10 Aplikasi Screen Recorder PC Terbaik 2021, Gratis!

Telset.id, Jakarta – Bila Anda ingin merekam berbagai aktivitas di PC atau laptop, termasuk gameplay dari game yang Anda mainkan, Anda wajib punya aplikasi screen recorder untuk PC.

Aplikasi sejenis ini memang tak sepopuler aplikasi screenshot untuk PC atau laptop. Namun demikian, screen recorder terbaik PC ini sangat berguna untuk berbagai keperluan.

Misalnya saja, Anda ingin memulai membuat channel YouTube yang berisi video-video tutorial, gameplay dari game terbaru dan menarik, dan lain sebagainya. Anda tentu membutuhkan aplikasi screen recorder terbaik untuk PC.

Nah, kali ini tim Telset akan membagikan rekomendasi aplikasi screen recorder PC terbaik dan gratis yang bisa Anda gunakan. Penasaran? Yuk simak selengkapnya!

{Baca juga: 10 Aplikasi Screen HP Android Terbaik dan Gratis!}

1. Xbox Game Bar

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis
Xbox Game Bar

Sistem operasi Windows 10 mempunyai aplikasi bawaan yang bertugas untuk dapat merekam aktivitas di layar. Aplikasi ini bernama Xbox Game Bar yang memudahkan pengguna untuk rekam gameplay dari game PC yang dimainkan.

Meski begitu, Xbox Game Bar juga bisa dimanfaatkan untuk merekam aktivitas layar selain game. Misalnya, Anda ingin membuat tutorial tertentu di PC Windows 10, Anda bisa mencoba Xbox Game Bar.

Cara untuk memakainya, tekan saja tombol Windows G. Kemudian, tekan tombol Record di bagian atas layar. Mudah kan?

2. Bandicam Screen Recorder

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis
Bandicam Screen Recorder

Bandicam menjadi salah satu aplikasi screen recorder PC yang populer. Ada berbagai fitur lain yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan bandicam, seperti merekam 4K hingga framerate dan bitrate yang tinggi.

Tak cukup, Bandicam juga punya fitur kompresi video yang membuat file hasil rekaman berukuran lebih kecil. Anda juga dapat menampilkan wajah dengan menggunakan webcam ketika proses perekaman layar terjadi.

Namun sayangnya, jika Anda menggunakan Bandicam gratisan, akan ada watermark yang tampil di video. Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah berlangganan versi premium.

{Baca juga: Cara Rekam Game di Windows 10, Tanpa Download Aplikasi!}

3. Open Broadcaster

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis tanpa watermark
Open Broadcaster Software / OBS Studio (Foto: Tech Advisor)

Anda mencari aplikasi screen recorder PC tanpa watermark? Anda bisa menggunakan aplikasi Open Broadcaster dari OBS Studio.

Aplikasi yang juga dikenal sebagai OBS Studio ini bersifat open source dan multiplatform, sehingga Anda bisa memasangnya di Windows, macOS, maupun Linux.

Jika Anda seorang streamer game, Anda juga bisa memanfaatkan OBS Studio untuk melakukan live streaming sambil menampilkan wajah menggunakan kamera laptop atau webcam. Menarik kan?

4. Action!

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis
Action! (Foto: Mirillis.com)

Selanjutnya, aplikasi screen recorder PC yang gratis adalah Action!. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekan video layar dengan resolusi maksimal HD maupun melakukan live streaming.

Format video yang dihasilkan oleh aplikasi satu ini adalah MP4 dan AVI. Jadi, pastinya bisa langsung Anda edit videonya melalui aplikasi Adobe Premiere Pro maupun aplikasi lainnya.

Selain itu, Action! pun bisa digunakan sebagai aplikasi untuk mengambil screenshot. Cocok banget nih untuk digunakan oleh Anda yang ingin membuat gambar maupun video tutorial.

{Baca juga: 7 Cara Jitu Mengatasi Start Menu Windows 10 yang Sering Error}

5. XSplit Gamecaster

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis
XSplit Gamecaster

Sesuai namanya, aplikasi XSplit Gamecaster adalah salah satu aplikasi screen recorder PC terbaik dan populer untuk merekam gamepkay dari game yang dimainkan oleh Anda.

Jika Anda seorang streamer, aplikasi ini menawarkan fitur live streaming yang bisa Anda andalkan. Hebatnya, XSplit Gamecaster tidak akan menghambat jalannya permainan. Game yang Anda mainkan akan tetap lancar dan stabil tanpa mengalami penurunan FPS yang berarti.

Gak cukup itu saja. Aplikasi XSplit Gamecaster pun punya fitur editing video bawaan. Anda bisa langsung menyunting video hasil rekaman dalam aplikasi yang sama. Mudah kan?

6. DXTory

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis
DXTory (Foto: YouTube/DogeKami)

Aplikasi screen recorder gratis untuk PC Windows 10 rekomendasi kami adalah DXTory. Aplikasi ini terbilang ringan, dan punya UI yang cukup sederhana.

Meski demikian, pengaturan di dalamnya sangat mudah. Anda bisa merekam video tutorial ataupun gameplay dengan lancar tanpa hambatan.

DXTory juga sudah mendukung perekaman dua audio secara bersamaan. Suara dari aplikasi atau game yang Anda jalankan bisa digabungkan dengan suara Anda. Menarik gak?

{Baca juga: Cara Mengatasi Windows 10 Crash, Panduan Lengkap 2021}

7. Debut Video Capture

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis
Debut Video Capture (Foto: Techradar)

Aplikasi screen recorder untuk PC berikutnya adalah Debut Video Capture. Aplikasi yang dikembangkan oleh NCH Software ini menawarkan fitur perekaman layar yang berlimpah.

Menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memilih opsi perekaman layar fullscreen atau area tertentu saja, mengatur resolusi video, frame rate, time lapse, dan masih banyak lagi. Pokoknya lengkap!

Memang tampilan aplikasi screen recorder terbaik PC ini “kurang meyakinkan” karena terlihat jadul. Namun Anda bisa memanfaatkan beragam fitur di dalamnya untuk membuat konten video tutorial dan lain sebagainya.

8. TinyTake

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis
TinyTake

Aplikasi screen recorder PC yang terbaik dan juga gratis adalah TinyTake. Aplikasi ini disematkan berbagai fitur yang bermanfaat untuk Anda.

Anda dapat merekam seluruh tampilan layar atau area tertentu saja. Anda juga bisa melakukan zoom in/zoom out, dan masih banyak lagi fitur yang dapat dipakai.

Tapi, ada satu kekurangan yang mungkin ganggu banget. Tersedia secara gratis, TinyTake hanya bisa merekam layar dengan durasi 5 menit saja. Anda harus membeli versi premium agar dapat merekam sampai 2 jam.

9. WM Capture

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis
WM Capture

WM Capture masuk ke dalam rekomendasi aplikasi screen recorder terbaik untuk PC. Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menjadwalkan kapan perekaman layar di PC atau laptop dimulai.

Yup! Anda bisa menggunakan fitur bernama Schedule Recording untuk menjadwalkan aktivitas perekaman layar sesuai keinginan.

Jadi, aplikasi screen recorder ini akan memulai secara otomatis rekaman layar di PC atau laptop Windows 10 Anda. Menarik ya?

{Baca juga: Begini Cara Main Game Xbox One di Windows 10}

10. ShareX

Aplikasi Screen Recorder PC Windows 10 Terbaik Gratis Tanpa Watermark
ShareX

Last but not least, ada ShareX. Aplikasi ini merupakan software screen recorder untuk PC terbaik dan tanpa watermark. Anda juga bakal disuguhi fitur yang berlimpah jika menggunakannya.

Seperti aplikasi Android, screen recorder untuk PC Windows 10 yang satu ini pun memungkinkan Anda untuk merekam layar tanpa durasi dan menyimpannya ke dalam format GIF.

Nah, itu tadi rekomendasi aplikasi screen recorder untuk PC terbaik dan gratis yang bisa Anda gunakan. Aplikasi perekaman layar di atas juga beberapa di antaranya tidak menampilkan watermark dan menawarkan beragam fitur-fitur unggulan.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat menggunakannya! (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -