OPPO R5 (R8106)

SAMSUNG CSC“Bermodalkan Desain Tipis dan Bermaterialkan Logam, Ponsel ini Patut di Waspadai Brand Besar Lainnya, Pasalnya OPPO R5 Siap Melibas Siapa Saja”

Harga Rp 6.500.000

OPPO R5 merupakan smartphone dengan kontruksi cukup baik menurut kami. Pasalnya dengan dibalut material logam, dan memiliki bentuk yang tipis hanya 4.85mm. smartphone ini patut diwaspadai brand-brand besar, pasalnya ponsel asal negeri bambu ini siap melibas siapa saja. Untuk mengetahui lebih jauh tentang produk ini, baca ulasan kami di bawah ini.

Design

Kami tidak bisa menyangkal bahwa OPPO R5 adalah smartphone yang menurut kami memiliki konsep keindah  setidaknya untuk pandang dan digenggam. Tidak hanya bentuknya yang ramping, kami juga menyadari keindahan pada bingkai logamnya, dan di campur dengan warna putih pada desain depan. R5 terlihat sangat kokoh dan elegan maklum saja R5 sudah termasuk ponsel kelas premium.

Memiliki bodi tipis tentu ada beberapa yang harus dikorbankan, yakni bentuk kamera yang sedikit menonjol, meski ini bukan menjadi halangan tetap saja estetikanya agak kurang enak dilihat dan jika diletakan dimeja kamera jadi tumpuannya, bisa-bisa kaca kamera terbaret.

Tidak itu saja bodi tipisnya terpaksa mengorbankan slot jack audio 3,5 mm, dan tidak adanya slot memori eksternal. Kami juga tidak melihat adanya kisi-kisi untuk keluaran suara speaker, mungkin karena bentuknya sudah padat sehingga OPPO tidak memperhatikan kalau musik sangat penting.

Tetapi dengan ukuran 148,9 x 74,5 x 4.84 mm dan berat 155 gram, untuk Anda yang memiliki iPhone 6 sebaiknya jangan berbangga dulu, pengguna R5 sudah bisa di sejajarkan dengan ponsel Amerika dari sisi kontruksi desain.

Yang menarik buat kami, karena R5 sangat kokoh casisnya dibuat dari baja dan dipoles dengan halus, sampai-sampai iklan yang kami lihat R5 digunakan sebagai palu untuk menggentok paku, tidak itu saja pada iklan tersebut R5 juga sangat kuat ketika dilindas dengan ban mobil. Wow super sekali!

Untuk Anda yang memiliki iPhone 6 sebaiknya jangan berbangga dulu, pengguna R5 sudah bisa di sejajarkan dengan ponsel Amerika dari sisi kontruksi desain”

 Display

Untuk layar OPPO memiliki ukuran layar 5,2 inci dengn resolusi full HD 1920 x 1080 pixels yang menghasilkan kepadatan 423 ppi, mampu memberikan kita gambaran yang  jelas dan tajam. Sedangkan panelnya menggunakan teknologi Super AMOLED yang sama kualitasnya denga Galaxy S5. Teknologi ini memberikan kecerahan sehingga nyaman saat digunakan dibawah sinar matahari. Tetapi yang sedikit mengganggu kami ketika menggunakan auto brightness layar kadang-kadang menjadi redup sekali.

SAMSUNG CSC

“Layar Super AMOLED OPPO R5 mampu menyaingi brand seperti Samsung dengan Galaxy S5-nya”

Interface

Untuk interface R5 disokong dengan Android 4.4 KitKat, entah kapan dapat upgrade ke Lollipop 5.0. R5 juga dibekali dengan interface ColorOS UI, tidak seperti yang versi pertama, interface kali ini jauh lebih ringan dan nyaman digunakan.

Keunggulan interface bawaan OPPO adalah ketika perubahan pada leyer langsung tanpa ke menu terdahulu. Maka jika download suatu aplikasi, maka aplikasi tersebut langsung ke layer yang terus bertambah mengikuti banyaknya aplikasi yang kita download.

Tampak perbedaan lainnya terletak pada Gesture panel yang di pindahkan ke bagian bawah dengan menyapukan layar dari bawah ke atas, panel ini akan muncul.

Ada yang menarik dari Gesture control, saat layar dalam kondisi off, Anda tetap bisa mengakses aplikasi yang sudah didaftarkan dalam fitur ini. Contohnya dengan menggambar lingkaran, Anda langsung bisa mengakses kamera. Dengan menggambar bentuk ‘V’, Oppo R5 akan mengaktifkan flashlight secara otomatis. Anda bisa membuat gesture sendiri untuk mengakses berbagai aplikasi pilihan.

Lalu OPPO R5 bisa melakukan screenshot dengan menggeser tiga jari bersamaan di layar, atau cubit layar untuk merilis kamera, dan banyak lagi.

Opsi motion juga sangat bermanfaat menelungkupkan ponsel akan mensenyapkan dering, mendekatkan Oppo R5 yang tengah berdering otomatis menjawab telepon masuk, dan banyak lagi. Menu motion juga menawarkan Air Gesture di homescreen, Anda bisa menggeser halaman dengan cara menggerakkan tangan di atas layar, tanpa menyentuh layar.

Yang  tak kalah menarik adalah konsep one hand operation. Dengan menarik layar secara vertikal dari sudut kiri atau kanan bawah, interface akan mengecil menjadi sekitar 3/4 ukuran normal. Artinya, Anda bisa mengakses interface ponsel dalam ukuran yang lebih kecil. Posisinya bisa dipindah ke sudut kanan atau kiri sesuai selera.

Theme app pada ColorOS juga memungkinkan Anda mengganti tampilan ikon, folder, wallpaper dan lockscreen. Ada banyak sekali theme yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keperluan pengguna. Anda juga bisa mematikan nada dering hanya dengan membalikan ponsel, atau menjawab telpon masuk dengan cara mendekatkan ponsel ke telinga.

Hardware

Dengan bentuk desain yang super tipis, tentunya penempatan hardware menjadi lebih padat. Memiliki prosesor Snapdragon 615, model mid-range yang ada dari deretan Qualcomm dengan 64 bit. Memang saat ini ponsel premium banyak yang menggunakan deretan Snapdrogon 800, prosesor ini pernah digunakan oleh HTC One. Tetapi kalau melihat penilaian dari beberapa bechmark score yang dimiliki OPPO R5 masih tergolong lumayan. Seperti di Geekbench 3 memberikan kinerja  2600. Sedangkan Antutu Bechmark memberikan nilai 30399 dan untuk nenamark 2 score yang diperoleh 54.4 fps. Tidak kalah dengan ponsel yang sudah menggunakan Snapdragon 800.

Connectivity                                                                    

OPPO telah membuat beberapa pengorbanan untuk bisa menjadi setipis itu. Pertama Jack Audio 3,5 yang hilang. Untungnya  OPPO R5 juga sudah dilengkapi dengan koneksi 4G LTE-FDD. Untuk WCDMA R5 bisa berjalan di jaringan 850/900/1800/1900/2100. Selain memiliki koneksi WiFi dan Bluetooth, R5 dilengkapi dengan pemancar IR yang bisa digunakan untuk remote kontrol ke TV atau produk lainnya. Sayangnya meski tergolong ponsel premium OPPO R5 tidak dilengkapi dengan koneksi NFC.

SAMSUNG CSC

Camera

OPPO R5 memiliki kamera dengan resolusi yang cukup kuat. Ada kamera 13 megapixels di bagian belakang dengan diiringi Lampu flash LED dan kamera 5 megapixels di depan dengan kelebihan lensa hingga 83 derajat untuk selfie.

Terus terang untuk kamera OPPO R5 memang lebih banyak perhatian untuk pengguna selfie. Meski hasil foto kami lihat tidak terlalu luar biasa, terutama saat menembak saat pencahayaan sedikit suram. Masih lebih mending sih! Untuk detailnya jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S5 yang notabane-nya hanya 2 megapixels doang untuk kamera depan.

Kamera 13 Megapixels dibelakang, kami pikir cukup lumayan kalau saja tidak ada bug yang mengganggu. Mulai dari mode scane yang tidak jalan sampai dengan tampilan sementara (pratinjau) tidak bekerja dalam modus standar, meninggalkan layar hitam polos saat Anda menembak selfie. Kami pikir ini akan diperbaiki segera oleh OPPO.

OPPO R5 juga menyediakan fasilitas untuk berbagai kondisi, meski pilihannya tidak terlalu lengkap seperti Slow Shutter, Panorama, Colorful Night, Beautify, Ultra HD, Expert Mode (menawarkan Fokus secara manual). Anda juga diberikan pilihan untuk menambahkan berbagai macam fitur aplikasi tinggal pilih “Add Apps” saja.

Untuk pilihan resolusi Anda bisa menggunakan 13 MP (4:3), 10 MP (16:9), 3 MP (4:3), 2 MP (16:9). Pengaturan lain yang bisa diandalkan seperti Tap shutter, Timer dan Voice shot.

Meski sudah menggunakan sensor Sony Exmor IMX214 BSI dengan bukaan f/2.0. Jika dibandingkan  kamera sama dengan beberapa brand seperti Oneplus One, Xiaomi MI4, Google Nexus.

Video

Untuk video tidak jauh berbeda kita masih disuguhi gambaran yang seimbang, meskipun audio tidak begitu mengesankan jika dibandingkan iPhone 5. Suara rekaman dalam kondisi sedikit bising, OPPO kurang mampu menangkap suara dengan baik. Untuk pilihan resolusi sendiri Anda bisa menggunakan beberapa pilihan seperti 1080P, 720P, 480p, HDR dan Slow Motion.

Music

Kualitas suara yang keluar dari  pemutar musik buatan Oppo tergolong standar. Cuma memberikan sedikit catatan saja speaker Oppo R5 ini menyatu alias juga berfungsi sebagai earpiece. Saat dijajal memutar lagu dari pemutar musik bawaan suara yang terpancar menawarkan komposisi bass dan treble yang nyaman di telinga. Namun, kami rasakan masih kurang keras dan ‘nendang’ jika Anda menggunakan ponsel HTC dan menggunakan Beats audionya.

Baterai

Sedikit yang menjadi perbincangan kami dan mungkin orang di luaran. Meski sudah tergolong ponsel premium, ukuran baterai yang disematkan kami pikir bukan pada kelasnya. Hanya 2000 mAh, OPPO R5 masih kalah dengan Samsung Galaxy S5 2800 mAh, Xperia Z3 3100 mAh,  LG G3 3000 mAh. Ketika kami coba dari kondisi 100 persen, bertahan cuma sampai sore. Meski waktu pengisian sudah menggunakan teknologi  VOOC yang mampu mengecharge baterai dari kondisi 0% hingga 75% hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Screenshot_2015-02-16-15-11-49-656

Kelebihan

  1. Super Tipis
  2. Desain Elegan dan tubuh kokoh
  3. Layar Fantastik

Kekurangan

  1. Daya tahan baterai dibawah normal
  2. Kurangnya jack 3,5mm
  3. Keluaran suara pada speaker di bawah normal
  4. Software Bug

 

 

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ini 7 Aplikasi Wajib untuk Smartphone Pendaki Gunung

Telset.id, Jakarta - Mendaki gunung menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menjadi tren di kalangan anak muda. Demi mendukung kegiatan...

Google, Facebook dkk Hentikan Teori Konspirasi Soal Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Berita hoaks mengenai virus Corona yang menyebar secara cepat ke seluruh dunia memaksa Facebook, Google, dan...

Makin Tidak Aman, WhatsApp Punya 12 Kerentanan Berbahaya

Telset.id, Jakarta  - WhatsApp semakin "tidak aman". Aplikasi chatting itu mengalami peningkatan tajam dalam hal kerentanan platform di 2019....

Netizen Keluhkan Tak Bisa Isi Pulsa Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Sejumlah netizen mengeluhkan layanan pengisian pulsa Telkomsel. Mereka mengeluh karena tak bisa melakukan pengisian pulsa Telkomsel...

Nokia 400 4G jadi Ponsel Pertama dengan OS “Google GAFP”

Telset.id, Jakarta - Ketika brand lain berlomba-loma menghadirkan seri smartphone dengan teknologi 5G, Nokia justru masih setia menghadirkan feature phone di tahun...
- Advertisement -