Flappy Bird, From Zero to Hero

Game Flappy BirdJakarta – Anda merasa kecanduan Flappy Bird? Tenang, bisa kami pastikan bahwa Anda tidak sendiri. Banyak orang di luar sana yang juga keranjingan bermain game ini. Pasalnya, game ini berhasil menembus rangking pertama di App Store dan Play Store. Banyak orang yang mempublikasikannya lewat Instagram, Twitter, dan Facebook.

Boleh dibilang, Flappy Bird adalah game yang jenus dan berhasil menebar virus. Tidak diketahui secara pasti mengapa game ini bisa sukses seperti sekarang ini. Bahkan, alasan mengapa banyak orang yang suka bermain Flappy Bird juga tidak diketahui secara jelas. Mungkin Anda sudah puluhan kali “game over”, tetapi tidak kunjung puas dengan score yang sudah di dapat.

Permainan ini cukup sederhana. Pemain hanya diminta untuk menyentuh layar agar burung bisa tetap terbang melewati tabung-tabung. Pemain akan terus memainkan Flappy Bird hingga mencapai score yang diinginkan. Kedengarannya mudah, bukan? Tetapi siapa sangka dari kemudahaan ini, Flappy Bird semakin banyak digemari. Ada kisah menarik di balik kesuksesan game ini.

Siapa pembuat Flappy Bird? Yup! Nguyen Ha Dong, 29 tahun, asal Hanoi Vietnam yang menciptakan Dong Nguyen  dan melahirkan game Flappy Bird. Ia mengaku, proses penciptaan Flappy Bird tidak lama. Ha Dong hanya menyelesaikannya dalam waktu dua sampai tiga hari saja. Permainan ini bahkan bukan proyek utama. Flappy Bird hanya dikerjakan sebagai bagian paruh waktu setelah sekolah. Di bawah naungan publisher indie, dotGears Studio, Flappy Bird akhirnya berhasil meraih peringkat satu di App Store dan Play Store.

Menilik jauh kebelakang, Flappy Bird sebenarnya adalah game yang sudah lama nongkrong di toko aplikasi. Game ini sudah ada sejak bulan Mei tahun lalu di App store. Kemudian game ini diupdate untuk iOS 6 pada bulan September 2013. Dan pada Januari 2014, Flappy Bird berhasil menduduki posisi puncak dengan melewati game dari Amerika dan Eropa. Lalu di awal Februari, pengguna Android bisa menikmati game ini dari perangkat kesayangannya.

Developer Flappy Bird yang berbasis di Vietnam ini tidak pernah menyangka game buatannya  bisa setenar ini. Developer ini bahkan tidak pernah membuat promosi khusus sejak Flappy Bird di luncurkan Mei 2013 yang lalu. “Popularitas ini merupakan keberuntungan bagi saya,” katanya dalam wawancara dengan Chocolate Labs Apps yang telsetNews kutip dari Mashable, Kamis (6/2). Flappy Bird berhasil mengalahkan Angry Bird dan Candy Crush Saga.

Tidak dapat dipungkiri, social media juga bisa disebut sebagai pemicu kesuskesan Flappy Bird. Banyak orang yang melakukan review terhadap game ini, memamerkan score-nya ke berbagai jejaring sosial. Anda juga bisa menemui akun yang menggunakan burung dara yang menjadi ikon Flappy Bird, sampai akun yang menggunakan nama “Flappy Bird”. Flappy Bird juga sempat menjadi trending topic di twitter. Yang paling mengesankan, pemain yang berhasil menembus angka jutaan. Bisa dibayangkan berapa lama dia bermain Flappy Bird tanpa menyentuh pipa.

Selain jejaring sosial, PewDiePie juga ikut meningkatkan popularitas Flappy Bird dalam video review yang diupload pada 27 Januari lalu. PewDiePie merupakan pengulas game yang memiliki lebih dari 22 juta subscriber di YouTube. Dalam videonya, dia memainkan Flappy Bird dan mengekspresikan rasa ketagihannya dan frutasi karena gagal berkali-kali.

Kesuksesan game bisa disebabkan karena kerumitan permainan sehingga membuat pemain penasaran. Tetapi Dong Nguyen berpikir bahwa mobile games tidak membutuhkan permainan yang kompleks. Permainan yang sederhana ini bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja. Hanya dibutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk meraih poin tertinggi

Umumnya kesuksesan game membuat developer senang, namun Dong Nguyen malah merasa terganggu karena ekspos yang berlebihan terhadap gamenya. Dalam twitter @dongatory, develpoer Flappy Bird berkicau “Press people are overrating the success of my games. It is something I never want. Please give me peace” (media terlalu mengkespose kesuksesan game saya. Ini adalah sesuatu yang tidak saya inginkan. Tolong  berikan saya ketenangan).

Mengiringi kabar ini, ada pula berita bohong tentang Flappy Bird. Situs huzlers.com memberitakan kematian remaja berusia 17 tahun akibat bermain Flappy Bird. Jabari Wright dikabarkan tewas tertusuk oleh adiknya akibat berselisih skor dalam game Flappy Bird. Jabari Wright mengejek Gary Wright, sang adik, karena berhasil mencapai skor yang lebih tinggi dibandingkan adiknya. Karena kesal, Gary menusuk Jabari sebanyak 17 kali, sesuai skor yang didapat kakaknya tersebut. Namun kabar ini tidak bisa dibuktikan kebenarannnya karena huzles.com menuliskan “Huzlers.com is a combination of real shocking news and satire news to keep its visitors in a state of disbelief” dalam situsnya yang artinya huzler.com mengkombinasikan berita yang mengejutkan dan sindiran berita agar pengungung tidak percaya.

Well, lepas dari beragam fenomena yang mengiringi kesuksesannya, Flappy Bird sebenarnya tak lebih dari game melatih ketangkasan dan kesabaran. Skenario permainannya bahkan sangat mirip dengan game helicopter yang telah lebih dulu ada. Hanya saja, Flappy Bird lebih jeli melihat trend pengguna smartphone yang gemar bersosialisasi di sosial media. Yup, keberadaan fitur sharing score ke beragam situs jejaring sosial, membuat penggunanya kecanduan beradu “pintar” dengan pengguna sosial media lainnya. Good Job!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lebih Bertenaga, Apple Siapkan Bionic A14 untuk iPhone Terbaru

Telset.id, Jakarta - Tahun baru sama artinya dengan perangkat baru. Setidaknya itulah tradisi yang dianut oleh hampir semua pembuat...

Main Pokemon Go Bisa Turunkan Berat Badan Hingga 63,5 Kg?

Telset.id, Jakarta - Berat badan turun akibat main game, sebagian dari kita mungkin merasa ini sebagai sesuatu yang tidak...

Sah! Poco Resmi Pisah dari Xiaomi, Siapkan Poco F2

Telset.id, Jakarta - Setelah di tahun 2018 sempat disebut sebagai sub-brand Xiaomi, kini Poco akhirnya benar-benar resmi berpisah. Kabar...

Season 3 CoD Mobile Bawa Arena dan Mode Permainan Baru

Telset.id, Jakarta - Dirilis pada bulan Oktober 2019, game FPS Call of Duty Mobile terus melanjutkan kesuksesannya. Kini CoD...

Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Begini Caranya!

Telset.id,  Jakarta - Sebagian dari kita mungkin pernah dibuat penasaran oleh pesan WhatsApp yang tiba-tiba dihapus oleh pengirim, bahkan...
- Advertisement -