5 Aplikasi Versi Lite Cocok Buat “Hape Kentang”

Telset.id – Rasanya memang agak sulit kalau punya smartphone dengan spesfikasi rendah, biasa disebut “hape kentang.” Apalagi saat menginstall beberapa aplikasi, smartphone biasanya jadi lemot dan sering ngehang. Solusinya, Anda bisa pakai aplikasi versi Lite, seperti Facebook Lite, Instagram Lite, YouTube Go, Twitter Lite, dll

Lemotnya Hape Kentang biasanya karena memang spesfikasi dari smartphone itu sendiri yang kurang memadai. Mulai dari RAM yang kecil, prosesor jadul atau internal storage yang minim.

{Baca juga: 10 Situs Nonton Film Online Gratis Terbaru 2019}

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa menginstal aplikasi versi Lite dari beberapa aplikasi yang biasa kalian pakai sehari-hari.

Biar gak bingung milihnya, berikut ini kami rekomendasikan 5 aplikasi versi Lite yang layak kalian coba untuk Hape Kentang yang punya spesfikasi rendah.

Facebook Lite

Facebook Lite adalah aplikasi versi “ringan” dari sosial media Facebook. Aplikasi ini memang ditujukan sebagai alternatif bagi pengguna yang tak mau memori ponsel mereka menyimpan data terlalu besar jika dibandingkan dengan menginstal aplikasi Facebook versi regular.

Facebook Lite Hape Kentang Youtube GoMeskipun Facebook Lite adalah versi lebih rendah, namun fungsi yang ditawarkan kurang lebih sama dengan Facebook biasa. Hanya saja tampilannya terlihat lebih simple dan beberapa fitur seperti stories tidak ditampilkan.

Tapi uniknya, dengan menginstal Facebook Lite, kita juga bisa langsungng bisa mengakses kontak messenger tanpa harus menginstal aplikasi Facebook Messenger. Berbeda dengan aplikasi Facebook standar yang mengharuskan kita untuk menginstal aplikasi Messenger.

Ukuran aplikasi ini terbilang kecil, yaitu hanya sekitar 2,7 MB saja. Berbeda dengan aplikasi Facebook standar yang ukurannya mencapai 55MB. Untuk bisa menggunakan Facebook Lite, bisa diunduh di sini

Twitter Lite

Twitter Lite juga aplikasi yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti Twitter. Aplikasi versi lite Twitter ini membawa kapasitas yang lebih kecil dibandingkan versi standarnya yaitu hanya sebesar kurang dari 3 MB. Dibandingkan dengan Twitter versi standar yang mencapai sekitar 25MB.

Twitter Lite hape kentangDengan aplikasi ini kalian bisa tetap update informasi seputar tren terkini yang berkembang di jagat Twitter, tanpa harus memakan memori yang banyak. Apalagi aplikasi ini juga punya fitur Data Saver, yang akan lebih menghemat penggunaan data internet

{Baca juga: Cari Tempat Makan Asyik? Cobain 5 Aplikasi Berburu Kuliner Ini}

Namun memang ada beberapa fitur yang dipangkas, seperti Gesture Navigation, Drafts, Night Mode dan Multiple Accounts. Untuk bisa menggunakan Twitter Lite, bisa diunduh di sini.

Instagram Lite

Instagram mungkin menjadi aplikasi sosial media yang paling menguras memori, apalagi buat kalian yang punya smartphone dengan spek kentang. Ukuran aplikasi Instagram versi standar yaitu sekitar 73MB, belum lagi ditambah memori chace hasil dari scrolling kita di timeline yang mungkin sudah sampai ratusan MB.

Instagram Lite Nah, untuk kalian yang punya hape kentang, tak mau memorinya terkuras dan bikin smartphone jadi lemot, Instagram Lite patut untuk kalian coba. Ukuran aplikasinya sangat kecil, bahkan tak sampai 1MB!

{Baca juga: Aplikasi Download Foto Instagram Gak Pakai Ribet}

Dengan aplikasi Instagram Lite, kalian bisa memantau timeline, memposting foto, ataupun stories sama seperti aplikasi versi standar. Tapi pastinya untuk Instagram Lite ini, fiturnya lebih minim. Seperti misalnya, tidak ada gesture navigation dan juga kalian tidak bisa posting video atau chat DM apalagi video call via DM Instagram. Untuk bisa menggunakan Instagram Lite, bisa diunduh di sini.

 

YouTube Go

Selain Instagram, YouTube dikenal sebagai aplikasi paling menyedot memori dan juga kuota. Maklum karena platform yang satu ini isinya adalah konten video, yang mana tiap kali kita akses pasti akan menelan data yang besar.

YouTube Go Untuk itu hadir versi lite-nya yaitu YouTube Go. Dengan YouTube Go, pengguna bisa menhemat memori ponsel dan juga kuota data internet. YouTube Go memungkinkan pengguna untuk memilih kualitas video, sebelum memulai streaming. Sehingga pengguna akan tahu berapa jumlah data yang akan dihabiskan untuk menyaksikan video tersebut.

Bukan cuma itu, YouTube Go juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh video dan membagikannya secara offline. Fitur ini yang sebenarnya paling menarik dan tidak dimiliki oleh YouTube versi standar sekalipun.

Ukuran file YouTube Go hanya sebesar 9,4MB dibandingkan dengan versi standarnya yaitu sekitar 23 MB. Untuk bisa menggunakan YouTube Go, bisa diunduh di sini

 

Google Maps Go

Aplikasi Google Maps memang tidak selalu dibutuhkan setiap saat, tapi fungsinya cukup penting. Namun bagi smartphone dengan spesfikasi rendah, mungkin bila aplikasi ini jarang digunakan, akan lebih baik jika hanya menginstal versi lite nya saja yaitu Google Maps Go.

Google Maps Go hape kentang Youtube GoGoogle Maps Go pada dasarnya adalah aplikasi Google Maps berbasis Progressive Web, dimana untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan browser seperti Chrome. Fitur yang tersedia cukup lengkap seperti informasi lalu lintas, tempat penting terdekat dan jadwal transportasi umum.

Namun untuk versi rendah dari Google Maps ini memang memiliki keterbatasan. Mulai dari jalur yang ditampilkan lebih minim, tidak dapat membagi lokasi secara realtime dan juga tidak ada fitur navigasi.

Itulah tadi lima aplikasi versi lite yang cocok buat kamu yang punya hape kentang. Eits jangan salah, sebenarnya walaupun pakai smartphone flagship pun tak ada salahnya kok menginstal lima aplikasi diatas. Apalagi kalau kalian lebih ingin hemat kuota internet, sangat disarankan untuk pakai aplikasi-aplikasi tersebut. [IR/HBS]

Simak Video ASUS ROG PHONE 2 Gaming Test: “Dijamin 60 fps!!

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

2020, Apple Belum Bisa “Move On” dari Touch ID

Telset.id, Jakarta - Benarkah Apple yakin dengan keputusan untuk membuang Touch ID di iPhone dan iPad? Kabar yang beredar...

Cara Mudah Cek Spesifikasi Komputer Tanpa Bantuan Aplikasi

Telset.id - Apakah Anda baru saja membeli komputer baru, dan ingin mencoba cek spesifikasi komputer Anda? Jika Anda tertarik...

Innalillahi, CEO Samasource Meninggal Dunia di Usia 37 Tahun

Telset.id, Jakarta - Dunia teknologi sedang berduka. Pendiri sekaligus CEO Samasource, Leila Janah, meninggal dunia pada Jumat (24/01) waktu...

Salip Amerika, Pasar Smartphone India Terbesar Kedua

Telset.id, Jakarta - India sekarang merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia. India menyalip dominasi Amerika Serikat yang sebelumnya...

Tagar #VirusCorona Jadi Trending Topik di Twitter Indonesia

Telset.id, Jakarta - Wabah virus Corona menjadi bahan perbincangan netizen Indonesia sejak sebulan terakhir. Bahkan, obrolan soal virus mematikan...
- Advertisement -