Google Hapus Aplikasi Populer Remove China Apps

Aplikasi Remove China Apps

Telset.id, Jakarta – Google menghapus aplikasi seluler India bernama Remove China Apps yang memungkinkan pengguna untuk menghapus aplikasi buatan China dari smartphone Android. Menurut Google, praktik itu jelas melanggar kebijakan perusahaan.

Aplikasi Remove China Apps tersebut bersifat gratis dan sedang populer di kalangan pengguna Android di India. Menurut laporan Reuters, aplikasi itu telah diinstal lebih dari lima juta kali sejak akhir Mei 2020.

Seperti dikutip Telset.id, Kamis (04/06/2020), popularitas aplikasi Remove China Apps meningkat di tengah seruan untuk memboikot aplikasi buatan China di India selama sengketa perbatasan Himalaya antara kedua negara.

{Baca juga: Penyebab Wallpaper “Mematikan” yang Bikin HP Android Rusak}

Seorang juru bicara Google mengonfirmasi bahwa aplikasi aplikasi kontroversial tersebut memang telah dihapus dari Play Store. Ia menyebut, keberadaannya jelas melanggar kebijakan ketat yang ditetapkan Google.

Sumber anonim mengatakan, aplikasi tersebut melanggar kebijakan Google yang melarang aplikasi menyesatkan pengguna untuk menghapus, menonaktifkan, atau memodifikasi pengaturan aplikasi pihak ketiga.

{Baca juga: Fitur Ini Bantu Hapus Postingan Lawas dan Memalukan di Facebook}

Aplikasi ini dapat memindai perangkat pengguna, dan menemukan aplikasi-aplikasi buatan China, seperti TikTok dan UC Browser Alibaba. Setelah dihapus, sebuah pesan muncul dengan isi “Kamu luar biasa. Tidak ada aplikasi China yang ditemukan.”

OneTouch AppLabs, yang mengembangkan aplikasi itu, tidak menanggapi permintaan komentar. Di situs resmi, OneTouch AppLabs membenarkan bahwa aplikasi telah dihapus. Perusahaan berterima kasih kepada pengguna atas segala dukungan. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here