Tips Cara Laptop Windows Tidak Standby Saat Ditutup

Telset.id – Anda pasti pernah mengalami saat sedang download file, laptop harus ditutup karena akan keluar kantor. Akibatnya, file yang sedang diunduh tidak selesai ter-download. Hal ini terjadi karena biasanya laptop Windows secara default akan masuk ke kondisi standby saat ditutup.

Padahal sebenarnya Anda tak perlu kesal, karena kalian bisa mengatur laptop agar tetap berjalan saat ditutup. Belum tahu caranya?

{Baca Juga: 7 Tips Sehat Pakai Laptop atau Komputer Sehari-hari}

Nah, buat kalian yang masih bingung bagaimana caranya agar laptop tidak standby saat ditutup, berikut tips dari tim telset untuk kalian.

  1. Pertama masuk ke menu aplikasi Control Panel
  2. Lalu pilih Hardware & Sound
    Agar laptop tak Standby saat ditutup
  3. Berikutnya pilih menu Power Options
  4. Lalu di sisi sebelah kiri, pilih Choose What Closing Lid Does
    2 Agar laptop tak Standby saat ditutup
  5. Pada jendela ini, akan ada pengaturan When I Close the Lid. Pilihan ini juga terbagi pada opsi On Battery dan Plugged In. On Battery adalah ketika laptop tidak terhubung dengan pengisian daya, sedangkan Plugged In adalah ketika laptop terhubung dengan pengisian daya.
  6. Pada pengaturan tersebut, ubah opsi standar ‘Sleep’ menjadi Do Nothing. Anda bisa mengatur opsi tersebut baik pada saat On Battery maupun Plugged in.
    3 Agar laptop tak Standby saat ditutup
  7. Lalu pilih Save Changes di bagian bawah. Dengan begini, laptop kalian tidak bakal lagi standby saat ditutup.

{Baca Juga: Cara Mudah Cek Spesifikasi Komputer Tanpa Bantuan Aplikasi}

Untuk mempersingkat langkah, Anda bisa langsung masuk ke menu pengaturan Lid dengan melakukan pencarian di kolom Search Bar. Yaitu dengan mengetikan kata “Lid” dan pilih menu “Change What Closing Lid Does”, maka anda akan langsung masuk ke menu pengaturan Lid.

Perlu diingat, bahwa tips diatas hanya berlaku untuk laptop dengan OS Windows 10. Sebab cara agar laptop tak standby saat ditutup di OS lain tentumemiliki langkah yang berbeda.

Itulah cara mudah untuk mengubah pengaturan Lid pada Laptop. Dengan cara ini, laptop Windows kamu ga bakalan lagi Standby atau bahkan Shut down secara otomatis saat ditutup. Semoga simpel ini bermanfaat ya buat kalian!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0