Awas! Pelaku Scammer Akali Program Asuransi

Telset.id, Jakarta  – Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS), ada program yang membantu pengangguran. AS mengizinkan pengangguran mengklaim tunjangan yang disediakan pemerintah. Program Asuransi ini menjadi incaran scammer.

Program-program itu menjadi lebih penting dari sebelumnya karena terjadi pandemi virus corona. Banyak perusahaan untuk sementara waktu atau secara permanen tutup sehingga merumahkan karyawan.

{Baca juga: Hati-hati! Banyak Scammers Avengers: End Game Mengintai}

Para karyawan yang mendadak tak bekerja memanfaatkan program asuransi pengangguran untuk membantu melewati masa-masa sulit. Sayang, kondisi seperti ini dimanfaatkan oleh para penjahat siber, khususnya scammer program asuransi.

Menurut laporan dari KrebsOnSecurity, ada memo dari dinas rahasia yang sedang diedarkan di AS. Isinya memperingatkan bahwa program asuransi pengangguran sedang jadi target atau sasaran penipuan.

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Senin (18/5/2020), para scammer mengandalkan informasi pribadi pengguna yang dicuri lewat praktik pelanggaran data. Mereka mencomot nomor jaminan sosial.

Kemudian, mereka menggunakannya untuk mengajukan klaim pengangguran. Penipu juga mengambil keuntungan dari langkah-langkah keamanan banyak celah yang kini berlaku di sejumlah negara.

Sekadar informasi, negara-negara tertentu tidak memiliki kemampuan untuk mendeteksi beberapa aplikasi dari alamat internet yang sama. Langkah-langkah lebih ketat pun perlu dilakukan untuk pencegahan.

{Baca juga: Musim Liburan, Awas Scammer Berkedok Situs Travel}

Selain mengincar asuransi, para scammer juga banyak yang berkedok situs travel abal-abal. Biasanya, aksi mereka semakin gencar disaat musim liburan.

Selain taktik yang biasa digunakan scammers untuk merampok saat Anda merencanakan liburan, trik perjalanan ini perlu diketahui sebelum Anda kemudian mulai menyusun perjalanan berikutnya.

Para pelaku kejahatan siber ini mencoba menipu orang-orang yang bersemangat dan meyakini bahwa mereka berada di situs web perjalanan atau tours and travel asli. So, harus tetap berhati-hati ya. [SN/HBS]

 

SourceUbergizmo

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Beli Kosmetik di Korea Selatan Bisa via Cermin AR

Telset.id, Jakarta - Di Korea Selatan, beli kosmetik secara virtual bisa via cermin augmented reality atau AR. Teknologi itu...

Eau de Space, Parfum Luar Angkasa Buatan Eks Ilmuwan NASA

Telset.id, Jakarta - Seorang ahli kimia bernama Steve Pearce, yang pernah bekerja untuk NASA, membuat parfum aroma luar angkasa....

Asus Zenfone Max Pro M1 Kebagian Update Android 10 Beta

Telset.id, Jakarta - Asus terus melanjutkan konsistensinya untuk memberikan dukungan sistem operasi terbaru bagi seri lawas mereka. Baru-baru ini,...

Vivo Pastikan iQOO Z1x Ditenagai Snapdragon 765G

Telset.id, Jakarta - Vivo iQOO Z1x dirumorkan segera meluncur dalam waktu dekat, tepatnya pada 9 Juli mendatang. Menjelang peluncuran...

Samsung Galaxy M41 Siap Dirilis, Usung Baterai 6,800 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung Galaxy M41 akhirnya menampakkan diri. Sempat dinantikan kehadirannya, kini bocoran terbaru mengenai spesifikasi baterai Samsung...
- Advertisement -