Trafik Naik Saat Tahun Baru, Telkomsel & indosat Klaim Tetap Aman

Trafik tahun baruJAKARTA – Tak ubahnya hari-hari besar lainnya, tahun baru selalu menjadi momen tersibuk bagi sejumlah operator. Telkomsel dan Indosat, misalnya, kedua operator ini tak hanya mengaku mengalami kenaikan trafik pada pergantian malam tahun baru kemarin, mereka juga mengklaim berhasil mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, baik trafik suara, sms, maupun data.

“Kami bersyukur bahwa lonjakan trafik komunikasi di periode natal dan tahun baru ini dapat dilayani dengan baik oleh jaringan kami di seluruh Indonesia, sehingga pelanggan tetap dapat menikmati kualitas terbaik dalam berkomunikasi,” ungkap Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam keterangan per-nya hari ini, (2/1/2015).

Untuk menghadapi lonjakan trafik di masa Natal dan Tahun Baru, Telkomsel mengaku telah melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia, di mana hal ini juga telah disampaikan kepada Menkominfo Rudiantara saat melakukan inspeksi ke Network Operation Centre (NOC) di Kantor Pusat Telkomsel saat malam pergantian Tahun Baru 2014/2015.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran direksi Telkomsel juga menyatakan bahwa tim Telkomsel terus melakukan pemantauan trafik telekomunikasisepanjang 24 jam secara terpusat sehingga segala permasalahan yang muncul dapat segera diatasi guna menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.

Kenaikan terbesar terjadi pada layanan data yaitu sebesar 20%, sedangkan layanan SMS dan suara cenderung stagnan, yaitu naik 1% dan turun sebesar 4%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (2013), peningkatan layanan data terjadi amat signifikan, yaitu melonjak hingga lebih dari 124%, di mana hal ini menunjukkan tingginya pertumbuhan penggunaan mobile data di masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun.

Sementara Indosat, seperti disampaikan juga melalui keterangan pers-nya hari ini, mengatakan bahwa menjelang pergantian tahun 2015, 31 Desember 2014 kemarin, trafik suara nasional Indosat mengalami peningkatan sebesar 9,3%, trafik data naik 33,72%, dan trafik SMS naik 8,25% dibanding hari biasanya.

Adapun untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama periode tersebut, Indosat mengaku meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data.

Untuk kapasitas trafik suara menjadi 2.340 juta menit/hari (39 juta erlang/hari), untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,285 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1075 Terabyte/hari.

Selain itu, Indosat juga melakukan monitoring performasi jaringan selama masa-masa kenaikan trafik tersebut melalui pengoperasian Command Center, yang beroperasi selama 24 jam penuh dengan kemampuan mendeteksi dan menangani gangguan jaringan dengan cepat dan terintegrasi secara nasional dengan pusat kendali di Jakarta.

Tentu saja, itu di luar program modernisasi jaringan yang telah berlangsung di 23 kota di Indonesia. Modernisasi jaringan ini memberikan kekuatan sinyal, jangkauan yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik.

“Indosat dengan komitmennya untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam menikmati pengalaman terbaik berkomunikasi, berhasil mengantisipasi lonjakan trafik menjelang pergantian tahun 2015. Kami telah mempersiapkan kenaikan trafik ini dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan juga optimalisasi jaringan pada wilayah-wilayah dengan trafik padat saat tahun baru,” ujar Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Review Poco F2 Pro: Performa Gahar, Fitur Lebih Komplit

Telset.id - Xiaomi tiba-tiba memberikan kejutan saat menghadirkan Redmi 9 di Indonesia. Di acara itu, Xiaomi tanpa diduga mengumumkan...

Peneliti Ciptakan “Joystick Mulut” untuk Penyandang Disabilitas

Telset.id, Jakarta – Insinyur dari Köln International School of Design, Jerman, menciptakan “joystick" berbasis mulut yang memungkinkan orang penyandang...

Apple Ingin Ubah iPhone jadi Mesin Kasir Canggih

Telset.id, Jakarta – Apple kabarnya ingin mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran, seperti sebuah mesin kasir canggih untuk toko ritel....

Sikat! Beli MSI Bravo 15 Gratis Assassin’s Creed Valhalla

Telset.id, Jakarta - MSI resmi menghadirkan laptop gaming terbaru mereka ke Indonesia, Bravo 15. Untuk menyambutnya, MSI pun menggelar promo...

Terkait “Obat Covid-19”, Anji dan Hadi Pranoto Dilaporkan ke Polisi

Telset.id, Jakarta - Video YouTube terkait "obat Covid-19" yang menampilkan Anji dan Hadi Pranoto berujung ke ranah hukum. Keduanya...
- Advertisement -