Kenapa Twitter Tidak Bisa Play Video? Ini Solusinya

Telset.id – Twitter adalah salah satu media sosial favorit para netizen Indonesia. Melalui media sosial ini netizen bebas mengunggah, berkicau, melihat, membalas, bahkan memopulerkan kicauan sampai berbagai konten video yang tampil. Namun, ada kalanya video Twitter tidak bisa diputar alias play. Apa penyebabnya dan apa solusinya?

Selalu ada cara dari netizen Twitter untuk menghibur pengguna lainnya. Salah satu caranya, adalah menggungah video lucu, menarik, bombastis, dan lainnya di platform besutan Jack Dorsey itu.

Akan tetapi, kerap terjadi pengguna tidak bisa play atau putar video di Twitter. Nah, kali ini tim Telset.id akan menjelaskan mengapa masalah tersebut terjadi di Twitter, dan apa solusi yang harus dilakukan.

Penyebab Twitter Tidak Bisa Play Video

Ada beberapa penyebab kenapa pengguna Twitter tidak dapat play video yang mereka inginkan. Berikut penyebabnya yang telah tim Telset.id rangkum:

  • Koneksi internet lambat

Penyebab paling umum terjadi adalah koneksi internet yang lambat. Apabila koneksi internet tidak cepat, video di Twitter akan mengalami buffering sehingga tidak bisa diputar seperti biasanya.

Tidak cuma Twitter saja, video di YouTube, Facebook, sampai Instagram pun akan mengalami buffering ketika koneksi internet lambat.

  • Pengaturan privasi

Penyebab kedua, bisa jadi terdapat pada pengaturan privasi di Twitter. Pengaturan yang kami maksud adalah, Safety di bagian Display Media that may contain sensitive content.

Tidak bisa play video Twitter

Ada kemungkinan, pengaturan tersebut dimatikan oleh Anda atau secara default oleh Twitter. Akibatnya, apabila Anda ingin memutar video dewasa atau yang tidak seharusnya, Twitter tidak akan memutarkannya untuk Anda.

  • Aplikasi belum diperbarui

Penyebab selanjutnya mengapa video di Twitter tidak bisa play adalah, aplikasi yang belum diperbarui. Semua aplikasi yang Anda install di smartphone wajib untuk diperbarui via App Store maupun Google Play Store.

Selain alasan keamanan, pihak developer juga kerap menghadirkan peningkatan sistem dan beberapa fitur anyar untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat memakai aplikasi.

Bisa jadi, video memang error dan tidak bisa diputar karena Anda belum memperbarui aplikasi Twitter di smartphone, sob.

  • Twitter down

Nah, kalau ini bukan salah dari kita sebagai pengguna, melainkan kesalahan pada pihak Twitter itu sendiri. Ketika Twitter down, bukan cuma video saja yang tidak bisa ditonton, tapi seluruh kicauan, GIF, meme, dan unggahan lainnya juga tidak bisa Anda lihat maupun balas.

  • Cache memory

Cache memory pada aplikasi pun bisa menjadi penyebab kenapa Anda tidak bisa play video di Twitter. Sebab, cache menyimpan informasi login, dan data-data lainnya. Kalau terlalu banyak yang menumpuk, aplikasi biasanya menjadi error dan tidak berfungsi dengan baik.

Solusi

  • Gunakan ke jaringan WiFi

Untuk mengatasi masalah internet mobile yang lambat, Anda sebaiknya menggunakan jaringan WiFi. Namun apabila jaringan WiFi Anda yang lemot alias lambat, Anda bisa mengecek siapa saja yang masuk secara “ilegal” ke jaringan WiFi, dan melakukan pemblokiran agar jaringan WiFi lancar kembali.

{Baca juga: INTIP SIAPA YANG ADA DI JARINGAN WIFI DAN CARA MEMBLOKIRNYA}

Ada pula beberapa penyebab kenapa internet lambat. Anda bisa membacanya di artikel berikut ini: {10 Penyebab Internet WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya}

  • Atur privasi di aplikasi

Apabila masalahnya karena pengaturan privasi yang salah di aplikasi, Anda bisa kok mengubahnya secara manual. Caranya, masuk ke Settings and privacy, kemudian Privacy and safety.

Tidak bisa play video Twitter

Selanjutnya, scroll ke bagian Safety, dan pastikan toggle Display Media that may contain sensitive content diaktifkan.

  • Update aplikasi

Anda dapat mengakses Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS ketika ingin memperbarui aplikasi, termasuk Twitter. Di Android, Anda tinggal masuk ke My apps & games, dan akan munucl aplikasi apa saja yang harus segera Anda update.

  • Gunakan VPN

Kerap terjadi sebuah layanan down hanya di beberapa negara saja. Apabila itu terjadi, Anda mungkin dapat menggunakan aplikasi VPN terbaik agar dapat mengakses Twitter kembali, termasuk memutar video.

Tim Telset.id sudah merangkum 10 aplikasi VPN terbaik di Android yang bisa Anda gunakan di smartphone. Berikut artikelnya: {10 Aplikasi VPN Terbaik 2020 di Android, Gratis Bebas Blokir}

  • Hapus cache memory

Untuk menghapus cache memory, Anda dapat masuk ke bagian Settings, lalu Apps. Pilih Twitter untuk masuk ke informasi aplikasi. Masuk ke Storage, dan pilih Clear Cache. Cara ini bisa berbeda-beda tiap smartphone, sob.

Nah itu tadi penyebab dan solusi mengapa Anda tidak bisa play video Twitter. Semoga bermanfaat ya! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Razer Blade 15 Studio Edition: Spesifikasi Upgrade dengan Intel 10th Gen

Telset.id - Razer dikenal kerap menghadirkan perangkat PC gaming yang mumpuni. Meski demikian, mereka ternyata juga punya produk untuk...

7 Earbuds TWS Terbaik 2020, Harga Mulai Ratusan Ribu

Telset.id - Earphone berjenis TWS (True Wireless Stereo) kini makin marak beredar di pasaran. Membuat pengguna memiliki banyak pilihan...

China Siapkan “Istana Surgawi” untuk Saingi ISS

Telset.id, Jakarta  - China akan membangun "Istana Surgawi" di laboratorium sains mereka, yang akan jadi pesaing Stasiun Ruang Angkasa...

Apple Watch Series 6 Gunakan Panel Layar Versi lama

Telset.id - Di tahun 2020 ini, Apple dikabarkan akan segera meluncurkan Apple Watch Series 6. Tentunya, publik juga semakin...
- Advertisement -