Awas! Malware Ini Bisa Bikin Ponsel Android Meledak

Telset.id, Jakarta – Malware baru yang sangat berbahaya sedang mengincar pengguna Android. Malware bernama “Jack of All Trades” ini dilaporkan bisa membuat ponsel Android meledak.

Dilaporkan oleh peneliti dari Kaspersky Lab, lagi-lagi malware ini merupakan cara para hacker untuk menambang mata uang digital, Bitcoin. Ketika smartphone terinfeksi malware Jack of All Trades, maka perangkat akan langsung dipenuhi oleh spam pesan teks, iklan, dan lain sebagainya.

Yang parahnya lagi, para hacker menyisipkan juga protokol untuk menambang cryptocurrency yang membuat smartphone bekerja keras sampai batas paling maksimal.

Akibat terparah dan sangat berbahaya adalah, dua hari setelah smartphone dipaksa untuk bekerja melebihi kemampuannya, otomatis baterai smartphone akan meledak dan merusak smartphone.

Dijelaskan oleh para peneliti di Kaspersky Lab, satu-satunya hal yang hilang dari malware ini adalah tidak adanya protokol pencurian data pengguna di dalamnya.

“Satu-satunya yang hilang adalah fungsi spionase pengguna,” ungkap peneliti Kaspersky Lab, seperti dikutup Telset.id dari Mashable, Kamis (21/12/2017).

Cara kerja malware Jack of All Trades sendiri cukup canggih. Malware ini disebutkan bersembunyi pada aplikasi anti-virus, hingga aplikasi penyedia konten porno. Namun tak terlepas kemungkinan juga, malware Jack of All Trades bersembunyi di aplikasi lain yang mudah di-install para pengguna Android.

Saat smartphone terinfeksi, otomatis penggunanya tak lagi bisa menggunakannya seperti biasa karena akan muncul berbagai gangguan hingga menyebabkannya meledak. So, sebaiknya pintar-pintarlah dalam meng-install aplikasi.

Kami sarankan untuk memasang aplikasi pada toko resmi saja seperti Google Play Store untuk Android ataupun App Store untuk iOS. (FHP/HBS)

SourceMashable

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0