Qlue Dukung Polres Metro Berantas Narkoba, Caranya?

Telset.id, Jakarta – Tingkat stres yang meningkat, sebagai akibat ekonomi yang tidak berjalan normal selama pandemi COVID-19 disebut telah membawa dampak pada angka penyalahunaan narkoba. Qlue, perusahaan penyedia ekosistem smart city berkolaborasi dengan Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayah Jakarta Selatan.

Kolaborasi antara Qlue dan Polres Jaksel yang sudah berlangsung sejak 2017 ini merupakan contoh nyata kolaborasi antara pemanfaatan teknologi, penegak hukum, dan partisipasi masyarakat. Dengan dukungan dari ketiga pihak tersebut, kolaborasi ini menciptakan efisiensi dan efektifitas dalam hal pelaporan masyarakat.

“Kolaborasi antara Qlue dan Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan merupakan misi sosial kami terhadap bangsa dan negara ini. Kami mendukung sepenuhnya upaya penegak hukum dalam memberantas penyalahgunaan narkoba, sesuai dengan misi kami, yaitu mengakselerasi perubahan positif di dunia, dimulai dari Indonesia,” kata Founder dan CEO Qlue Rama Raditya.

{Baca Juga: Berkat Lockdown, Pastor Italia Ini Berhasil jadi Bintang YouTube}

Qlue menjadi jembatan kolaborasi antara masyarakat dan aparat dalam memberantas Narkoba. Peran serta masyarakat dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba diatur dalam UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Qlue merupakan salah satu bentuk upaya kami dalam menegakkan UU No.25 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” imbuh Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung.

Dengan media Qlue, masyarakat dapat mudah melaporkan dan aparat hukum dapat menerima informasi penyalahgunaan narkoba dengan mudah. Jadi jika dulu masyarakat harus datang ke kantor polisi untuk melakukan pelaporan, sekarang laporan sudah bisa langsung diterima dalam hitungan detik.

“Aplikasi QlueApp juga sudah menyertakan informasi mengenai lokasi laporan dengan akurat sehingga laporan bisa ditindaklanjuti dengan lebih cepat. Platform ini juga memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan status laporan mereka dengan cepat,” tambahnya.

Untuk membuat laporan menggunakan QlueApp caranya cukup mudah. Masyarakat hanya cukup mengunduh dan memasang QlueApp di smartphone mereka melalui iOS atau Play Store, melakukan registrasi, lalu membuat laporan.

{Baca Juga: Viral Video Catherine Wilson di TV, Sudah Kecanduan Narkoba?}

Kerahasiaan data pelapor pun terjamin, karena QlueApp menggunakan nama anonim. Laporan yang masuk melalui QlueApp akan langsung masuk ke Polres Metro Jakarta Selatan, dan akan segera diverifikasi oleh para petugas kepolisian.

“Sesuai dengan misi kami, yaitu mengakselerasi perubahan positif di seluruh dunia, Qlue akan terus berinovasi untuk mewujudkan kota yang lebih baik, seperti melalui kolaborasi kami dengan Polres Metro Jakarta Selatan,” pungkas Rama.

Qlue berharap, dengan kolaborasi ini akan membantu kepolisian dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di Jakarta, sehingga angka kriminalitas di kota ini semakin menurun, tingkat kualitas hidup masyarakat akan membaik, dan Indonesia Smart Nation akan cepat terwujud. [IR/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...

Kangen Kampus, Mahasiswa Ini Kuliah di Minecraft

Telset.id, Jakarta  – Saking kangennya sama kampus lantaran lama tak studi, mahasiswa Universitas Ashoka di India membuat simulasi kuliah...
- Advertisement -