Pengguna TikTok Kini Bisa Kasih Kredit ke Kreator Favorit

Telset.id, Jakarta – TikTok meluncurkan fitur yang dapat dipakai pengguna untuk memberikan kredit kepada kreator favorit. Dalam hal ini yang dianggap menginspirasi videonya.

Dilansir Telset dari Engadget pada Kamis (19/5/2022), selama ini pengguna TikTok dapat membuat video yang terinspirasi dari video lain. Misalnya video tarian lelucon, meme atau dubbing yang mengambil audio dari konten kreator lain.

Lalu biasanya ada pengguna yang memberikan tag atau menandai kreator pemilik konsep video tersebut, sebagai bentuk apresiasi karena videonya unik dan menghibur. Akan tetapi, ada juga yang tidak.

Baca juga: Kreator TikTok Bisa Dapat Uang dari Iklan, Begini Syaratnya

Namun baru-baru ini TikTok memberikan cara baru untuk mengapresiasi kreator, yakni dengan menghadirkan fitur Give Credit to a Video. Dengan fitur ini TikTok mendorong agar pengguna memberikan kredit untuk kreator yang ditiru konsep videonya oleh mereka.

Fitur yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan ini akan memungkinkan Anda untuk memberikan apresiasi ke kreator.

“Hari ini, kami memperkenalkan alat baru untuk lebih memungkinkan kredit bagi pembuat konten dan atribusi yang adil untuk komunitas pembuat konten dan pembuat konten kami,” kata Direktur Komunitas Kreator TikTok Kudzi Chikumbu.

Cara kerja fitur ini cukup mudah. Setelah Anda membuat atau mengedit TikTok, Anda akan melihat ikon “Video” di halaman posting.

Ketuk ikon tersebut dan Anda akan dapat memilih video yang telah Anda favoritkan, sukai atau yang memiliki suara yang sama dengan video TikTok yang Anda buat.

Setelah memilih video, TikTok akan memunculkan fitur “Give Credit” yang berisi penjelasan mengenai fitur tersebut. Apabila setuju silakan klik “Continue” dan kredit pun akan diberikan kepada kreator.

Bentuknya dengan menandai kreator di deskripsi video, dan kreator akan mendapatkan notifikasi sehingga mengetahui kalau mereka dapat apresiasi dari pengguna lain.

Fitur Kredit Video TikTok
Tampilan fitur Give Credit (Sumber Foto: Engadget)

Menurut Kudzi Chikumbu, fitur ini merupakan upaya TikTok untuk mendukung para kreator. Harapannya kreator bisa lebih dikenal berkat karya-karya unik yang mereka buat.

Baca juga: Ada Tombol Dislike di TikTok, Buat Atasi Komentar Nyinyir

“Fitur-fitur ini merupakan langkah penting dalam komitmen berkelanjutan kami untuk berinvestasi dalam sumber daya dan pengalaman produk yang mendukung budaya kredit, yang penting untuk memastikan TikTok tetap menjadi rumah bagi ekspresi kreatif,” ujar Kudzi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0