Aplikasi Waymap Bantu Tunanetra Akses Angkutan Umum

Telset.id, Jakarta – Sebuah aplikasi bernama Waymap akan debut di stasiun kereta bawah tanah di Washington, Amerika Serikat. Aplikasi ini ditujukan untuk membantu tunanetra mengakses angkutan umum , dengan memperluas pilihan perjalanan lewat petunjuk audio langkah demi langkah akurat.

Dikutip Telset dari Reuters, Selasa (24/5/2022), akurasi Waymap hingga 0,9 meter. Aplikasi tersebut tidak menggunakan GPS dan tanpa butuh sinyal atau WiFi.

Waymap memuat data pemetaan terperinci ke smartphone dan menggunakan sensor gerak untuk membimbing pengguna tunanetra ke arah yang tepat.

“Mobilitas bukanlah kemewahan. Mobilitas adalah hak asasi manusia. Waymap memiliki akurasi tepat,” kata pendiri sekaligus CEO Waymap, Tom Pey.

Baca juga: Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Video Terbaik Android 2022, Gratis!

Tunanetra sering menggunakan sejumlah kecil rute dari rumah. Mereka mengandalkan memori untuk berkeliling dan cenderung kurang percaya diri.

“Alih-alih 2,5 rute, tunanetra bisa mempunyai 25 rute, bahkan 250 rute menggunakan Waymap. Saatnya tunanetra hidup lebih mandiri,” tambah Pey.

Waymap membuat tunanetra tidak harus bergantung kepada keluarga maupun teman. Mereka pun bisa bebas menggunakan transportasi umum.

Waymap akan hadir secara bertahap dengan sasaran awal 30 stasiun kereta dan hampir 1.000 halte sampai September 2022.

Akankah Wapmap Hadir di Indonesia?

Belum ada penjelasan dari Pey, apakah Waymap bakal disebarluaskan ke seluruh dunia, termasuk Tanah Air. Bisa jadi Waymap hadir di Indonesia.

“Waymap adalah bagian dari misi kami untuk membuat sarana transportasi semakin ramah semua lapisan masyarakat, khususnya tunanetra,” kata Pey.

Baca juga: Pengguna TikTok Kini Bisa Kasih Kredit ke Kreator Favorit

Pey berharap orang tanpa cacat visual juga akan menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu memperbaiki arah dan meningkatkan akurasi peta.

Sayang, tidak ada penjelasan dari Pey apakah aplikasi Waymap sudah ada di semua sistem operasi, khususnya iOS untuk gawai Apple dan Android.

Melihat sistem yang berjalan, kemungkinan besar aplikasi Waymap memang hadir untuk para pengguna perangkat berbasis iOS serta Android.

Kalau aplikasi Waymap segera hadir di perangkat bersistem operasi iOS dan Android, tunanetra di Indonesia kemungkinan bisa mengaksesnya.

Dengan begitu, tunanetra di Indonesia bisa mendapatkan kemudahan dalam mengakses angkutan umum tanpa lagi butuh bantuan dari orang lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0