10 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android, Cocok untuk Vlogger

aplikasi Edit Video terbaik Android
10 Aplikasi Edit Video Android

Telset.id – Aplikasi edit video Android yang terbaik akan sangat cocok buat Anda seorang kreator konten atuapun vlogger yang mengandalkan sebuah smartphone saja. Saat ini ponsel pintar sudah memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah melakukan editing video.

Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila di Google Play Store sudah banyak bertebaran aplikasi edit video untuk Android.

Jika sebelumnya stigma editing video hanya bisa dilakukan di PC, sekarang sudah terbantahkan. Anda bisa berkreasi merangkai video langsung melalui perangkat smartphone Anda.

Proses editing video melalui smartphone biasanya bisa dilakukan lebih simpel. Dengan aplikasi edit video terbaik berikut ini, Anda bisa dengan cepat mengunggah hasil video ke channel YouTube.

Aplikasi Edit Video Terbaik di Android

Sebenarnya sangat banyak aplikasi edit video Android yang tersedia di Play Store. Daripada Anda bingung memilihnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang nantinya bisa Anda gunakan untuk melakukan editing.

{Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Edit Video di PC Terbaik 2020}

So, langsung saja berikut ini adalah rekomendasi 10 aplikasi edit video terbaik untuk Android. Simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. VivaVideo

aplikasi Edit Video terbaik Android VivaVideo
VivaVideo

VivaVideo menawarkan sederet fitur yang sebelumnya hanya ditemukan di aplikasi video editor premium. Setidaknya ada 60 efek video yang dapat diunduh gratis untuk kemudian diterapkan secara real-time berkat dukungan mode rekam langsung dari kamera, termasuk jenis video storyboard.

Sedangkan pada mode “Capture”, Anda bisa membuat video dengan kecepatan sesuai selera. Bisa slow motion dengan kecepatan 1/4 hingga 1/2 kali atau fast forward dengan kecepatan 2 hingga 4 kali. Anda juga bisa menambahkan efek gambar pada video tersebut.

Sayangnya, untuk versi gratis akan ada watermark dalam video yang Anda edit. Untuk menghilangkan watermark tersebut, Anda harus membeli versi Pro dengan harga Rp 43.000.

2. KineMaster

aplikasi Edit Video terbaik Android Kinemaster
Kinemaster

Aplikasi edit video terbaik di Android berikutnya ada KineMaster. Dari segi tampilan, KineMaster memiliki user interface yang cukup simpel dan mudah dipahami.

Fitur-fiturnya juga kebanyakan mirip dengan aplikasi editing di komputer. Seperti cut-to-cut, menambahkan filter, efek, audio, transisi dan lain sebagainya.

{Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Suara Terbaik di Android, Bisa di Laptop}

Tetapi mirip dengan VivaVideo, Anda juga bakal “diganggu” dengan watermark pada video yang Anda buat. Untuk menghilangkannya, Anda perlu berlangganan layanan premium terlebih dahulu.

3. Adobe Premiere Clip

aplikasi Edit Video terbaik Android Adobe Premiere Clip
Adobe Premiere Clip

Pastinya Anda sudah sangat familiar dengan nama Adobe Premiere untuk PC atau laptop. Nah, kini aplikasi editing tersebut tiba di perangkat mobile dengan nama Adobe Premiere Clip.

Berbagai fitur bisa Anda nikmati, seperti cut to cut video, menambahkan transisi dan juga audio, filter, musik dan efek-efek agar video yang Anda edit jadi lebih menarik.

Aplikasi edit video terbaik ini tersedia secara gratis untuk pengguna Android dan iOS. Namun sayangnya, aplikasi ini memiliki penggunaan waktu yang terbatas saat digunakan untuk mengedit per harinya.

4. FilmoraGo

aplikasi Edit Video terbaik Android Filmorago
FilmoraGo

FilmoraGo juga merupakan versi mobile dari aplikasi Filmora yang sebelumnya tersedia untuk platform Windows. Aplikasi ini dibuat oleh Wondershare Technology.

Menurut kami, FilmoraGo memiliki tampilan antarmuka yang cukup simpel dan bakal cepat dipahami pengguna. Aplikasi Android FilmoraGo juga menyediakan fitur editing video pada umumnya.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Instagram, Gratis!}

FilmoraGo menyediakan berbagai efek dan transisi menarik yang bisa dipilih sesuai selera. Selain itu, aplikasi ini menyediakan frame yang disesuaikan dengan sosial media, seperti Instagram yang berbentuk portrait atau YouTube dengan video landscape.

FilmoraGo bisa Anda unduh secara gratis dan sudah tersedia di Google Play Store.

5. Power Director

aplikasi Edit Video terbaik Android Power Director
Power Director

Aplikasi ini sebelumnya sudah dikenal oleh para editor di PC atau laptop. Kini Power Director merambah ke platform mobile dan semakin memudahkan pengguna.

Selain memiliki fitur editing dasar seperti cut-to-cut, menambahkan transisi dan sebagainya, aplikasi ini menyediakan tambahan banyak efek yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Menariknya lagi, Power Director dapat mengakomodir kebutuhan pengguna yang membuat video dengan menggunakan aplikasi green screen.

6. InShot

aplikasi Edit Video terbaik Android InShot
InShot

Buat Anda yang ingin edit video simpel dan cepat langsung dari smartphone Android, Anda bisa langsung mengunduh aplikasi InShot secara gratis di Google Play Store.

Aplikasi edit video Android tanpa watermark ini bisa digunakan untuk memotong video, menambahkan musik, menambahkan efek dan juga menyematkan filter. Selain itu terdapat fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan sticker pada video yang tengah dibuat.

7. Quick

aplikasi Edit Video terbaik Android Quik
Quik

Seperti namanya, Quick bisa diandalkan untuk mengedit video dengan simpel dan cepat melalui smartphone. Saking cepatnya, video yang Anda miliki dapet diedit secara otomatis.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto ‘Kekinian’ yang Wajib Dicoba}

Untuk bisa edit video secara otomatis, Anda terlebih dahulu harus memilih template yang sudah tersedia. Meski bisa edit video secara otomatis, di aplikasi ini Anda juga tetap melakukan editing secara manual.

Dengan melakukan editing secara manual, Anda bisa menambahkan musik, efek dan filter sesuai yang Anda inginkan.

8. Magisto

aplikasi Edit Video terbaik Android Magisto
Magisto

Aplikasi edit video terbaik untuk Android lainnya adalah Magisto. Aplikasi ini memudahkan para penggunanya untuk melakukan editing terhadap berbagai macam video.

Ketika aplikasi ini baru selesai diunduh dalam ponsel, pengguna harus melakukan login melalui Facebook terlebih dahulu.

Melalui aplikasi Magisto Video Editor ini, para pengguna dapat melakukan penggabungan beberapa video. Video yang digunakan dapat langsung diambil dengan menggunakan aplikasi ini ataupun mengambil video yang sudah tersimpan di album foto.

Selain video yang tersedia di album foto, pengguna juga dapat menggabungkan beberapa foto yang ada dengan mudah.

9. FXGuru : Movie FX Director

aplikasi Edit Video terbaik Android FX Guru
FX Guru

Ada yang seru di aplikasi edit video Android terbaik yang satu ini, mengedit video semakin menyenangkan karena menawarkan efek-efek visual seperti yang ada dalam film horor, action, atau film robot super.

Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur, yang utama dalam fiturnya adalah 8 efek karakter seram yang dapat disematkan di koleksi video Anda sehingga benar-benar tampak seperti penampakan atau fenomena menyeramkan. Aplikasi ini pas sekali untuk yang ingin seru-seruan.

10. Video Show

aplikasi Edit Video terbaik Android Video Show
Video Show

Aplikasi edit video Android yang terakhir adalah VideoShow. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang ingin membuat film menyenangkan dengan menggunakan perangkat Android Anda.

Aplikasi ini akan mengambil video pada perangkat dan menerapkan filter yang berbeda, misalnya profil warna bergaya Instagram.

Hasil akhirnya Anda dapat memiliki efek lebih hangat atau dingin, atau beralih ke nada sepia atau hitam dan putih. Anda juga dapat menggunakan VideoShow untuk menambahkan subjudul ke video, atau untuk mengubah audio.

Cukup pilih opsi yang sesuai saat Anda memutar video dari dalam editor lalu terapkan perubahan yang Anda pilih.

Setelah selesai mengedit video, Anda dapat mengekspornya dengan kualitas yang sama seperti asli atau memampatkan untuk menghemat ruang. Tentu saja kualitas video akan berkurang namun akan lebih mudah untuk dibagi dengan orang lain.

Itu dia rekomendasi 10 aplikasi edit video Android yang bisa Anda gunakan untuk berkreasi membuat video. Aplikasi mana yang jadi favorit Anda, sob? (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here