4 Cara Efektif Bikin Baterai Oppo Reno Ace Lebih Awet

Telset.id, Jakarta – Jika bicara soal kapasitas baterai, angka 4000 mAh memang bukan yang paling hebat untuk bisa dimiliki sebuah smartphone. Namun dalam kasus baterai Oppo Reno Ace, kami menilai angka ini sudah lebih dari cukup. Apalagi, Reno Ace juga bisa mengisi daya dengan sangat cepat.

Tidak tanggung-tanggung, berdasarkan pengujian yang kami lakukan, baterai Reno Ace dapat terisi penuh – dari posisi mati sama sekali, hanya dalam waktu 30 menit. Mengesankan bukan?

Namun, ibarat pepatah, tak ada gading yang tak retak, dalam kenyataannya sehebat apapun baterai sebuah smartphone, pasti menemui akhirnya juga, alias bisa habis. Termasuk Oppo Reno Ace. Karena itu, upaya pencegahan pun adakalanya perlu dilakukan.

Tentu saja, bukan berarti tidak menerima kenyataan bahwa baterai smartphone juga bisa habis, tetapi lebih ke upaya untuk memanjangkan umur baterai smartphone tersebut.

Adakalanya ini perlu kita lakukan, apalagi jika di saat yang bersamaan port charging bukanlah hal mudah yang bisa ditemukan dimana-mana. Sementara, kehadiran smartphone sedang kita butuhkan.

{Baca juga: Catat! 3 Hal Ini Maksimalkan Pengalaman Main Game Android Kamu}

Dalam tulisan kali ini, kami akan menguraikan beberapa cara efektif yang bisa ditempuh untuk memperpanjang masa pakai baterai smartphone. Disamping mengatur kecerahan layar atau menginstal aplikasi-aplikasi yang tidak perlu.

Aktifkan Mode Pesawat

Mengubah smartphone ke mode pesawat sebenarnya merupakan cara paling efisien untuk menghemat daya. Ketika kita menyalakannya, sebagian besar proses yang menghabiskan baterai dimatikan.

Itulah sebabnya ketika kita mengisi daya perangkat dalam mode ini, ia bisa mengisi sedikit lebih cepat daripada dalam mode biasa.

Sebenarnya, hal yang paling ideal untuk menghemat daya smartphone adalah dengan mematikannya ketika tidak digunakan. Tapi mengingat ini sama sulitnya dengan menemukan jarum di tumpukan jerami, mode pesawat okelah.

Gunakan Charger bawaan

Biasanya pengisi daya yang datang bersama perangkat mengisi baterai smartphone lebih cepat dibanding milik pihak ketiga. Namun jika Anda tidak memilikinya, charger pihak ketiga tetap bisa menjadi opsi. Kabar baik, karena di beberapa smartphone hal ini adakalanya tidak menjadi masalah besar.

Di Reno Ace, misalnya, fitur pengisian daya cepat yang dimilikinya bahkan kompatibel dengan USB-PD dan Qualcomm Quick Charge. Dengan kata lain, pengguna masih dapat menikmati fitur pengisian daya cepat ini meski menggunakan pengisi daya pihak ketiga, tidak hanya bawaan Oppo.

Non-aktifkan Notifikasi

Adakalanya kita cenderung mengabaikan setiap notifikasi aplikasi di smartphone. Padahal, notifikasi yang terus muncul tanpa henti itu – suara dan getarannya, sesungguhnya melahap sedikit demi sedikit daya baterai perangkat.

{Baca juga: Jadi teman Berlibur, Begini Cara Perkuat Sinyal di Oppo Reno2}

Kita dapat mulai mengelola notifikasi untuk menghemat banyak daya baterai. Misalnya, menonaktifkannya selama periode tidak diperlukan. Atau, kita bisa mengaturnya ke mode hening.

Gunakan trik

Curang? Sebenarnya lebih ke usaha. Adakalanya ini sah-sah saja. Salah satu contoh khas cara menipu smartphone (dan laptop kita) adalah menggunakan kabel dengan dua ujung dan menghubungkan kedua ujungnya ke portal USB. Ini tidak lebih baik daripada menggunakan pengisi daya normal tetapi masih merupakan solusi yang cukup bagus. [IF/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Apple “Haramkan” Karakter Antagonis di Film Gunakan iPhone

Telset.id, Jakarta - Apple punya syarat bagi para sineas yang ingin menggunakan iPhone sebagai properti film. Dalam sebuah video...

Makin Populer, Layanan Streaming Kuasai Pendapatan Industri Musik

Telset.id, Jakarta - Selama bertahun-tahun, industri musik masyarakat telah berubah. Dulu, orang-orang mendengarkan musik di vinyl, kemudian pindah ke...

Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Batal Gegara Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya memengaruhi bisnis dan perjalanan, tetapi juga memaksa perusahaan untuk membatalkan berbagai acara....

Challenge #PakePerasaan Viral di TikTok, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta - Ada beragam cara untuk mengungkapkan isi hati ke orang-orang yang kita sayangi. Salah satunya melalui media sosial,...

5 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik, Dijamin Foto Makin Ciamik!

Telset.id - Kualitas kamera sudah menjadi salah satu perhatian utama para produsen smartphone masa kini. Makin canggihnya kualitas kamera...
- Advertisement -