Amazon Hapus Gambar Produk Bertuliskan Pesan Rasisme

Amazon gambar Rasisme

Telset.id, Jakarta  – Amazon menghapus gambar produk tertentu yang bertuliskan pesan rasisme. Amazon mengetahuinya setelah beberapa pengguna mencari AirPods dan produk sejenis lainnya di platform.

Menurut laporan Reuters, seperti dikutip Telset.id, Senin (1/6/2020), pesan tersebut memicu kemarahan publik dan viral di Twitter. Mereka menumpahkan sumpah serapah dengan topik “AirPods”.

{Baca juga: Suarakan #BlackLiveMatters, Netizen “Demo” Tewasnya George Floyd}

“Kami sedang menghapus gambar-gambar itu dan telah mengambil tindakan terhadap aktor jahat,” kata seorang juru bicara Amazon, Minggu (31/5/2020). Tapi, tidak menjelaskan lebih jauh tentang “aktor jahat”.

Tangkapan layar dan tayangan video soal topik tersebut viral di Twitter. Para pengguna juga berbagi gambar. Daftar dengan pesan rasisme kini tidak lagi terlihat di situs resmi Amazon khusus pengguna di Inggris.

Pada April 2020, beberapa situs Amazon di luar negeri, termasuk domain Inggris, masuk ke laporan “pasar terkenal” regulator perdagangan AS. Gara-garanya, mereka melakukanpemalsuan dan pembajakan.

Masih pada April 2020, Amazon memberlakukan kebijakan anyar. Pedagang baru yang ingin menjual dagangan di Amazon harus mengikuti aturan, yakni wajib melakukan video call untuk keperluan verifikasi identitas.

Tujuannya untuk menghindari praktik penipuan di tengah pandemi Covid-19. Sebab, ketika pertemuan tatap muka mustahil dilakukan di tengah wabah virus corona, potensi penipuan produk semakin terbuka.

Sebelumnya, bos Apple itu mengungkapkan rasa prihatinnya dan mengutuk keras kejadian yang menimpa Floyd. Dia bahkan menulis surat elektronik dan dikirmkan ke seluruh karyawannya.

{Baca juga: Kecam Rasialisme, Bos Apple Kutuk Pembunuhan George Floyd}

Dalam suratnya, Cook mengatakan aksi pembunuhan itu sangat keji dan ia mengutuk keras peristiwa tersebut. Ia mendukung dihilangkannya sikap rasisme dari muka bumi.

“Tidak ada satupun kelompok masyarakat yang bisa kita dibanggakan jika belum bisa menjamin kebebasan akan rasa takut bagi setiap orang yang memberi negara ini cinta, tenaga, dan menjalani hidup mereka,” tulis Cook dalam suratnya. [SN/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here