Tips Fotografi Makro Pakai Smartphone, Hasil Fotonya Keren!

Telset.id – Fotografi makro adalah salah satu jenis fotografi banyak disukai orang. Dengan mengabadikan foto secara makro, kita dapat melihat lebih detail benda-benda, tumbuhan atau hewan yang ada disekitar kita.

Apalagi di era smartphone dengan kamera yang serba canggih saat ini, fotografi makro menggunakan ponsel pintar tentunya akan sangat menyenangkan dengan kualitas kamera yang baik.

{Baca juga: Kalem, Begini Cara Hilangkan Iklan di HP Realme Terbaru}

Nah, bagi anda yang mau coba memotret foto macro menggunakan smartphone, ada hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai. Berikut ini kami berikan beberapa tips fotografi makro agar semakin terlihat maksimal.

Gunakan Lensa Macro
Tips fotografi makro

Tips fotografi makro pertama adalah terkait lensa. Beberapa smartphone terbaru telah menghadirkan sensor khusus untuk kebutuhan fotografi. Tapi buat Anda yang smartphone-nya masih belum punya fitur tersebut, jangan berkecil hati.

Karena sudah ada tersedia aksesoris lensa macro yang dapat Anda beli dan pasang di kamera smartphone.

Gunakan Tripod

Fotografi macro tentunya membutuhkan konsentrasi tinggi agar foto yang dihasilkan maksimal. Untuk membantu kalian saat memotret obyek, kalian bisa menggunakan tripod agar kamera smartphone menjadi lebih stabil.

Pasang smartphone di tripod lalu posisikan di depan objek yang ingin kalian ambil. Gunakan tripod jenis Gorilla Pod agar lebih fleksibel dalam menentukan posisi.

Kunci Fokus dan Brightness

Tips fotografi makro

Sebelum menekan shutter, kunci fokus dan brightness pada objek yang ingin Anda ambil gambarnya. Caranya dengan menekan dan tahan pada lingkar fokus di kamera smartphone.

Namun memang untuk fitur kunci fokus ini mungkin belum tersedia di semua smartphone, apalagi di ponsel lawas. Tapi pastikan atur fokus dan brightness sesuai dengan kebutuhan anda.

Gunakan Trigger Bluetooth atau headset

Meskipun menggunakan tripod, tapi terkadang sentuhan tangan kita di layar menimbulkan blur saat objek foto diambil. Karena berbeda dengan fotografi biasa, fotografi makro akan sangat membutuhkan kestabilan ekstra.

{Baca juga: Jangan Panik! Begini Cara Perbaiki HP yang Kena Air Gegara Banjir}

Kalian bisa memanfaatkan tombol shutter bluetooth yang biasanya tersedia di ‘tongsis’, atau kalian bisa menggunakan tombol di headset sebagai shutter. Dengan demikian shutter tidak menyebabkan guncangan di kamera smartphone, yang biasanya akan menghasilkan blur.

Hindari Cahaya Terlalu Terang
Tips fotografi Makro Smartphone

Saat melakukan aktivitas fotografi makro, hindarilah cahaya yang terlalu terang. Sebaiknya anda mengambil foto di keadaan pagi hari atau sore hari. Atau anda bisa juga mengabadikan foto di bawah pohon dan kondisi low light lainnya.

Dengan kondisi pencahayaan seperti ini, foto macro yang dihasilkan akan terlihat lebih dramatis dan juga tidak mengalami overexposure.

{Baca juga: 10 Tips Fotografi Makro dengan Smartphone}

Nah, itu tadi beberapa tips fotografi makro yang kami berikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan berhenti untuk terus mencoba. [IR/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ujian Nasional Dihapus, Bagaimana Nasib Bimbel Online?

Telset.id, Jakarta - Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem  Makarim untuk menghapus Ujian Nasional (UN) pada 2021 mendatang...

Nomor Ponsel Ilham Bintang Dibajak, Begini Tanggapan Indosat

Telset.id, Jakarta - Indosat Ooredoo memberikan penjelasan terkait kasus pembajakan nomor ponsel Ilham Bintang, yang berakibat dibobolnya rekening wartawan...

Ekstradisi Bos Huawei ke AS Bakal Jadi Preseden Berbahaya

Telset.id, Jakarta  - Masalah ekstradisi bos Huawei masih jadi polemik, mengekstradisi Chief Financial Officer Huawei, Meng Wanzhou, ke Amerika...

Ponsel Ilham Bintang Dibajak, Rekening Ludes Dibobol

Telset.id, Jakarta - Wartawan senior Ilham Bintang menjadi korban kejahatan. Melalui akun Facebook, Ilham mengaku jika rekening dan nomor...

Terbentur Biaya, Konsumen Suka Beli HP Bekas dan Refurbished

Telset.id, Jakarta - International Data Corporation (IDC) merilis sebuah laporan berjudul "Worldwide Used Smartphone Forecast, 2019 - 2023". Laporan...
- Advertisement -