5 Rekomendasi Mobil Listrik dengan Teknologi Canggih, Pilih Mana?

Telset.id, Jakarta – Mobil listrik sepertinya akan benar-benar menjadi masa depan bagi industri otomotif dunia. Terbukti,  dengan semakin banyaknya perusahaan mobil yang menciptakan berbagai mobil setrum dengan berbagai keunggulan. Saat ini, tak sedikit mobil listrik dengan teknologi canggih telah diperkenalkan. Beberapa bahkan dalam pengembangan.

Meskipun keberadaannya tak lebih banyak dari kendaraan berbahan bakar fosil, namun diprediksi mobil listrik akan menjadi kendaraan masa depan. Sementara menunggu waktu itu datang, berikut 5 Mobil Listrik dengan teknologi canggih,  yang mungkin bisa jadi pertimbangan.

Tesla Model 3 

Mobil Teknologi Canggih

Tesla Model 3 adalah mobil buatan perusahaan asal Amerika Serikat milik Elon Musk. Mobil listrik yang dirilis pada tahun 2017 ini menawarkan  keunggulan teknologi bagi pengemudi. Tesla Model 3. Misalnya Tesla Model 3 memiliki mode autopilot layaknya pesawat. Jika fitur tersebut diaktifkan maka mobil bisa berjalan sendiri tanpa bantuan sopir. Bahkan dengan fitur tersebut Tesla Model 3 juga dapat memarkirkan kendaraannya sendiri.

Tesla Model 3 juga kendaraan yang aman karena memiliki mode pengereman otomatis dan sistem peringatan untuk mencegah terjadi kecelakaan dari bagian samping mobil. Mobil listrik ini juga  memiliki layar yang memudahkan pengemudi untuk melakukan navigasi perjalanan dan menayangkan film, musik dan hiburan lainnya.

Tesla Model 3 mampu melakukan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam. Daya baterai Tesla Model 3 adalah 50 kWh dan mampu berjalan hingga 400 km dalam sekali pengisian.

Toyota i-Concept 

Mobil Teknologi Canggih

Mobil ini pertama kali dipamerkan pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2018. Toyota i-Concept adalah mobil yang mengusung teknologi kecerdasaan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Teknologi tersebut mampu mengenali emosi dan preferensi pengguna, sehingga berkendara lebih aman, tenang dan pengguna bisa lebih nyaman ketika menggunakan mobil tersebut.

Teknologi AI juga mampu mengarahkan pengemudi ke tempat yang aman ketika berkendara. Teknologi ini sangat dibutuhkan karena dapat memberikan keamanan pengguna khususnya saat sedang mengantuk atau tidak fokus dalam mengemudi. Toyota Concept-i muat untuk 4 orang dengan mesin bertenaga listrik murni. Toyota Concept-i sendiri bisa berjalan sejauh 300 km untuk setiap kali pengisian daya penuh.

Mercedes-Benz Vision AVTR

Mobil Teknologi Canggih

Mobil listrik ini terinspirasi dari film Avatar ciptaan James Cameron. Mobil ini menawarkan keunggulan teknologi yang berbeda dari mobil lainnya. Mercedes-Benz Vision AVTR tidak memiliki setir. Uniknya pengemudi dapat mengendalikan mobil dengan pusat kontrol berbentuk oval yang letaknya di antara 2 jok depan.

{Baca juga: Gelombang Kedua, Tesla PHK 150 Karyawan}

Di bagian belakang terdapat 33 flap bionik yang dapat bergerak ke segala arah. Flap yang bentuknya mirip sisik reptil tersebut berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar mobil. Mercedes-Benz Vision AVTR pertama kali tampil di ajang Consumer Electronics Show 2020 di Las Vegas kemarin. Sebagai mobil listrik, Mercedes-Benz Vision AVTR memiliki baterai berkapasitas 110 kWh yang sanggup menempuh jarak hingga 700 km untuk sekali pengisian daya.

Hyundai Elevate 

Mobil canggih selanjutnya bertugas untuk melakukan evakuasi korban dalam sebuah bencana. Mobil bernama Hyundai Elevate tersebut  dilengkapi empat kaki robotik. Keempat kaki tersebut bisa disesuaikan tergantung dengan kondisi permukaan jalan. Mobil ini dipercaya dapat melintasi medan jalan tersulit, bahkan melebihi kemampuan mobil off-road. Bahkan, Hyundai Elevate mampu bergerak ke berbagai arah, memanjat dinding atau melompati celah setinggi 1,5 meter. Menurut Hyundai semua teknologi tersebut hadir karena Hyundai Elevate adalah mobil listrik yang memiliki kemampuan robotik.

Nissan IMk

Mobil Teknologi Canggih

 

Mobil terakhir adalah Nissan IMk. Mobil pabrikan Jepang tersebut merupakan mobil listrik yang menyasar pangsa pasar perkotaan. Mobil tersebut menawarkan fitur ProPilot 2.0 yang canggih. Fitur ini memungkinkan mobil untuk bergerak sendiri. Nissan IMk diklaim dapat mencari jalan sendiri, menyalip kendaraan dan bisa mencari tempat parkir sendiri. Teknologi selanjutnya adalah layar Holographic. Layar tersebut  mampu memberikan informasi terkini seputar kendaraan.

{Baca juga: Pengguna Minta 500 Ribu Mobil Tesla Ditarik, Kenapa?}

Pengemudi bisa melambaikan tangan ke arah layar untuk memilih fitur dalam layar tersebut. Terdapat fitur navigasi hingga hiburan di layar tersebut. Teknologi lainnya terdapat di bagian kursi. Di kursi Nissan IMk dapat diatur kehangatannya sehingga penumpang dan pengemudi didalamnya bisa nyaman ketika di dalam mobil. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Giliran Blibli Donasi APD untuk Petugas Medis Covid-19

Telset.id, Jakarta - Blibli turut memberikan donasi berupa alat pelindung diri atau APD untuk para petugas medis yang menangani...

Zoom Bantah Jual Data Pribadi Pengguna ke Facebook

Telset.id, Jakarta - Diterpa isu tak sedap soal privasi data, aplikasi video conference Zoom akhirnya buka suara. Zoom secara...

Rekomendasi 5 Senjata Terbaik dan Mematikan di COD Mobile

Telset.id - Call of Duty Mobile merupakan salah satu game FPS yang digemari para gamers Android dan iOS. Dalam COD...

Gerakan #BetterAtHome, Pesan HP Terbaru Oppo Bisa via WhatsApp

Telset.id, Jakarta - Oppo mengkampanyekan gerakan #BetterAtHome sebagai dukungan atas imbauan pemerintah untuk mencegah pandemi virus corona atau Covid-19...

Erajaya Diskon Harga iPhone XS di Eraspacetival, Sampai Rp 5 Juta!

Telset.id, Jakarta - Erajaya Group resmi menyelenggarakan Eraspacetival, sebuah festival gadget online yang diadakan melalui platform eraspace. Ada banyak diskon yang...
- Advertisement -