7 Tips Memperkuat Sinyal Smartphone untuk “Mudik Virtual”

Telset.id – “Mudik Virtual” dengan menggunakan aplikasi video call sebagai upaya menjaga jarak sosial atau social distancing sepertinya akan menjadi tren pada Lebaran tahun ini. Untuk itu, memperkuat sinyal internet smartphone pun menjadi keharusan jika ingin aktivitas video call berjalan lancar.

Sinyal internet sendiri tak dimungkiri sangat berpengaruh pada kualitas layanan video call. Jika internet lemah dan tidak stabil maka Anda akan kesulitan melakukan komunikasi, seperti kualitas video yang menurun hingga terganggunya kualitas suara dan gambar saat melakukan video call.

Demi mengatasi permasalahan tersebut, Tim Telset.id akan memberikan tips untuk memperkuat sinyal internet smartphone agar Mudik Virtual bisa berjalan dengan baik.

Baterai Smartphone Harus Penuh 

Memperkuat Sinyal Internet Smartphone

Tips pertama, isi baterai smartphone hingga penuh. Pasalnya terdapat beberapa smartphone yang otomatis mengubah smartphone ke “Mode Hemat” jika daya baterai smartphone berkurang atau di bawah 50%. Hasilnya jika “Mode Hemat” aktif maka performa smartphone akan melemah termasuk kekuataan untuk menangkap jaringan internet. Untuk itu pastikan smartphone Anda terisi penuh agar jaringan internet tetap kuat dan mudik virtual bisa maksimal.

Cari Tempat Terbuka 

Memperkuat Sinyal Internet Smartphone

Tips kedua, cari tempat terbuka. Di tempat terbuka seperti halaman rumah, ruang tamu ataupun lantai 2 rumah, maka smartphone Anda akan lebih mudah menerima jaringan internet yang lebih kuat. Pasalnya dinding yang mayoritas terbuat dari beton menghalangi jaringan internet sehingga Anda akan kesulitan mendapat sinyal yang maksimal ketika berada di dalam ruangan.

{Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Terhubung Wifi}

Memperbarui Sistem Operasi Smartphone

Memperkuat Sinyal Internet Smartphone

Tips ketiga, memperbarui Sistem Operasi Smartphone. Bagi pengguna Android dan iOS sangat penting untuk memperbarui Sistem Operasi secara rutin. Tujuannya selain membuat smartphone lebih aman, juga dapat memperkuat kemampuan smartphone untuk menerima jaringan agar sinyal internet semakin kuat.

Lepas Casing Smartphone 

Memperkuat Sinyal Smartphone

Tips keempat adalah melepas Casing Smartphone. Produk Smartphone saat ini membuat area antea berada di bagian luar smartphone. Sayangnya bagian luar terkadang terhalang oleh Casing Smartphone khususnya casing yang memiliki ketebalan yang padat. Untuk memperkuat sinyal internet atau kemampuan smartphone menerima sinyal internet, agar Anda bisa melakukan video call dengan lancar.

Aktif dan Nonaktif Airplane Mode 

Memperkuat Sinyal Internet

Tips kelima, bisa dengan mengaktifkan lalu menonaktifkan Mode Terbang atau Airplane Mode. Tips ini bertujuan agar saat smartphone menghidupkan Airplane Mode lalu menghentikan mode tersebut, maka smartphone akan mengatur ulang jaringan internet. Hasilnya sinyal internet bisa semakin kuat dan video call atau mudik virtual bisa semakin lancar. Berikut cara menggunakan tips tersebut.

  • Pertama geser layar smartphone dari atas ke bawah dan cari Airplane Mode. Jika tidak terdapat di layar notifikasi Anda bisa mengakses melalui laman pengaturan. Caranya pilih Settings lalu Connections dan pilih Airplane Mode. Mode ini biasanya berbentuk pesawat dan Anda bisa menekan mode tersebut baik untuk mengaktifkannya.

Memperkuat Sinyal Internet Smartphone

  • Tunggu 5 sampai 10 detik lalu nonaktifkan mode tersebut. Jika cara ini belum efektif, Anda bisa menonaktifkan smartphone Anda lalu jeda 5 sampai 10 detik maka aktifkan smartphone tersebut.

{Baca juga: 5 Paket Internet Murah Buat Kamu yang Gak Mudik Lebaran}

Mengunci Jaringan Internet 

Memperkuat Sinyal Internet Smartphone

Tips keenam adalah mengunci jaringan internet. Kunci jaringan Anda berada di mode 4G dengan tujuan supaya jaringan internet Anda berada di performa terbaik dan tetap kuat. Berikut ini cara untuk mengunci jaringan internet Anda.

  • Pertama adalah pilih Settings lalu Connections atau Koneksi dan pilih Mobile Networks atau Jaringan Seluler.

  • Kedua pilih Network Mode atau Mode Jaringan ke mode LTE/3G/2G. Pilih Mode tersebut dan jaringan internet Anda akan otomatis terkunci di jaringan 2G hingga 4G.

Memperkuat Sinyal Internet Smartphone

Matikan Layanan Tidak Perlu 

Terakhir adalah matikan layanan yang tidak diperlukan seperti Wifi, Bluetooth dan NFC. Pasalnya jika layanan-layanan tersebut tetap aktif padahal tidak digunakan, maka dikhawatirkan dapat mempengaruhi smartphone untuk menerima sinyal internet.

Artikel tutorial lainnya… 

10 Penyebab Internet WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya

Internet menjadi kebutuhan yang sangat penting saat pemerintah mengeluarkan anjuran bekerja dari rumah. Namun terkadang Internet WiFi lemot menjadi kendala yang sering dihadapi pengguna. Sebenarnya apa penyebab internet WiFi lemot, dan bagaimana mengatasinya? Kita akan coba membahasnya.

Di masa pandemi COVID-19 yang memaksa kita untuk tetap di rumah, internet WiFi menjadi sangat penting tersedia untuk menunjang pekerjaan selama bekerja dari rumah. Bermacam perangkat gadget terhubung dengan internet WiFi seperti dari laptop, smartphone, hingga konsol game. Untuk itu, jangan sampai WiFi menjadi lemot, sehingga aktivitas jadi bermasalah.

Nah, berikut ini kami akan membahas mengenai penyebab internet WiFi lemot di rumah. Setidaknya ada 10 penyebab yang menjadikan WiFi lambat yang mungkin bisa Anda hindari. Baca artikel selengkapnya disini:{10 Penyebab Internet WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya}

Bonus: 

{5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference}

{7 Aplikasi Video Call Ini Bisa untuk “Mudik Virtual”}

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -