Accessible Places, Fitur untuk Pengguna Kursi Roda dari Google Maps

Telset.id, Jakarta – Google Maps menghadirkan fitur khusus untuk pengguna kursi roda. Fitur bernama Accessible Places itu menyajikan informasi terkait restoran, toko, supermarket dan ruang publik mana saja yang memiliki akses memadai untuk mereka.

Dikutip Telset.id dari The Verge, Jumat (22/05/2020), fitur Accessible Places diumumkan Google Maps pada Kamis (21/05/2020) kemarin.

Rencananya, fitur ini akan diluncurkan secara bertahap untuk pengguna Android dan iOS. Nantinya, ketika Accessible Places telah hadir, pengguna bisa mengaktifkan fitur tersebut untuk mengetahui tempat mana saja yang ramah terhadap pengguna kursi roda.

“Ketika fitur diaktifkan, ikon kursi roda akan menunjukkan pintu masuk yang dapat diakses dan Anda akan dapat melihat apakah suatu tempat memiliki tempat duduk, toilet, atau parkir yang dapat diakses,” tulis Google.

{Baca juga: Genap Berusia 15 Tahun, Google Maps Kini Punya Logo baru}

“Jika dikonfirmasi bahwa tempat tidak memiliki pintu masuk yang dapat diakses, kami juga akan menunjukkan informasi itu di Google Maps,” tambah Google.

Google mendesain fitur tersebut untuk memudahkan 130 juta pengguna kursi roda yang ada di seluruh dunia. Fitur ini juga hadir berkat bantuan relawan dan pemilik restoran atau toko sehingga pengumpulan data bisa lebih cepat.

“Pemilik toko menggunakan Google My Business untuk menambahkan informasi aksesibilitas untuk profil bisnis mereka untuk membantu pengguna yang membutuhkan akses bebas tangga menemukannya di Google Maps dan Google Search,” kata Google.

Untuk mendapatkan fitur tersebut, pengguna cukup memperbarui aplikasi Google Maps Anda. Kemudian, buka Settings pilih Accessibility dan nyalakan fitur Accessible Places untuk mengaktifkan fitur informasi kursi roda tersebut.

Terakhir, Google berharap agar masyarakat dan pelaku usaha dapat mengaktifkan fitur tersebut dan memberikan informasi terbaru mengenai akses kursi roda agar Google Maps semakin informatif.

{Baca juga: Google Maps Berikan Simbol Banjir di Peta Jakarta}

“Kami mengundang semua orang untuk mengaktifkan Accessible Places dan menyumbangkan informasi aksesibilitas untuk membantu orang-orang di komunitas Anda,” tutup Google. (NM/MF)

SourceThe Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Razer Blade 15 Studio Edition: Spesifikasi Upgrade dengan Intel 10th Gen

Telset.id - Razer dikenal kerap menghadirkan perangkat PC gaming yang mumpuni. Meski demikian, mereka ternyata juga punya produk untuk...

7 Earbuds TWS Terbaik 2020, Harga Mulai Ratusan Ribu

Telset.id - Earphone berjenis TWS (True Wireless Stereo) kini makin marak beredar di pasaran. Membuat pengguna memiliki banyak pilihan...

China Siapkan “Istana Surgawi” untuk Saingi ISS

Telset.id, Jakarta  - China akan membangun "Istana Surgawi" di laboratorium sains mereka, yang akan jadi pesaing Stasiun Ruang Angkasa...

Apple Watch Series 6 Gunakan Panel Layar Versi lama

Telset.id - Di tahun 2020 ini, Apple dikabarkan akan segera meluncurkan Apple Watch Series 6. Tentunya, publik juga semakin...
- Advertisement -