MacBook Terbaru Bakal Dilengkapi Fitur FaceID

Face ID Macbook

Telset.id, Jakarta – Microsoft telah memulai teknologi pengenalan wajah pada perangkat PC sejak hampir lima tahun silam dengan meluncurkan Windows Hello. Kini, langkah serupa nampaknya akan ditempuh Apple, dengan menghadirkan fitur ace ID di perangkat MacBook terbaru.

Kabar tersebut disebarkan oleh 9to5Mac. Dimana disebutkan bahwa perangkat MacBook generasi terbaru yang bakal dirilis akhir tahun ini, akan dibekali teknologi yang disebut sebagai PearlCamera.

{Baca Juga: Apple Pencil Terbaru Bisa ‘Ambil Warna’ di Dunia Nyata}

Pearl Camera sendiri diketahui sebagai nama kode dari teknologi Apple True Depth Camera dan juga FaceID. FaceID sebenarnya bukanlah teknologi yang baru digarap oleh Apple. Teknologi ini sebelumnya telah lebih dahulu hadir pada perangkat iPhone mereka.

Dengan teknologi ini, pengguna dapat membuka akses pada perangkat gadget mereka berdasarkan pemindaian dan pengenalan wajah. Tidak hanya sekedar mengenali wajah secara 2D, teknologi FaceID dapat mengenali wajah secara 3D, sehingga pemindaian dapat dilakuan dengan sangat akurat.

Kabar tersebut diperkuat dengan adanya refernsi kode “Face Detect” dan “Bio Caputre” pada perangkat lunak MacOS. Kode-kode tersebut pastinya akan sangat erat kaitannya dengan teknologi FaceID yang akan dihadirkan Apple pada perangkat MacBook terbaru.

Apple sendiri tengah mempersiapkan generasi MacBook yang akan tiba pada musim gugur nanti. Dimana perangkat tersebut juga bakal menggunakan prosesor terbaru buatan mereka, yaitu Silicon.

{Baca Juga: Mac Terbaru dengan Apple Silicon Dirilis Akhir 2020}

Dengan prosesor tersebut, Apple kemungkinan dapat membenamkan teknologi Neural Engine yang dibutuhkan untuk pemindaian wajah pada fitur FaceID. Akan tetapi ada kemungkinan juga kalau fitur FaceID ini tidak akan serta-merta dihadirkan Apple bersama dengan peluncuran MacBook terbaru.

Bisa saja fitur ini baru akan tersedia setelah update perangkat lunak di waktu mendatang. Hal tersebut karena Apple akan membutuhkan waktu yang cukup untuk melakukan transisi ke semiconductor baru yaitu Silicon.

Dan tentu tidak mudah bagi Apple menyempurnakan beragam fitur-fitur unggulan dalam waktu singkat. Apalagi Apple memang selama ini dikenal sangat matang dalam menghadirkan fitur-fitur perangkat pada teknologi mereka.

Bahkan meskipun sering dianggap remeh karena terlambat memperkenalkan fitur-fitur baru yang sudah lebih dulu ada pada sistem operasil lain seperti Windows dan Android, akan tetapi semua fitur-fitur yang dihadirkan Apple justru datang dalam wujud yang lebih sempurna.

Tentunya kabar mengenai fitur FaceID pada perangkat MacBook terbaru juga masih sebatas rumor. Kita masih akan menantikan kebenarannya bila Apple telah mengkonfirmasi hal tersebut. [IR/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here