Cara Memantau Titik Banjir di Jakarta Melalui PetaBencana.id

Telset.id, Jakarta – Banjir kembali terjadi di Jakarta pada Selasa (25/02/2020). Bagi pengguna jalan yang ingin terhindar dari genangan air atau kemacetan akibat banjir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memantau titik banjir di Jakarta.

Salah satunya adalah dengan melihat titik-titik banjir melalui situs PetaBencana.id. Situs  ini merupakan situs navigasi yang melampirkan titik lokasi bencana seperti banjir.

Situs yang bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Daerah Provinsi DKI Jakarta ini juga menerima laporan masyarakat terkait bencana yang dialami di lingkungannya.

Nah, untuk memantau titik banjir melalui situs ini, berikut beberapa langkah yang bisa Anda tempuh:

{Baca juga: Jakarta Diguyur Hujan Semalam Suntuk, Tagar #Banjir Bergema}

  • Pertama silahkan kunjungi situs PetaBencana.id. Jika kesulitan untuk menemukan situs tersebut Anda juga bisa mengunjungi akun Twitter resmi PetaBencana.id untuk mendapatkan alamat website yang dimaksud.

  • Kedua ketika sudah masuk situs Petabencana.id Anda bisa mengetik kata “Jakarta”. Situs tersebut memberikan informasi mengenai 5 wilayah Kota di Jakarta dengan tujuan agar Anda bisa mendapat kondisi yang lebih detail di masing-masing wilayah yang berada di ibukota.

Pantau Banjir

  • Ketiga situs PetaBencana.id akan memberikan informasi terkait titik banjir di Jakarta dengan simbol titik air. Terdapat simbol warna yang memberikan arti kondisi banjir di wilayah tersebut. Simbol warna merah memiliki arti Siaga Satu dan ketinggian banjir di lokasi di atas 150 cm. Simbol warna Jingga artinya Siaga 2 dengan ketinggian air mencapai 71 cm hingga 150 cm.

{Baca juga: Diguyur Hujan “Setahun”, Jakarta dan Sekitarnya Banjir}

  • Selanjutnya Siaga 3 dengan simbol warna kuning. Simbol tersebut menyiratkan bahwa ketinggian air di lokasi sekitar 10 cm sampai 70 cm. Simbol terakhir adalah warna hijau atau Siaga 4. Simbol tersebut menyiratkan agar pengguna berhati-hati ketika berkendara.

Pantau Banjir Jakarta

  • Situs PetaBencana.id juga memberikan lampiran foto dan informasi terkini terkait banjir. Anda bisa mendapatkan ini dengan mengetuk salah satu simbol kemudian akan ada 1 hingga 2 titik berwarna biru. Ketuk salah satu simbol dan akan terlihat foto terkini mengenai banjir di wilayah yang dituju. [NM/IF]

Pantau Banjir Jakarta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI