7 Tips Mengatasi Baterai Ponsel Tidak Bisa Dicas

Telset.id – Kesulitan saat pengisian baterai sering dialami oleh pengguna ponsel. Akibatnya kegiatan mereka sedikit terganggu karena baterai tidak bisa di-charge dengan maksimal. Kami akan memberikan tips mengatasi baterai ponsel yang tidak bisa dicas.

Ponsel canggih tapi baterainya kurang “sehat”, akan sia-sia memakainya. Baterai ponsel memang mempunya peranan sangat penting sebagai sumber daya perangkat.

Makanya, jika Anda mengalamai masalah baterai yang tidak bisa dicas, sebaiknya harus segera diatasi, karena akan bisa menghambat aktifitas Anda saat menggunakan ponsel.

Terkadang, para pengguna sering mengalami masalah baterai ponsel yang tidak bisa dicas. Jika mengalaminya, Anda harus melakukan berbagai tindakan untuk mengetahui penyebabnya.

Kali ini Tim Telset.id akan memberikan 7 tips mengatasi baterai ponsel yang tidak bisa dicas. Yuk disimak.

Ganti Kabel dan Adaptor 

Charger Smartphone

Pertama mengganti kabel dan adaptor yang biasa digunakan untuk charge baterai smartphone. Pada tips baterai ini, Anda harus mengecek mengenai kondisi kabel dan adaptor tersebut. Jika kabel mengalami kerusakan misalnya kabelnya terkelupas atau port USB pada adaptor rusak, maka Anda harus mengganti keduanya dengan kabel dan adaptor yang baru.

{Baca juga: 4 Cara Efektif Bikin Baterai Oppo Reno Ace Lebih Awet}

Kerusakan yang terjadi pada kabel dan adaptor bisa membuat pengisian daya terganggu. Baterai bisa menerima listrik dengan baik karena kabel dan adaptor rusak sehingga baterai smartphone Anda tidak bisa terisi daya listrik.

Bersihkan USB Port 

Charge Smartphone

Kedua adalah bersihkan Port USB pada smartphone. Kebersihan smartphone harus diperhatikan karena berdampak pada kinerja smartphone itu sendiri seperti kebersihan port USB. Kebersihan Port USB berpengaruh pada proses pengisian daya listrik ke baterai.

Jika port USB kotor dengan debu, bekas makanan atau sebagainya maka kotoran tersebut akan menghalangi port USB dengan kabel charger sehingga baterai tidak dapat terisi untuk membersihkan port USB disarankan menggunakan kapas atau Cotton Bud.

Update Sistem Operasi 

Tipsa Baterai Charge Smartphone

Ketiga melakukan pembaruan atau update Sistem Operasi. Bagi pengguna Android dan iOS sangat penting untuk memperbarui Sistem Operasi secara rutin. Tujuannya selain membuat smartphone lebih aman, juga membuat pengisian daya smartphone lebih maksimal.

Pasalnya tidak menutup kemungkinan jika masalah pengisian baterai smartphone terjadi karena banyak bug dan gangguan pada perangkat lunak smartphone. Jadi Anda harus rutin melakukan pembaruan smartphone supaya pengisian bisa maksimal.

Mengganti Baterai 

Tips Baterai Charge Smartphone

Keempat mengganti baterai. Mengganti baterai bisa menjadi opsi untuk mengatasi masalah baterai smartphone tidak bisa melakukan pengisian daya. Sebelum mengganti, coba ingat-ingat apakah ponsel Anda sering terjatuh dan terbentur benda keras atau tidak.

Jika ponsel sering terjatuh, terbentur dan ukuran baterai tidak normal seperti menggembung, maka disarankan untuk menggantinya. Selain agar pengisian daya baterai bisa kembali maksimal, mengganti baterai juga dapat mencegah kasus smartphone meledak.

Restart Ponsel

Tips Baterai Charge Smartphone

Kelima dengan melakukan restart pada ponsel. Tujuannya untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM sehingga menganggu pengisian daya ponsel.

Melakukan restart pada smartphone menjadi solusi yang bisa dicoba ketika jika baterai smartphone tidak bisa menerima daya listrik ketika di-charge.

Cek Sumber Daya Pengisian

Tips Baterai Charge Smartphone

Keenam adalah mengecek cek sumber daya pengisian. Untuk yang mengisi sumber daya dari powerbank pastikan isi dan kondisi port USB dari powerbank tersebut.

Kemudian jika mengisi daya dari saklar di rumah, kantor ataupun restoran pastikan juga kondisi saklar tersebut. Port USB dan saklar yang rusak bisa membuat pengisian daya terhambat bahkan merusak smartphone Anda.

Letakkan Ponsel pada Posisi Horizontal

Tips Baterai Charge Smartphone

Terakhir adalah pastikan posisi smartphone dalam kondisi horizontal ketika di-charge. Maksud dari tips baterai ini adalah pastikan posisi smartphone berada di permukaan yang datar seperti meja belajar atau meja kerja.

{Baca juga: Alasan Kenapa Smartphone dengan Baterai “Super” Itu Penting}

Pasalnya jika smartphone berada dalam posisi vertikal dan menggantung dikhawatirkan tidak bisa terisi daya karena kabel charger tidak melekat secara maksimal di smartphone dan jika dibiarkan dapat merusak port USB smartphone Anda.

 

Artikel tips ngehits lainnya..

7 Tips Memperkuat Sinyal Smartphone untuk “Mudik Virtual”

“Mudik Virtual” dengan menggunakan aplikasi video call sebagai upaya menjaga jarak sosial atau social distancing sepertinya akan menjadi tren pada Lebaran tahun ini. Untuk itu, memperkuat sinyal internet smartphone pun menjadi keharusan jika ingin aktivitas video call berjalan lancar.

Sinyal internet sendiri tak dimungkiri sangat berpengaruh pada kualitas layanan video call. Jika internet lemah dan tidak stabil maka Anda akan kesulitan melakukan komunikasi, seperti kualitas video yang menurun hingga terganggunya kualitas suara dan gambar saat melakukan video call.

Demi mengatasi permasalahan tersebut, Tim Telset.id akan memberikan tips untuk memperkuat sinyal internet smartphone agar Mudik Virtual bisa berjalan dengan baik. Baca artikel selengkapnya disini:{7 Tips Memperkuat Sinyal Smartphone untuk “Mudik Virtual”}

Bonus: 

{7 Tips Sehat Pakai Laptop atau Komputer Sehari-hari}

{Ini 7 Tips Mencegah Ponsel Meledak, Jangan Sepelekan!}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Gara-gara Covid-19, Peluncuran iPhone 12 Terancam Mundur

Telset.id, Jakarta - Desas-desus terbaru menyebut bahwa peluncuran iPhone 12 tertunda lagi. Menurut laporan Ubergizmo, penundaan produksi iPhone 12...

Huawei Nova 7 Dipastikan Segera Meluncur Resmi di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Setelah merilis P40 Series beberapa waktu lalu, Huawei memastikan akan meluncurkan seri Nova terbaru ke Tanah...

[VIDEO] Unboxing Lenovo Legion Gaming Phone Sebelum Peluncuran

Telset.id, Jakarta - HP gaming terbaru, Lenovo Legion Gaming Phone bersiap untuk diperkenalkan secara resmi. Menjelang peluncuran, Lenovo memamerkan video...

Motorola One Fusion: ‘Versi Murah’ dengan Spesifikasi Standar

Telset.id - Motorola One Fusion telah melenggang resmi. Mengandalkan spesifikasi kelas menengah, Motorola One Fusion merupakan "versi standar" dari...

Harga Sejutaan, Samsung Galaxy M01 Hadir dengan Baterai 4,000 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung akhirnya resmi melepas seri Galaxy M01 di India. Samsung Galaxy M01 hadir dengan spesifikasi yang...
- Advertisement -