Apple Maps Bakal Punya Fitur Pencarian Iklan, Buat Apa?

Telset.id, Jakarta – Apple Maps akan menambahkan fitur baru di layanannya. Aplikasi peta digital itu kabarnya bakal mempunyai fitur pencarian iklan, yang akan dirilis tahun depan.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple Maps akan mempunyai fitur yang dapat mengintegrasikan iklan. Hal ini diketahui setelah engineer Apple mempersiapkan software.

Menurut Gurman, tim teknik perusahaan mulai mempersiapkan perangkat lunak untuk mendukung iklan pencarian. Ia bahkan mengantongi waktu rilisnya.

Telset kutip dari Engadget, Senin (22/8/2022), para konsumen dilaporkan akan melihat Apple mulai mengintegrasikan pekerjaan itu mulai sekitar 2023 nanti.

Gurman sebelumnya melaporkan bahwa perusahaan asal Cupertino baru-baru ini melakukan uji coba versi internal Maps yang menyertakan iklan pencarian.

Apple sudah menayangkan iklan semacam itu via App Store. Pengembang bisa bayar Apple untuk memprioritaskan perangkat lunak dalam hasil pencarian.

Iklan perangkat lunak akan muncul di atas halaman saat pengguna memasukkan istilah tertentu. Iklan pencarian di Maps akan bekerja dengan cara mirip.

Sebagai misal, restoran Meksiko dapat membayar Apple agar muncul lebih tinggi di daftar lokal saat orang menelusuri istilah seperti “taco” dan “ceviche”.

BACA JUGA:

Gurman menyebut, tes itu adalah bagian dari rencana Apple untuk secara signifikan memperluas pendapatan iklan. Apple ingin memaksimalkan kue iklan.

Gurman mengungkit nama Todd Teresi, wakil presiden yang bertanggung jawab atas bisnis iklan perusahaan. Divisi tersebut menghasilkan sekitar USD 4 miliar.

Pendapatan tahunan itu, diharapkan Teresi, bisa mengalami peningkatan cukup signifikan menjadi setidaknya USD 10 miliar setiap tahun dari waktu ke waktu.

Seperti biasa, Apple belum mengonfirmasi mengenai kabar kehadiran fitur pencarian iklan di Apple Maps. Apple belum memberi respons permintaan komentar.

Apple saat ini sedang bersiap untuk menghadirkan jajaran iPhone 14 ke publik. Kabarnya, iPhone 14 bakal secara resmi meluncur pada 7 September 2022. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0