Akun Chatbot WhatsApp Terkait Virus Corona Meluncur

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sedang mengembangkan chatbot WhatsApp. Tujuannya untuk memberikan informasi terkait penyebaran Virus Corona di Indonesia.

Diungkapkan Menkominfo Johnny G. Plate, chatbot ini merupakan kerjasama antara Kominfo, Facebook dan Telkom Group. Chatbot dengan nama akun covid19.go.id ini nantinya akan membantu masyarakat dalam memperoleh informasi terbaru mengenai Virus Corona. Nantinya Kominfo akan memberikan nomor chatbot WhatsApp tersebut kepada publik.

“Publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes,” kata Johnny di Kantor Kominfo pada Kamis (19/03/2020).

{Baca juga: Menkominfo Bantah Presiden Jokowi Positif Virus Corona}

Selain Chatbot, Kominfo juga menyediakan layanan pesan blast via WhatsApp kepada masyarakat terkait Covid-19. Kominfo akan menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast pada akun Whatsapp-nya.

Johnny mengatakan jika kedua fitur ini hanya diberikan WhatsApp kepada dua negara, yakni Indonesia dan Singapura. Uji coba akan fitur dilakukan pada Jumat (20/03/2020) dan secepatannya kedua fitur akan hadir di Indonesia.

“Chatbot dan pesan blast pada platform Whatsapp diharapkan sudah live trial mulai Jumat, 20 Maret 2020 pada sore atau malam,” tambah Johnny.

Pada kesempatan yang sama Johnny juga  telah menetapkan Nomor baru Pelayanan Darurat 117 bebas pulsa yang secara ekslusif digunakan oleh BNPB. Dirinya  meminta Operator Telekomunikasi membuka koneksinya sesegera mungkin.

{Baca juga: Rapat Bareng Menhub, Menkominfo Johnny Jalani Pemeriksaan Corona}

Senada dengan Kominfo, WhatsApp juga menyambut baik kerjasama ini. Chief Operating Officer WhatsApp, Matt Idema berharap agar fitur yang sedang dikembangkan ini dapat membantu pemerintah dalam menjawab pertanyaan dari masyarakat terkait Covid-19.

“Kami senang dapat menyediakan alat komunikasi kepada Kominfo untuk membantu mereka merespon pertanyaan seputar COVID-19 secara terpercaya, dengan rekomendasi kesehatan yang dapat diandalkan dan akurat, agar masyarakat tetap terlindungi,” tutup Matt. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -