain sehingga akses Apple Music menjadi kian menyenangkan. Fitur Coming Soon di Apple Music dan tanggal rilisnya telah muncul untuk beberapa penggunaiOS 11.4 dan macOS 10.13.4.

Baca juga: Apple Music Sekarang Bisa Berbagi Musik

Apple Music memang  terus melakukan manuver agar bisa mengejar ketertinggalan dari sang pesaing, Spotify. Belum lama ini, Apple Music dikabarkan bakal membuka divisi penerbitan musik. Upaya itu dilakukan seiring kehadiran orang baru di tampuk kepemimpinan perusahaan.

Dilaporkan Engadget, April 2018 lalu Apple Music memiliki pimpinan anyar bernama Oliver Schusser. Ingin membuat gebrakan, Schusser menginisiasi peluncuran divisi penerbitan musik di Apple Music. Nantinya, divisi tersebut dipimpin oleh Elana Segal, mantan Direktur Legal iTunes.

Divisi penerbitan di Apple Music akan bertugas mengurusi perjanjian soal lisensi musik. Apple Music bakal merekrut artis-artis untuk ditawari program khusus. Tak cuma artis, lewat divisi itu, Apple Music juga akan merekrut para pencipta lagu maupun produser musik.

Meski sudah memiliki 40 juta pelanggan berbayar, Apple Music memang tetap berambisi segera dapat menyalip Spotify. Apple Music mencoba berbagai strategi, termasuk dengan membagikan satu bulan layanan gratis kepada mereka yang sebelumnya mencoba tiga bulan percobaan di Apple Music.

Baca juga: Ubah Kebijakan, Jumlah Aplikasi di App Store Menyusut

Pemberitahuan mengenai tambahan gratis satu bulan itu disampaikan oleh Apple kepada konsumen di Amerika Serikat, Inggris, dan Hong Kong melalui email. Dengan memberikan percobaan tambahan gratis, Apple Music berharap para konsumen akan menjadi pelanggan berbayar setelah tambahan gratis berakhir. [SN/HBS]

Sumber: Engadget

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0