TIPS & APPS

10 Tips Fotografi Makro dengan Smartphone

Telset.id – Perkembangan teknologi kamera pada ponsel memungkinkan kita memotret subjek foto dari jarak yang sangat dekat dengan menggunakan teknik fotografi makro. Fitur inilah yang akhirnya membawa foto makro ke dalam genggaman tangan.

Memungkinkan pengguna ponsel untuk menghasilkan gambar close-up yang indah dengan latar belakang blur layaknya kamera profesional.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Berikut adalah 10 tips fotografi Makro dengan smartphone. Semoga bermanfaat!

Gunakan Modus Makro

Hampir semua kamera ponsel kini sudah dilengkapi dengan modus makro. Untuk itu, pastikan untuk mengaktifkan modus makro.

Gunakan Aksesoris

Untuk menghasilkan foto makro, terkadang kita membutuhkan aksesoris tambahan, bisa berupa lensa makro atau bahkan sekadar tetesan air di lensa kamera ponsel. Aksesoris tersebut bisa memudahkan Anda untuk mengambil foto makro dan memberikan “sentuhan” unik pada hasil foto-nya.

Jadi Manusia Lentur

Untuk memotret foto makro, jangan takut untuk “berpose” aneh. Lenturkan tubuh Anda dan ambil gambar dari sudut-sudut yang tak biasa. Pastikan tubuh Anda tidak menghalangi cahaya yang menyinari subjek.

Perhatikan Background

Foto yang berkualitas dihasilkan dari “ramuan” yang pas, baik itu fokus, cahaya, komposisi, ”rule of thirds’ dan subjek foto yang “menonjol”. Dalam konteks foto makro, subjek foto pasti akan menonjol dan latar belakang foto akan terlihat blur.

{Baca juga: 10 Situs Nonton Film Online Gratis Terbaru 2020, Pengganti IndoXXI}

Dan Anda harus “pintar” memilih latar belakang foto untuk menghasilkan efek maksimum dan membuat foto terlihat lebih indah.

Sudut Foto

Dalam foto makro, perubahan kecil pada sudut pengambilan gambar bisa secara dramatis mengubah foto Anda. Jadi jangan takut untuk bereksperimen dengan sudut foto.

Tahan Nafas

Untuk mengambil foto makro, terkadang kita harus sedikit menahan nafas untuk meminimalisir gerakan saat melakukan pengambilan gambar. Anda harus fokus dan menciptakan keheningan saat akan mengambil foto makro.

Gunakan Aksesoris untuk Tombol Shutter

Menyentuh layar saat memotret bisa membuat kamera sedikit terguncang. Untuk itu, gunakan tombol shutter yang bisa meminimalisir guncangan. Beberapa smartphone bisa menggunakan earbud sebagai tombol shutter. Atau Anda juga bisa menggunakan aksesoris lain seperti bluetooth shutter yang biasa digunakan untuk melakukan selfie.

Lebih Dekat

Perkembangan teknologi kamera ponsel memungkinkan Anda untuk mengambil foto dari jarak yang sangat dekat. Jadi jangan takut untuk lebih mendekatkan lensa kamera ke subjek foto agar detail gambar terlihat lebih tajam.

Gunakan Aplikasi Smartphone

Salah satu keistimewaan kamera ponsel adalah keberadaan aplikasi foto yang memungkinkan Anda melakukan koreksi pada hasil foto. Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan aplikasi Snapseed untuk memaksimalkan kualitas foto Anda.

Gunakan Modus HDR

Saat memotret makro, Anda bisa mengaktifkan modus HDR. Pada modus tersebut, kamera akan membuat dua gambar, satu normal dan satu HDR. HDR bekerja dengan mengambil beberapa gambar dan melalui pengolahan software gambar tersebut digabungkan. Highlights dan lowlights dibuat pada level yang sama sehingga dalam beberapa kasus dapat membuat gambar tampak lebih tajam.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Susah “Move On”, Huawei Ingin Balikan dengan Google

Telset.id, Jakarta - Bos Huawei, Richard Yu menyatakan bahwa pihaknya masih memendam keinginan untuk dapat kembali menggunakan lisensi Google...

Bukan Ponsel Flagship, LG G Series akan Ganti Nama

Telset.id, Jakarta - LG G series sejatinya smartphone yang menjadi andalan LG. Namun menurut informasi dari sumber di Korea Selatan...

Ada 2, Begini Cara Aktifkan Fitur OSIE di Oppo Reno3

Telset.id, Jakarta - Oppo memperkenalkan teknologi bertajuk OSIE di badan Oppo Reno3. OSIE sendiri, yang merupakan akronim dari Oppo...

Huawei P40 Pro jadi Smartphone Kamera Terbaik Versi DxOMark

Telset.id, Jakarta - Huawei P40 Pro dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini oleh DxOMark. Huawei P40 Pro mendapatkan skor...

Apple Watch Anyar Bakal Punya Fitur Blood Oxygen

Telset.id, Jakarta - Apple digadang-gadang tengah menggarap Apple Watch generasi ke-enam. Salah satu penambahan fitur yang ada pada smartwatch...
- Advertisement -