10 Aplikasi Media Sosial Terpopuler di Dunia, Paling Banyak Digunakan!

Telset.id – Aplikasi media sosial atau medsos sudah menjadi kebutuhan manusia saat ini untuk berkomunikasi, mencari informasi, mendapatkan hiburan, bahkan menjadi lahan mata pencaharian. Tapi tahukah Anda, medsos paling populer di dunia?

Penelitian We Are Social 2020 menemukan rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna Indonesia usia 16-64 dalam mengakses media sosial mencapai 3 jam 26 menit sehari.

Penetrasi pengguna media sosial pun terus meningkat termasuk Indonesia. Menurut laporan We Are Social 2020, kini ada 59% dari 272,1 juta total penduduk Indonesia yang merupakan pengguna media sosial.

Baca Juga: Ini 10 Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia, “Cobain Kuy!!”

Angka ini meningkat lebih dari 8,1% atau setara dengan lebih dari 12 juta pengguna dari April 2019. Sekarang Indonesia mempunyai 160 juta pengguna aktif media sosial yang 99% penggunanya mengakses media sosial melalui ponsel pintar.

Media sosial sering digunakan untuk mengekspresikan diri dengan suatu karya berupa tulisan, foto, dan video. Nah, berikut ini daftar media sosial paling populer dan paling banyak digunakan di dunia.

1. YouTube

aplikasi media sosial

Nama YouTube sangat popular di dunia, bahkan mungkin hamper tidak ada orang di dunia yang tidak tahu tentang YouTube. Aplikasi berbagi video ini digemari jutaan orang di dunia karena bisa saling berbagi video.

Aplikasi milik Google ini memungkinkan orang untuk mengirimkan video yang mereka buat untuk ditayangkan di channel YouTube. Setiap orang harus memiliki akun untuk bisa memposting video di channel YouTube mereka.

Bahkan menurut data yang dikutip dari Katadata, Youtube menjadi platform yang paling sering digunakan pengguna media sosial di Indonesia berusia 16 hingga 64 tahun. Persentase pengguna Internet yang mengakses Youtube mencapai 93,8%.

2. WhatsApp

aplikasi media sosial

Aplikasi media sosial paling sering digunakan selanjutnya adalah WhatsApp. Sama seperti YouTube, aplikasi ini sangat populer di Indonesia dan penggunanya juga sangat banyak, mencapai 2 miliar. Aplikasi sosmed terpopuler yang sering disingkat WA ini disukai karena mudah digunakan dan gratis.

Untuk menggunakan aplikasi media sosial chatting ini, Anda hanya membutuhkan koneksi internet saja tanpa harus membayar keanggotaan atau lainnya. Persentase pengguna yang mengakses WhatsApp di Indonesia mencapai 84% populasi.

{Baca Juga: Whatsapp Web: Cara Menggunakan di Browser, Hingga Video Call Rame-rame}

3. TikTok

Aplikasi media sosial

TikTok merupakan aplikasi video singkat yang dilengkapi dengan berbagai filter, musik, dan fitur lainnya. Selain bisa menikmati video-video, aplikasi sosmed terbaru ini juga menjadi tempat orang untuk menciptakan dan membagikan video.

Saat ini TikTok menjadi aplikasi media sosial paling populer di dunia dengan pertumbuhan pesat baik berdasarkan unduhan di Google Play Store maupun App Store. Berdasarkan riset Sensor Tower kuartal kedua 2020, TikTok telah diunduh lebih dari 300 juta pengguna pada kuartal pertama dan kedua tahun 2020.

Baca juga: 10 Situs Jual Beli Barang Bekas Online Terbaik 2021, Cepat Laku!

4. Facebook

aplikasi media sosial

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Facebook menjadi salah satu pelopor media sosial yang menjadi tempat untuk banyak orang saling berbagi melalui teks, video, dan foto.

Facebook tetap populer sejak tahun 2004 karena fitur-fiturnya yang mudah digunakan untuk saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Laporan Facebook kuartal kedua 2020 mengatakan pengguna aktif bulanan Facebook mencapai lebih dari 2,7 miliar.

5. Instagram

aplikasi media sosial

Medsos paling populer di dunia berikutnya adalah Instagram dengan pengguna aktif lebih dari satu miliar per bulan. Berdasarkan penelitian We Are Social 2020, Instagram merupakan platform visual terbesar saat ini. Instagram menjadi tempat untuk menyampaikan pesan melalui foto dan video yang kreatif.  

Pengguna bisa mengambil foto dan/atau video, mengeditnya dengan berbagai tools dan filter, lalu mengunggahnya sekaligus di sosial media terpopuler ini. Instagram juga memiliki fitur Instagram Story yang mudah digunakan untuk menangkap momen dalam video singkat.

Baca juga: 10 Aplikasi Dokter Terbaik 2021, Bisa Cek Kesehatan Gratis!

6. Twitter

Aplikasi media sosial populer

Aplikasi media sosial yang satu ini juga sangat banyak digunakan. Bahkan Indonesia sempat mendapat julukan “negara Twitter”. Aplikasi microblogging ini seperti mengakomodir kegemaran orang Indonesia untuk “ngerumpi” atau nongkrong sambil ngobrol di dunia maya.  

Di sini, pengguna bisa mengirimkan atau membaca pesan teks hingga 200 karakter ataupun yang lebih sering disebut dengan tweet atau kicauan. Pengguna juga share artikel dari media online di dalam tweet-nya. Menurut data hasil survei yang dirilis We Are Social, orang Indonesia yang menggunakan Twitter mencapai 78 juta orang.

7. Line

Aplikasi media sosial populer

Aplikasi media sosial asal Jepang ini cukup populer di Indonesia. Mirip dengan WhatsApp, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk berkomunukasi via chatting, baik sendiri maupun grup.

Selain chatting, pengguna Line juga bisa berbagi foto dan video pendek. Tapi yang paling membuat aplikasi media sosial ini popular di kalangan anak muda, karena adanya fitur stiker yang lucu dan menarik, yang bisa dibikin sendiri oleh penggunanya.

Baca juga: Rekomendasi 13 Aplikasi untuk Presentasi, Alternatif Selain PowerPoint

8. LinkedIn

Aplikasi media sosial populer

LinkedIn memiliki karakteristik yang berbeda dengan aplikasi media sosial sebelumnya, karena biasanya digunakan oleh para professional untuk urusan yang “lebih serius”. LinkedIn mengklaim sebagai jaringan profesional terbesar di dunia.

Banyak orang kantoran atau professional yang menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan data tentang dunia kerja. Anda bisa melihat profil pekerjaan seseorang yang mungkin akan direkrut ke perusahaannya. Anda juga bisa memanfaatkan LinkedIn untuk mendapatkan peluang pekerjaan baru, atau hanya sekedar memperluas jaringan hubungan profesional

9. Snapchat

Aplikasi media sosial

Snapchat merupakan aplikasi pesan mobile yang unik di mana pengguna dapat saling berkirim video dan foto yang kemudian secara otomatis akan terhapus dalam beberapa detik. Pengguna juga dapat membuat video atau foto menjadi lebih kreatif dengan menambahkan teks atau coretan pensil.

Video atau foto tersebut bernama Snap yang kemudian dapat dikirimkan ke teman yang ada di dalam kontak. Riset We Are Social 2020 mendapati pengguna Snapchat mencapai lebih dari 300 juta per bulannya.

10. Likee

Aplikasi media sosial

Aplikasi media sosial paling populer di dunia lainnya adalah LIkee, platform pembuatan video pendek terkemuka asal Singapura di bawah naungan BIGO Technology Pte., Ltd. Berdiri tahun 2017, Likee memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam membuat video kreatif karena memiliki lebih dari 2.000 efek video.

Baca juga: 12 Aplikasi Edit Suara Terbaik di Android, Fiturnya Melimpah!

Likee telah tersedia di Google Play Store dan AppStore di lebih dari 200 negara dan kawasan, termasuk Indonesia, Rusia, Cina, Amerika Serikat, dan Brazil. Hingga saat ini Likee telah memiliki lebih dari 150 juta total pengguna di seluruh dunia.

Nah, itulah tadi aplikasi media sosial terpopuler dan yang paling banyak digunakan. So, dari macam-macam media sosial di atas, Anda pakai yang mana saja? (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0