Ada Fitur Jadul Samsung di Android Q, Seperti Apa?

Screen Attention
Foto: Digital Trends

Telset.id, Jakarta – Ada “fitur lawas” Samsung dan Motorola yang dihadirkan Google di sistem operasi Android Q. Fitur itu adalah Screen Attention, seperti apa?

Dikutip dari XDA Developers, seperti dilansir Telset.id pada Sabtu (08/06/2019), fitur tersebut pada awalnya bernama Adaptive Sleep di Android Q Beta 3.

Fitur ini menggunakan kamera depan smartphone untuk mengetahui apakah pengguna sedang melihat layar atau tidak.

{Baca juga: Resmi Dirilis, Ini 3 Fitur Baru Paling Menarik di Android Q}

Apabila terdeteksi sedang melihat layar, maka layar akan tetap menyala. Sebaliknya, jika tidak melihat layar, maka layar smartphone otomatis akan mati.

Seperti familiar dengan fitur ini? Ya, karena fitur Screen Attention mirip dengan fitur Smart Stay ala Samsung atau Attentive Display ala Motorola, yang secara efektif membuat baterai smartphone jauh lebih tahan lama.

{Baca juga: Ini Smartphone Xiaomi dan Nokia yang Adopsi Android Q}

Bagi pengguna yang telah memiliki Android Q Beta 4, cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Akses saja SettingsDisplayScreen Attention. Dilaporkan, Google juga sedang mempertimbangkan untuk menyediakan Screen Attention untuk sebagian besar smartphone, tidak terbatas hanya seri Google Pixel saja.

Versi stabil dari Android Q sendiri akan dirilis pada Agustus atau September 2019 mendatang. Google pun akan merilis beberapa pembaruan Android Q Beta ke lebih banyak smartphone selain Pixel, beberapa di antaranya adalah Nokia 8.1, Xiaomi Mi 9, dan Xiaomi Mi Mix 3 5G. (FHP)

Sumber: PhoneArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here