Resmi Dirilis, Ini 3 Fitur Baru Paling Menarik di Android Q

Telset.id, Jakarta – Dalam perhelatan Google I/O Developer Conference 2019, Google memperkenalkan sistem operasi Android Q. Kabarnya akan ada aneka fitur baru Android Q, dan memperbaiki yang sudah ada.

Dilansir Telset.id dari GSM Arena pada Rabu (08/05/2019), ada tiga fitur baru yang paling menarik dihadirkan Android Q, yakni Live Caption, Smart Reply, dan Dark Mode.

Apa saja kelebihan dari ketiga fitur tersebut? Berikut ini ulasan singkatnya:

1. Live Caption

Fitur terbaru yang pertama adalah Live Caption. Fitur ini sangat membantu bagi pengguna yang mengalami gangguan pendengaran. Melalui fitur ini setiap konten video ataupun audio akan otomatis menampilkan teks suara yang bisa dibaca.

Fitur ini akan otomatis berfungsi untuk semua perangkat dalam Android baik itu video, podcast ataupun pesan suara.  Adapun fitur Live Caption bisa digunakan tanpa memerlukan internet ataupun paket data.

{Baca juga: Android Sah Jadi OS Terpopuler di Dunia}

2. Smart Reply

Fitur kedua adalah Smart Reply. Fitur yang didukung oleh mesin pembelajaran ini, memberikan saran yang bermanfaat untuk balasan pesan dan mengindentifikasi pesan tersebut.

Misalnya, jika Anda ingin menelusuri alamat yang tertulis dalam pesan, Anda dapat mengetuk notifikasi untuk langsung ke Google Maps.

3. Dark Mode

Kemudian ketiga, fitur Dark Mode juga akan hadir di Android Q. Dark Mode akan otomatis berfungsi ketika Anda mengaktifkan penghemat baterai.

Fitur Dark Mode tidak hanya mengubah UI System menjadi gelap tapi juga mengaktifkan Dark Mode bagi aplikasi yang mendukung fitur tersebut.

Pengembang aplikasi juga dapat ikut serta dalam fitur Force Dark terbaru yang memungkinkan Android secara otomatis membuat versi gelap dari tema aplikasi mereka.

{Baca juga: Pengguna Bisa Atur Waktu Aktivasi Dark Mode di Android Q}

Android Q juga memiliki 50 fitur baru yang berfokus pada keamanan dan privasi. Misalnya Anda akan mendapatkan kontrol  ketika ingin memberikan izin lokasi, dengan tiga opsi: Izinkan akses sepanjang waktu, Hanya saat menggunakan aplikasi, Atau tolak akses lokasi.

Android Q akan tiba dengan dukungan untuk perangkat yang bisa dilipat dan datang dengan dukungan built-in jaringan 5G.  Android Q versi beta baru akan tersedia hari ini untuk 21 ponsel dari 13 merek, termasuk semua seri Google Pixel. [NM/HBS]

Sumber: GSM Arena

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI