Trafik Internet Diprediksi Naik 40% Saat Ramadan dan Lebaran

Trafik internet ramadan

Telset.id, Jakarta Trafik internet saat bulan Ramadan dan lebaran di tahun 2020 ini diprediksi akan naik sebesar 40%. Menurut Menkominfo, Johnny G Plate, peningkatan trafik internet akan mencapai puncaknya pada hari raya Idul Fitri atau lebaran 2020.

Ia pun menyiapkan langkah antisipasi untuk menyambut kenaikan trafik internet saat bulan Ramadan dan lebaran tahun ini.

“Kami juga saat ini sedang bekerja bersama-sama dengan operator seluler untuk mengantisipasi pada saat kenaikan trafik yang besar di hari bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri nanti kemungkinan kenaikan trafik antara 30% sampai 40%,” kata Johnny.

Trafik internet tahun ini bisa saja meningkat tajam, bersamaan dengan kebijakan work from home atau WFH dan pembatasan sosial demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

{Baca juga: Dampak WFH, Trafik Internet Telkomsel Naik Hingga 16%}

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Kamis (09/04/2020), Johnny  memastikan bahwa ketersediaan bandwidth dari operator seluler masih cukup, dan belum ada keputusan untuk menambah ketersediaan jangkauan frekuensi di Indonesia.

Politisi partai Nasdem itu pun tetap meminta kepada seluruh operator untuk tetap menjaga kualitas jaringan di tengah krisis pandemi ini.

“Kami juga bersama operator seluler memastikan terjaganya bandwidth yang cukup hingga saat ini. Kita belum ada kenaikan yang terlalu luar biasa, masih di dalam kendali dan kapasitas broadband yang tersedia,” jelas Johnny.

Di samping meminta operator menjaga jaringan, pemerintah dalam hal ini Kominfo mengingatkan masyarakat untuk bijak dalam menggunakan internet. Salah satu yang paling ditekankan Johhny adalah tidak menyebar atau memproduksi hoaks.

{Baca juga: Seminggu “Work From Home”, Trafik Internet XL Naik Signifikan}

“Kami juga menyampaikan dan berharap pada masyarakat agar menggunakan ruang digital kita secara sehat, secara cerdas, dan secara bermanfaat,” pinta Johnny.

Perlu diketahui, tak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadan 1441 Hijriah. Diprediksi, bulan Ramadan akan dimulai pada tanggal 23 April 2020 dan berakhir pada tanggal 23 Mei 2020. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here