Begini Proses Matahari Terbenam di Planet Selain Bumi [VIDEO]

Telset.id, Jakarta NASA membuat simulasi menakjubkan tentang proses matahari terbenam di planet selain Bumi, termasuk satu bulan Saturnus.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Senin (29/06/2020), ilmuwan planet Geronimo Villanueva dari NASA Goddard Space Flight Center adalah sosok jenius di balik penciptaan simulasi yang memperlihatkan proses matahari terbenam di planet selain Bumi.

“Geronimo Villanueva, seorang ilmuwan planet NASA, menciptakan simulasi matahari terbenam sambil membangun alat pemodelan komputer untuk kemungkinan misi masa depan ke Uranus,” begitu tulis NASA.

{Baca juga: Virgin Galactic dan NASA Siapkan “Misi Pribadi” ke ISS}

Untuk memeriksa keakuratan alat, Villanueva menyimulasikan warna langit yang diketahui dari berbagai planet dan bulan. Beberapa di antaranya ditampilkan dalam video yang diunggah oleh NASA ke YouTube.

“Simulasi menunjukkan dunia-dunia tersebut berpaling dari cahaya matahari, apa yang terjadi ketika kita melihat matahari terbenam. Ketika dunia berputar, foton tersebar ke berbagai arah tergantung energi,” imbuhnya.

Sebuah momen menunjukkan seperti apa matahari ketika tenggelam kalau Anda melihat planet dan bulan sambil melayang-layang di angkasa. Momen lain menunjukkan bagaimana jadinya apabila Anda berdiri di permukaan.

{Baca juga: NASA Berhasil Abadikan Foto Lubang Hitam di Pusat Bima Sakti}

Bumi diberi tiga simulasi untuk menunjukkan perbedaan antara matahari tenggelam yang jelas, kabur, dan mendung. Simulasi Mars menunjukkan bahwa fenomena ini akan mengubah langit dari coklat menjadi biru.

Bagi Anda para pembaca yang penasaran seperti apa hasil simulasi matahari terbenam di planet selain Bumi, berikut videonya:

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -