Pria Misterius Beli Roket Seharga Rp 91,2 Miliar

pria misterius beli roket

Telset.id, Jakarta  – Seorang pria misterius beli roket seharga USD 5,6 juta atau Rp 91,2 miliar dalam sebuah pelelangan. Tak diketahui siapa nama pria itu dan untuk apa dia membeli roket bernama Kuaizhou-1A (KZ-1A) tersebut.

Pria misterius itu beli roket dalam sebuah pelelangan di China pada 1 April 2020 lalu. Tak hanya mendapatkan roket, si pembeli juga berhak meluncurkan layanan, akses ke situs peluncuran, dan pekerjaan cat.

{Baca juga: Susul AS dan Rusia, China Luncurkan Roket dari Laut}

Roket bernama Kuaizhou-1A (KZ-1A) itu dibangun oleh perusahaan bernama ExPace, anak perusahaan dari China Aerospace Science and Industry Corporation. Pelelangan disiarkan melalui siaran langsung dan tawaran diambil melalui platform aksi Taobao.

Menurut laporan New York Post, dikutip Telset.id, Rabu (8/4/2020), ratusan orang mengajukan tawaran untuk beli roket dengan uang muka sebesar 500.000 yuan. Secara keseluruhan, lebih dari dua juta orang mengikuti acara lelang nan gaduh yang disiarkan online lewat Taobao.

Untuk apa roket akan dipakai, sang pembeli misterius belum membeberkan. Asal tahu saja, roket KZ-1A sering digunakan untuk mengirim muatan satelit kecil ke luar angkasa dan dianggap sebagai opsi berbiaya rendah untuk memasukkan berbagai hal ke orbit Bumi.

Akhir bulan ini, China berencana untuk meluncurkan roket KZ-1A guna mengantarkan beberapa satelit ke luar angkasa. Banyak organisasi swasta maupun milik pemerintah menggeser jadwal peluncuran roket setelah terjadi pandemi virus corona di seluruh dunia.

Badan Antariksa Eropa juga dipaksa untuk mendorong kembali peluncuran misi ExoMars berikutnya ke 2022. Demikian halnya NASA. Badan antariksa AS tersebut mengakui bahwa James Webb Space Telescope kemungkinan akan mengalami penundaan jadwal.

{Baca juga: Saingi SpaceX, Perusahaan China Luncurkan Roket ke Bulan}

Sejauh ini, misi yang belum mengalami perubahan jadwal adalah perjalanan ke Mars oleh NASA pada 2020. NASA tampaknya bertekad untuk meluncurkan misi pada tahun ini daripada menunggu sampai 2022. Namun demikian, kemungkinan besar jadwal itu akan tertunda. [SN/HBS]

VIDEO “OPPO RENO 3 UNBOXING & HANDS-ON: Kamera 108MP dengan AI”:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here