XL Axiata Operasikan Jaringan 4G di Pesisir Barat Lampung

Telset.id, Jakarta – XL Axiata mendukung pembangunan daerah terdepan terluar dan tertinggal (3T) di Sumatera. XL Axiata mengoperasikan jaringan 4G di Desa Bandar Dalam, Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Pembangunan jaringan 4G dilakukan dengan menggunakan skema Universal Service Obligation (USO).

Menurut  Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi saat ini di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya, XL Axiata telah mengoperasikan lebih dari 10 BTS program USO yang semuanya 4G. Baru di Desember 2019 lalu kami mulai mengoperasikan BTS USO di Kabupaten Natuna, Kabupaten Seluma, Bengkulu, serta di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.

{Baca juga: Tahun Depan, XL Axiata akan Kembangkan Game Lokal}

“Semua BTS USO itu merupakan bagian dari pembangunan dan pengoperasian jaringan USO di total 289 titik yang berlokasi di berbagai provinsi yang dilaksanakan XL Axiata sepanjang 2019,” kata Desy lewat keterangan tertulis pada Jumat (17/01/2020).

Desy berharap keberadaan jaringan data 4G di setiap area, termasuk di Desa Bandar Dalam, Pesisir Barat tersebut bisa memacu roda perekonomian masyarakat setempat. Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan potensi ekonomi daerah, atau meningkatkan produktivitas berbagai sektor, termasuk usaha kecil menengah.

“Selain itu, keberadaan layanan data setingkat 4G akan bisa menjembatani masyarakat sekitar dalam mengakses informasi yang setara dengan daerah lain,” tambah Desy.

Bersamaan dengan peresmian beroperasinya jaringan USO, XL Axiata juga menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan layanan data secara produktif kepada masyarakat Pesisir Barat. Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara bagi warga nelayan setempat yang diikuti oleh sekitar 50 nelayan.

{Baca juga: Trafik Meningkat, XL Perluas Jaringan Data di Kalimantan}

Peresmian BTS USO sendiri dilakukan pada Selasa (14/01/2020) dan dihadiri oleh Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Kabid Kominfo Pesisir Barat, Elvin Yolanda, Peratin Desa Bandar Dalam, Rudi Mailano, Head of Sales XL Axiata wilayah Lampung-Sumsel Outer-Bengkulu, Budi Utama Lubis dan Head Sustainability & Internal Communication XL Axiata, Andy Satrio Yuddho. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI