Operator Tingkatkan Layanan Data Selama Libur Nataru 2020

Telset.id, Jakarta Kominfo memastikan operator telah meningkatkan kapasitas layanan data mereka demi kenyamanan pengguna selama momen libur hari natal dan tahun baru 2020 (nataru). Menurut Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, seluruh operator meningkatkan kapasitas layanan data mereka hingga pertengahan Januari 2020.

Ferdinandus mengatakan, semua operator telah siap menghadapi lonjakan data selama libur nataru yang dimulai dari awal November 2019 hingga pertengahan Januari 2020.

“Operator seluler telah melakukan peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice dan sms,” kata pria yang akrab disapa Nando tersebut.

{Baca juga: Trafik Data Telkomsel Diperdiksi Naik 51% Saat Nataru}

Berdasarkan keterangan yang diterima Telset.id pada Rabu (01/01/2020), secara total, operator telah menyiapkan 479.125 unit BTS di seluruh Indonesia. Seluruhnya dimaksimalkan demi kenyamanan pelanggan dalam layanan data. Ini belum termasuk BTS tambahan yang hadir di pusat-pusat keramaian.

“Mengerahkan 160 unit mobile BTS di titik-titik keramaian yang menjadi pusat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020,” tulis Nando.

Menurut Nando, operator pun mengerahkan tim untuk melakukan pengukuran Quality of Service (QoS). Tujuannya, mereka dapat terus mengawal dan memastikan layanan telekomunikasi selama libur nataru, terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal dan tempat wisata.

Selain itu, operator telah menyiapkan posko-posko siaga 24 jam, kemudian melakukan patroli, dan pengecekan di jalur-jalur fiber utama untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar. Ia menyatakan, Kominfo mengapresiasi kesiapan operator, namun pihaknya tetap melakukan pengawasan agar kualitas jaringan saat nataru tetap terjaga.

{Baca juga: Bukan Jalan-jalan, Warganet Manfaatkan Libur Nataru dengan Rebahan}

“Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performasi jaringan operator seluler selama libur nataru2020, termasuk dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang jadi pusat konsentrasi massa,” tutup Nando. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lokasi Sengketa Krimea, Kashmir dll Tampil di Google Maps

Telset.id, Jakarta - Akhir tahun lalu, Apple dan Google berada di pusaran kontroversi ketika menyerah kepada tuntutan Rusia untuk...

Perhatian! Air Purifier Tidak Bisa Cegah Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Wabah virus Corona menyebabkan maraknya penggunaan air purifier. Harapannya, air purifier dapat membuat kualitas udara di dalam...

Sah! Bayar SPP Pakai GoPay Bukan Cuma Candaan Warganet

Telset.id, Jakarta - Ketika mantan bos Gojek, Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, warganet mengunggah candaan...

Angkatan Darat AS Manfaatkan Gamers untuk Bikin Robot Militer

Telset.id, Jakarta - Untuk mengembangkan robot militer, Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) pun mempelajari otak para gamers ketika bermain game. Mereka mempelajari...

Dua Profesor Ini Ciptakan Gelang Ultrasonik “Pengacau” Amazon Echo

Telset.id, Jakarta - Speaker pintar macam Amazon Echo memiliki mikrofon yang selalu menyala agar bisa merespon dengan cepat saat diberi...
- Advertisement -
X
X