Awas! Bug iOS 13 Beri Akses Penuh ke Keyboard Pihak Ketiga

Telset.id, Jakarta  – Sistem operasi iOS memungkinkan pengguna untuk memasang keyboard pihak ketiga jika keyboard default tidak cukup baik atau fungsional. Namun, pengguna punya hak untuk memberikan izin atau tidak. Namun bug di iOS 13 telah merampas opsi itu dari pengguna.

Ada laporan, menurut Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Rabu (25/9/2019), bahwa telah ditemukan bug di iOS 13 yang memberikan akses penuh ke keyboard pihak ketiga.

{Baca juga: Manfaatkan Bug iOS 13, Peretas Bisa Lihat Kontak Pengguna}

Bahkan, akses tersebut tetap terbuka meski pengguna belum memberikan izin. Keberadaan bug itu terkuak berkat dokumen dukungan yang diunggah di situs resmi Apple. Perusahaan pun telah mengakui keberadaan masalah tersebut.

Apple menyatakan segera memperbaikinya dengan tambalan. Menurut Apple, ekstensi keyboard pihak ketiga di iOS dapat dirancang untuk berjalan sepenuhnya mandiri, tanpa akses ke layanan eksternal, atau dapat meminta akses penuh.

Tujuannyauntuk menyediakan fitur tambahan melalui akses jaringan. Apple telah menemukan bug di iOS 13 dan iPadOS yang dapat mengakibatkan ekstensi keyboard diberi akses penuh, bahkan jika pengguna sama sekali belum menyetujuinya.

Belum lama ini, seorang peneliti keamanan bernama Jose Rodriguez telah memposting video di YouTube. Isinya  berupa eksploitasi bug iOS 13. Bug bekerja ketika pengguna melakukan panggilan FaceTime dan mengaktifkan fitur Siri VoiceOver.

Kala melakukan panggilan FaceTime dan mengaktifkan fitur Siri VoiceOver, pengguna iPhone bisa mengakses ke daftar kontak pemilik ponsel. Proses tersebut dapat memberi sang peretas daftar nomor telepon, alamat email, alamat jalan, dan lainnya.

{Baca juga: iOS 13 Punya Fitur untuk Tolak Panggilan Misterius}

Lebih lanjut, Rodriguez mengaku telah mengirimi Apple sebuah video yang menunjukkan kerentanan itu pada 17 Juli 2019 lalu. Akan tetapi, ia menyatakan bahwa kerentanan tersebut ternyata masih muncul dalam versi Gold Master (GM) iOS 13. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -