Blibli Kantongi Sertifikat ISO 27001 untuk Standar Keamanan Data

Telset.id, Jakarta – Blibli akhirnya berhasil mengantongi Sertifikat ISO/IEC 27001: 2013 untuk standar keamanan data dari British Standard Institute (BSI). Sertifikasi ISO 27001 Blibli ini menjadikan mereka sebagai e-commerce pertama peraih sertifikasi untuk memenuhi standar sistem keamanan informasi.

Menurut Vice President of Infrastructure and Technical Support Blibli, Ongkowijoyo menjelaskan bahwa sertifikasi standar keamanan data ini diperoleh karena Blibli telah menerapkan berbagai strategi di bidang IT dan Application Programming (API) untuk menjaga standar keamanan data.

{Baca juga: Fitur Ini Mudahkan Pelanggan Blibli Belanja “Online-to-Offline”}

“Melalui standarisasi ini, kami ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengutamakan keamanan data, bukan saja data pelanggan namun juga korporat,” kata Ongkowijoyo di Jakarta Selasa (10/12/2019).

Ia mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan Sertifikat ISO 27001 memerlukan proses yang panjang. Ongko menceritakan bahwa pihaknya telah lama ingin mendapatkan sertifikasi tersebut, karena menurutnya sertifikasi tersebut merupakan sertifikasi internasional yang diakui reputasinya.

“ISO diakui semua orang. Kita adopsi yang sudah dikenal secara internasional yakni mengadopsi ISO 27001,” tambah Ongko.

Selain mendapatkan ISO 27001, Blibli juga mendapatkan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Hal tersebut didapatkan usai melakukan berbagai pengujian dari BSSN.

“Kami melakukan assessment pada Agustus 2019, tapi dapat nilai jelek terus dapat perbaikan. Akhir tahun ini, tepatnya November, kami mendapat nilai tertinggi untuk indeks keamanan,” kata Ongko.

Pada acara tersebut turut juga hadir Director BSI Indonesia, Erna Damayanty. Menurut Erna ISO 27001 diakui di 164 negara di dunia. Adapun sertifikat yang diberikan kepada Blibli diperoleh dengan hasil seleksi yang ketat dan proses pengujian yang panjang.

{Baca juga: Asyik! Pesta Belanja Blibli Diperpanjang jadi Dua Hari}

“Sertifikat ISO 27001 Blibli ini melalui proses Audit yang menyeluruh. Keberhasilan ini mendapatkan Blibli telah memperhatikan standar keamanan data, baik milik pelanggan ataupun korporat,” tutup Erna. [NM/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI