Cara Mudah Cek Kondisi Kesehatan Baterai Pada Laptop

Telset.id – Anda mau ganti baterai laptop karena merasa sudah rusak? Kami sarankan, jangan terlalu buru-buru ganti baterai laptop. Ada baiknya, cek kondisi baterai pada laptop terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah baterai masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Sering kali, laptop yang kita gunakan mengalami masalah pada sektor baterainya. Ada beberapa penyebabnya, mungkin karena adaptop charger yang rusak, atau kondisi baterai yang memang sudah drop.

Ada dua cara yang akan tim Telset.id bagikan kepada Anda untuk cek kondisi kesehatan baterai pada laptop. Penasaran? Sebaiknya simak tips ini baik-baik ya!

{Baca Juga: Tips Cara Perbaiki Keyboard Laptop yang Rusak}

Cara Pertama untuk Cek Kondisi Baterai Laptop

  • Buka aplikasi Command Prompt (CMD) pada laptop.
  • Di jendela CMD, ketikkan powercfg/batteryreport. Lalu tekan Enter.

Cara Cek kondisi baterai laptop

  • Otomatis, akan dibuatkan file informasi tentang kondisi kesehatan baterai akan tersimpan dalam bentuk HTML. Buka file tersebut sesuai dengan lokasi file yang ditampilkan.

  • Pada file tersebut, akan ada informasi Design Capacity dan Full Charge Capacity.
  • Perhatikan kedua angka tersebut. Jika selisih antara kedua angka tersebut masih kurang dari 50%, maka kondisi baterai laptop masih baik. Akan tetapi, apabila sudah mencapai lebih dari 50%, maka kondisi baterai anda sudah buruk.

Cara Cek kondisi baterai laptop

  • Anda bisa mengganti baterai laptop dengan yang baru agar dapat menggunakannya secara optimal.

Cara Kedua untuk Cek Kondisi Baterai Laptop

{Baca Juga: Tips Cara Laptop Windows Tidak Standby Saat Ditutup}

  • Langkah pertama, download aplikasi BatteryBar yang tersedia secara gratis berikut ini.
  • Kemudian, install aplikasi tersebut.

Cara Cek kondisi baterai laptop

  • Setelah berhasil diinstall, aplikasi tersebut akan berjalan secara otomatis. Pada bagian taskbar, akan muncul ikon baterai berwarna hijau yang juga menampilkan sisa kapasitas baterai yang teedia.
  • Arahkan mouse ke ikon tersebut untuk menampilkan detail infomrasi mengenai baterai.
  • Di kolom terakhir, tertera informasi Battery Wear yang menunjukkan tingkat kesehatan baterai.
  • Jika angka tersebut masih di bawah 50% maka kondisi baterai laptop kamu masih dalam kondisi baik. Sebaliknya jika sudah diatas 50%, maka kondisi kesehatan baterai sudah buruk.

Itulah tadi cara cek kondisi kesehatan baterai pada laptop. Jadi, dengan cara ini, Anda bisa mengecek terlebih dahulu kondisi baterai, untuk memastikan apakah harus mengganti dengan baterai baru atau tidak. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat kalian ya, sob!

Artikel tips dan trik lainnya…

Cara Mudah Buka Dokumen Word Tanpa Aplikasi

Komputer atau laptop Anda tidak memiliki aplikasi Microsoft Office maupun WPS Office untuk membuka dokumen word? Tenang, kami punya trik dan cara untuk buka dokumen word tanpa aplikasi. Penasaran caranya?

Untuk membuka file berjenis word biasanya menggunakan aplikasi seperti Microsoft Office atau WPS Office. Tetapi ada, kondisi dimana Anda tidak memiliki kedua aplikasi tersebut di komputer Anda. Misalnya saja, komputer baru.

Nah, cara yang akan kami bagikan untuk buka dokumen word adalah dengan layanan document viewer online. Berikut artikelnya: {Cara Mudah Buka Dokumen Word Tanpa Aplikasi}

Bonus:

{Biar Memori Lega, Begini Cara Hapus Cache di HP Android}

{5 Aplikasi untuk Cek Layar HP Android Rusak atau Tidak}

(IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Sasar Pengguna Rumahan, Ini Harga Modem Telkomsel Orbit

Telset.id, Jakarta - Telkomsel resmi menghadirkan layanan internet rumah berbasis modem WiFi bernama Telkomsel Orbit. Menyasar segmen pasar pengguna...

Medsos Heboh Bocoran Kabinet Baru Jokowi, Ada Ahok

Telset.id, Jakarta - Isu Reshuffle Kabinet Jokowi ramai di media sosial. Pasalnya beredar informasi nama-nama menteri dalam bocoran kabinet...

Mewahnya Samsung Galaxy Note 20 Ultra dengan Warna ‘Mystic Bronze’

GTelset.id, Jakarta - Berbagai bocoran mengenai Samsung Galaxy Note 20 terus bermunculan menjelang waktu peluncurannya. Terbaru, muncul bocoran desain...

Mudahnya Konsultasi Produk via Samsung Visual Consultant

Telset.id, Jakarta - Samsung Indonesia menghadirkan layanan terbaru yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen di Tanah Air. Layanan ini disebut...

Telkomsel Orbit Resmi Meluncur, Apa Keunggulannya?

Telset.id, Jakarta - Telkomsel resmi menghadirkan layanan internet rumah berbasis modem WiFi bernama Telkomsel Orbit. Layanan tersebut menawarkan beragam...
- Advertisement -